Dalam rangka meramaikan #KasihSayangHipwee saya ingin berbagi kasih sayang kepada para perempuan yang gemar travelling dengan memberikan bocoran tips mendapatkan tampilan make up natural untuk mendaki gunung. Tips ini belum pernah saya beri tau di manapun. So, I present this for you and wish me luck for the contest!

Ramainya sosial media yang menampilkan foto-foto para pendaki cantik di pegunungan berhasil menghapus paradigma bahwa mendaki gunung tidak melulu harus dekil dan kotor. Tidak ada salahnya memperhatikan penampilan dan merawat kulit saat mendaki gunung apalagi untuk alasan kesehatan bagi kulit, khususnya wajah. Menggunakan make up saat mendaki gunung sah-sah saja asal tidak berlebihan dan merugikan orang lain. Jangan sampai teman-teman satu tim ketinggalan momen menikmati sunrise di puncak hanya karena menunggu kamu yang lama berdandan. Jangan sampai juga bikin malu diri sendiri dengan make up yang ketebalan! Kamu pun pasti malas campur malu rasanya kalau berpapasan dengan pendaki yang make up-nya menor dan tebal (apalagi dengan blush on pink mentereng di pipi dan lipstik berwarna glossy). Waduh, mau mendaki gunung atau kondangan? Percaya deh, tampilan yang natural pasti lebih disukai. Tidak mudah memang untuk bisa mendapatkan hasil make up yang natural dan tahan lama agar tidak perlu sering touch up, natural make up agak tricky dan butuh strategi khusus. Maka dari itu, yuk simak tips menggunakan make up yang pas dan natural untuk mendaki gunung.

 

 

1. Sunblock khusus wajah berbeda dengan sunblock badan

Sunblock adalah item pertama yang paling utama

Sunblock adalah item pertama yang paling utama via http://brilio.com

Jangan salah kaprah dengan menggunakan sunblock badan untuk wajah. Tekstur kulit wajah dan badan berbeda, sehingga kebutuhan akan nutrisi yang dibutuhkan juga berbeda.

Sunblock wajah memiliki beragam jenis yaitu liquid, cream, hingga gel. Tidak banyak yang tahu bahwa sunblock wajah memiliki lebih banyak jenis produk dibanding sunblock badan. Beberapa produk pelembab wajah juga telah memiliki kandungan SPF yang dapat melindungi kulit wajah dari sinar matahari. Kandungan SPF setiap produk berbeda-beda sesuai dengan kebutuhannya. Tidak seperti aktivitas sehari-hari, ketika mendaki gunung kulit langsung terpapar terik matahari terus menerus, sehingga kebutuhan SPF yang dibutuhkan tentu lebih banyak dari biasanya. Berikut ini adalah produk-produk sunblock wajah yang memiliki review bagus di pasaran: Wardah Sunscreen Gel, Loreal Paris Aqua Essence, Biore UV Perfect Face Milk, The Face Shop Sebum Control, SKII UV Protection.

2. Memakai bedak dengan brush khusus

Penggunaan brush pada bedak akan menimbulkan efek natural

Penggunaan brush pada bedak akan menimbulkan efek natural via http://urbanewomen.com

Baik padat ataupun bubuk, gunakanlah brush untuk memakai bedak agar terlihat natural. Hindari menggunakan puff karena itu akan membuat bedak menjadi tebal dan padat di wajah. Cara penggunaannya cukup dengan menempelkan ujung brush di atas bedak, tepuk-tepuk, lalu menyapukannya ke area tertentu lebih dahulu seperti dahi, hidung, dan dagu. Sapukan bedak dari luar wajah ke dalam bukan arah sebaliknya. Bila kamu memiliki kulit wajah berminyak dan berpori-pori besar, sebaiknya tepuk-tepuk dulu kulit wajah dengan tisu sebelum menggunakan bedak. 

