Menjadi cantik tidak dapat dipungkiri mejadi impian sebagian besar cewek. Banyak di antaranya kemudian berusaha memaksimalkan penampilannya melalui make-up. Biasanya kita akan mendapat pujian dari cewek lain, keliatan lebih cantik lah, beda banget lah, dan lain sebagainya.

Namun bagaimana dengan pendapat cowok itu sendiri? Jarang dari mereka bersuara, nah melalui survey kecil, mungkin kamu akan mendapat sedikit gambaran bagaimana cowok melihat cewek yang senang berdandan dan definisi kecantikan fisik itu sendiri. 

 

1. Para cowok senang kok dengan cewek yang berdandan. Hanya saja jangan berlebihan ya!

power of makeup

power of makeup via http://www.kickvick.com

“Jujur raja, cewek emang pasti lebih cantik pake make-up. Aku sendiri mengapresiasi itu karena berarti mereka lebih menghargai diri mereka sendiri. Cuma, kecantikan seharusnya lebih untuk mendefinisikan diri kamu bukan untuk menutupi kekurangan kamu.”

Cowok melihat kalo cewek dengan make-up berarti mereka berusaha membuat diri mereka sendiri jauh lebih indah, dan cowo menghargai usaha yang mereka lakukan. Selain itu kalo dalam dunia komunikasi, make-up juga menandakan bahwa kamu menghargai orang lain karena berusaha tampak menyenangkan di depan mereka.

Meskipun demikian, kecantikan sendiri seharusnya hanya untuk lebih mempertegas kecantikan yang ada misalnya saja membuat alis untuk menegaskan mata agar mata dapat terlihat bagus dan dalam interaksi lewat bahasa mata bisa lebih mendalam. Tapi kalo membuat muka cewek dari A ke B, apalagi semua semua cewek keliahatan sama itu salah. Semua cewek punya kecantikan mereka sendiri dan seharusnya ngga distandardisasi. 

 

You have to be the prettiest version of yourself, not Kim Kardashian’s version or Karlie Kloss’ or anyone. Tetep jadi kamu, just the prettier one.

2. Make up adalah salah satu bentuk penghargaan perempuan terhadap dirinya. Asal dipakai dalam kadar pas, mereka senang kok

ya usaha dikit kek

ya usaha dikit kek via http://line.com

“Aku menghargai cewek yang suka berpenampilan apa adanya tapi di sisi lain aku ga liat mereka berusaha sama sekali untuk memperbaiki diri. Cewek dengan make-up berarti mereka tahu cara memperbaiki diri, misal menutupi bekas luka atau kantong mata. Ya, tapi ga belebihan juga karena bikin males. Kayak cari suami banget, cari perhatian.”

Berpenampilan apa adanya terkadang justru bisa menimbulkan asumsi kamu tidak berusaha memperbaiki diri untuk cowok. Biasanya cowok mentolerir make-up yang natural (tengah kiri) di mana cewek tersebut untuk sekilas terlihat tidak memakai make-up tapi sebenarnya memakai hanya dalam kadar dari apa yang mereka sebut dengan “tidak berlebihan”. Tapi mungkin perlu kali ya kita berargumentasi sedikit bahwasannya cewek dengan make-up ga berarti mereka melakukan itu demi cowok atau mencari perhatian orang. Bener gak pembaca hipwee?

3. Pakai make-up membuat cowok merasa tersanjung, karena itu berarti kalian ingin berpenampilan sebaik-baiknya

make-up itu usaha!

make-up itu usaha! via http://kaboompics.com

“Kalo aku sendiri ngeliat cewek dengan atau tanpa make-up itu cantik soalnya ganteng itu cuma buat cowo haha.  Aku menghargai cewek tanpa make-up karena itu berarti dia berani menampilkan dirinya yang asli. Tapi aku juga menghargai cewek dengan make-up karena aku tahu pakai itu lama dan susah.” 

Cowok pun ada yang amat menghargai kedua pilihan, baik cewek dengan atau tanpa make-up. Cowok sadar terdapat usaha yang dikeluarkan dan senang dengan usaha tersebut. Hal ini berarti cewek tahu kapan waktu untuk memaksimalkan dirinya dan kapan waktu untuk berbuat minimal tapi dengan hasil maksimal. Jadi ya, cowok intinya menghargai cewek yang bisa merawat diri aja dan tahu waktu yang pas tanpa harus berlebihan. 

 

4. Tapi tetap ada kok cowok yang benar-benar suka sama perempuan natural alias sama sekali gak dandan

natural beauty

natural beauty via http://www.bintang.com

“Aku sih sukanya yang alami aja, bener-bener total ga pake make up. Gatau ya, suka aja.”

Yup, ada juga loh cowok yang beraliran keras kayak gini. Mereka lebih seneng sama cewek yang emang cantik alami. Kalo justifikasinya sih, cewek yang alami kesannya memang ga dibuat-buat, ga ada tambahan apapun. Karena cewek yang memakai make up bagi cowok kelompok ini adalah mereka yang mendapatkan kecantikan melalui modal duit. Ups, cukup keras ya. 

5. Sekali lagi, please jangan pakai yang terlalu menor

asal jangan 'berlebihan'

asal jangan 'berlebihan' via http://kaboompics.com

“Aku sih ngeliatnya cewek emang cantik gitu kalo make make up, asal jangan berlebihan aja. Soalnya cowo biasanya kesel aja sama cewek yang make up-nya berlebihan.” 

Cowok lagi-lagi ga memungkiri kalo make-up memang membuat cewek lebih cantik dan menarik. Sayangnya mungkin make-up yang cukup tebal atau mereka katakana “berlebihan” ternyata membuat cowok merasa tidak nyaman. 

 

Make up – when applied properly – does make girls look prettier. But I’m kinda freak out if they do it over, like is that even human?!

 

6. Pilih yang paling cocok sama kalian saja

“Ga ada yang salah dengan cewek dengan make up, tapi terkadang make up yang dipakai itu berlebihan. Pada akhirnya balik ke ceweknya sih, aku lihat sih ada cewek yang lebih cantik dengan make up tapi ada yang lebih cantik tanpa make up. Tapi menurut aku secara umum, the natural ones win.”

Lagi kalo ga berlebihan dan dalam proprosi yang tepat memang bisa membuat cewek lebih cantik. Tapi cowok juga merasa ada cewek yang lebih cantik jika dia tidak menggunakan make-up. Namun yah mungkin balik lagi cowok melihat cewek yang apa adanya itu berarti lebih jujur ke diri sendiri. 

7. Jadilah diri sendiri

"you look disgusting." via http://mirror.co.uk

“It is not about make up sih menurut aku. It’s about why women put on the make-up in the first place. Make-up can be used as a form of expression. Tapi di satu sisi banyak cewek pakai make-up karena tekanan sosial. Beauty standard dan lain sebagainya.”

Yup dan yang terakhir, mungkin ini dia bisa jadi bahan perenungan kita, baik untuk kelompok-kelompok cowok lain dan kita para cewek. Make-up sebagai bentuk ekspresi seharusnya berarti entah kamu mau berdandan minimalis atau maksimal (istilah cowok: berlebihan) tidak masalah.

Tapi mungkin di antara kamu ada yang menggunakan make-up karena lebih kepada tekanan sosial, standardisasi kecantikan yang membuat kamu merasa perlu untuk tampil lebih baik. Segalanya kemudian, kembali ke diri kamu sendiri. Kalo kata ungkapan sih, cantik adalah mereka yang percaya sama diri mereka sendiri terlepas dari faktor lain apapun itu. 
Pertanyannya, kenapa atau buat siapa kamu memakai make-up?