Saling cemburu hampir pernah dialami pada setiap pasangan. Wajar, kata orang cemburu menjadi salah satu ‘bumbu’ dalam sebuah hubungan. Apa mungkin kamu sendiri adalah tipe pencemburu, mudah curiga terhadap pasangan?

Benarkah sifat cemburu itu selalu baik?

Coba terlebih dahulu kita menempatkan diri pada posisi yang “dicemburui”. Apapun yang kita lakukan mudah untuk dicurigai oleh pasangan kita sendiri. Padahal terkadang kecurigaannya tidak berdasar sama sekali, dan faktanya kita tidak melakukan hal-hal yang disangkakan pada kita, menyebalkan bukan?

Cemburu adalah hal yang wajar ketika ada fakta dan bukti perihal penyebab kecemburuan, namun akan sangat merugikan jika tidak benar atau berlebihan.

Perasaaan yang sangat tidak nyaman hadir pada saat kamu cemburu pada pasanganmu. Ya, meskipun cemburu itu wajar, tapi jika terjadi dengan intensitas yang sangat sering maka secara tidak disadari akan sangat merugikan. Perasaan dan pemikiran kamu akan selalu digelayuti oleh kecurigaan, yang pada akhirnya akan berefek pada banyak hal dalam kehidupan kamu.

Ibarat makan tak enak, tidur tak nyenyak.

Coba pertimbangkan beberapa hal berikut, dan kelola rasa cemburumu dengan bijak

 

1. Sadarlah Bahwa Pasanganmu Bukan Milikmu Sepenuhnya

Andaikan pun kamu telah menikah, sebenarnya janji se-sakral apapun tidak akan menjadi jaminan sepenuhnya dari “godaan” pihak lain. Karena tidak bisa dihindari pula bahwa kita ataupun pasangan kita harus berinteraksi dengan orang lain.

Apalagi dengan adanya medsos yang memang seringnya menjadi celah-celah timbulnya penyebab kecemburuan. Mustahil kita dapat mendeteksi seluruh aktifitas pasangan kita baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di medsos.

2. Jadilah Mandiri, dengan Tidak Mudah Lengah Soal Urusan Hati

Cewek Mandiri

Cewek Mandiri via http://thoughtcatalog.com

Bergantung tentang banyak hal kepada pasangan memang tidak selalu selalu buruk. Dampak positifnya akan timbul rasa saling membutuhkan. Namun akan memiliki kecendurungan pada hal yang negatif jika meniadakan unsur kemandirian pada masing-masing individu. Meski hubungan kalian telah terpatri dalam janji suci, namun tetap dibutuhkan privasi.

Biarpun kamu cewek, kamu harus dapat melakukan banyak hal secara mandiri. Pasangan kamu bisa saja tidak bisa bersama kamu untuk saat-saat tertentu. Dan wanita yang mandiri akan lebih berkarakter dan bisa mengambil sikap.

3. Jangan Fokus pada Kecurigaanmu, Tapi Fokuslah pada Meningkatkan Kualitas Diri

Have character

Have character via http://fcsok.org

Kecurigaan yang terus-menerus hanya akan membuatmu capek, menenggelamkanmu pada kesedihan yang berlarut dan menutupi banyak kebahagiaan kamu. Sifat jelek ini juga dapat menyebabkan kamu melewatkan momen-momen yang penting dalam hidup yang sebenarnya dapat kamu lalui dengan menyenangkan namun malah tergantikan dengan rasa tidak nyaman akibat kecemburuan.

Alangkah sayangnya hal ini terjadi dalam diri kita. Maka demi mendapatkan kembali kebahagiaan yang ‘hilang’ itu, saatnya kamu mencari cara yaitu dengan mengalihkan fokus pada hal yang penting buat kamu, yaitu adalah meningkatkan kualitas diri sendiri. Abaikan kecurigaan kamu yang mendominasi dengan langkah-langkah tepat untuk memperbaiki diri kamu, membuat kamu lebih berkarakter, mendewasa, serta bersikap bijak pada banyak hal.

Caranya adalah dengan memperkaya wawasan, serta lakukan passion kamu. Buat diri kamu berpikir tentang banyak hal yang menarik.

Sebenarnya saat kamu fokus pada meningkatkan kualitas diri, hal ini secara tidak langsung akan pula bermanfaat bagi hubungan yang kalian jalani. Semakin kamu menarik dan berkarakter, maka kamu akan dapat membawa hubungan kalian jauh lebih sehat dan meminimalkan kejenuhan yang mungkin terjadi diantara kalian.

4. Buat Dirimu Tak Tergantikan, Sehingga Pasanganmu Tetap Bertahan

irreplecable

irreplecable via https://www.pexels.com

Sebenarnya inti dari meningkatkan kualitas diri adalah membuat kamu irreplecable atau tak tergantikan. Di satu sisi kamu menarik dan di sisi lain kamu dapat memperlakukan pasanganmu secara layak. Dalam artian membuat hubungan yang lebih sehat dengan mengeliminasi banyak prasangka negatif.

Saat kamu smart, berkarakter, bersikap lebih dewasa, yang bisa juga dibarengi dengan penampilan kamu yang menarik, maka pasangan kamu akan berpikir seribu kali untuk berpaling. Mereka akan berpikir bahwa kamulah cewek yang pantas untuk diperjuangkan.

5. Percayalah Padanya Namun Tetap Persiapkan Dirimu dengan Segala Sesuatu

Akhiri prasangka kamu yang dulu berlebihan dan mulailah untuk memiliki kepercayaan yang seutuhnya. Stop stalking handphone cowok kamu terus-terusan, atau ngepoin wall dalam media sosial-nya. Berikan kepercayaan kepadanya sembari kamu memiliki hidden agenda meningkatkan kualitas diri untuk menghadapi segala sesuatu yang bisa terjadi

6. Cari Tahu Kebenaran dan Bersikaplah Tegas

Cari tahu

Cari tahu via http://waspada.co.id

Kalau memang pada suatu ketika terbukti pasangan kamu tidak bisa dipercaya meski kamu telah melakukan banyak hal dalam diri kamu, maka pikirkan kembali keberlangsungan hubungan kalian. Bisa jadi memang dia tidak pantas untuk kamu perjuangkan. Percayalah, pasangan yang terbaik untuk kamu adalah pasangan yang sepadan dengan kamu. Sepadan dalam arti bukan dari segi materi, melainkan karakter dan sikap. Kalau kamu baik maka kamu layak untuk mendapatkan pasangan yang baik pula.

7. Selipkan Doa-Doa Terbaik pada Pasanganmu

Bukanlah hal yang mudah memang memberi kepercayaan yang penuh pada pasangan. Hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaganya dari hal-hal yang tidak pernah kita inginkan salah satunya adalah berdoa. Yakinlah Tuhan lebih mengetahui yang terbaik untuk kita.

Saat menurut Tuhan hubungan ini baik, maka Ia akan menjaganya. Namun, saat Ia mengetahui ada yang tidak baik maka Ia akan menunjukkan kebenaran dengan caraNya yang kadang kala tidak kita duga sebelumnya.

Maka selipkan doa-doa terbaik untuk pasanganmu, untuk keberlangsungan hubungan kalian, serta untukmu sendiri. Agar Ia membukakan hati dan pikiran serta tentu saja mendapat kebahagiaan yang selalu didambakan.