3. Maskara bening untuk bulu mata dan alis

Memakai Maskara Bening dapat memanjangkan dan mempertebal bulu mata

Memakai Maskara Bening dapat memanjangkan dan mempertebal bulu mata via http://stronglola.com

Bila kamu terbiasa menggunakan maskara saat bepergian, maka maskara bening adalah solusi paling pas untuk dibawa serta ke gunung. Maskara bening memberikan hasil yang natural dan efek segar pada bulu mata. Meskipun tidak sepopuler maskara hitam, beberapa brand tidak ragu mengeluarkan produk maskara bening dan memiliki review bagus di pasaran, seperti Wet n Wild dan Elf. Maskara bening wajib kamu miliki karena selain multifungsi, beberapa produk maskara bening juga memiliki nutrisi yang dapat memanjangkan dan mempertebal bulu mata. Tidak hanya untuk bulu mata, maskara bening juga dapat dipakai di alis. Praktis kan?

4. Liptint atau lipcream untuk bibir yang berwarna alami dan tahan lama

Lip Tint biasanya memiliki rasa manis dan aroma buah

Lip Tint biasanya memiliki rasa manis dan aroma buah via http://listentoyorlips.com

Lipbalm adalah item yang wajib dibawa ke manapun saat bepergian, baik bagi pria maupun wanita. Selain untuk melembabkan bibir agar terhindar dari pecah-pecah, lipbalm juga berperan sebagai base yang dapat membuat riasan lipstik menjadi tahan lama. Pastikan kamu menggunakan lipbalm terlebih dulu sebelum memulas lipcream pada bibir. Tekstur lipcream yang matte dan pilihan warna nude sangat cocok untuk riasan natural. Bila kamu ingin lebih berwarna, bisa menggunakan lipcream dengan warna merah cabai dengan memberikan titik-titik lipcream pada bibir lalu meratakannya dengan jari. Saat ini ada banyak brand yang mengeluarkan seri lipcream dengan tekstur matte, baik lokal maupun impor. 

Liptint juga bisa jadi pilihan. Bentuknya yang liquid ini menciptakan warna sangat alami pada bibir. Misal ketika kamu menggunakan liptint berwarna pink tua, efek yang muncul pada bibir akan seperti warna yang tertinggal sehabis minum softdrink. Liptint juga memiliki rasa yang manis serupa buah-buahan, sehingga dapat meningkatkan mood dan menyenangkan untuk dipakai.

Koleksi liptint dari kosmetik buatan Korea seperti Etude House atau Tony Moly masih menjadi favorit hingga saat ini.

5. Facial Spray di akhir riasan

Segarnya memakai Facial Spray ketika sedang terik

Segarnya memakai Facial Spray ketika sedang terik via http://tips.pk

Facial Spray memiliki banyak nama lain seperti Facial Mist, Mineral Water, Magic Water, dan masih banyak lagi. Facial Spray yang disemprotkan ke wajah dapat membuat riasan menjadi lebih awet dan tidak medok. Selain itu, Facial Spray juga dapat memberikan kesegaran pada wajah karena berfungsi sebagai refresher dan toner yang mengandung mosturizer. Mendaki gunung pasti gerah, keringetan, dan menimbulkan efek ingin cuci muka terus-menerus karena terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari. Maka, Facial Spray adalah solusi yang tepat untuk digunakan di tengah pendakian karena mampu meredakan iritasi akibat sinar matahari. Beberapa Facial Spray impor seperti Evian dapat ditemukan di Guardian. Harganya terjangkau dan bentuknya praktis untuk dibawa bepergian.

 

Itulah lima tips make up natural untuk mendaki gunung versi Nayadini beserta rekomendasi produk. Selain di gerai official, produk-produk tersebut dapat dicari di drugstore dan toko kosmetik import. Kini, kamu siap tampil cantik alami di atas gunung. Selamat mendaki dan selamat mencoba!