Travelling adalah salah satu cara untuk menghilangkan rasa penat, dan stress karena rutinitas yang padat.

Sayangnya, banyak dari travellers yang melakukan kesalahan kecil dan tindakan gegabah, tanpa disadari merka telah merusak destinasi wisata. Lalu bagaimana cara kita menyadari dan mengatasinya? disinilah saya sebagai travellers yang baik ingin mengingatkan tentang Hal kecil yang harus kita lakukan saat traveling atau mengunjungi destinasi wisata.

 

1. Sebagus apapun tulisan mu cobalah tuangkan di buku atau media lainnya, jangan di sini (Tempat wisata)

Sebagus apapun tulisan kalian tapi kalo ditulis nya di media batu kayak gini jadi bagus gak sih? bukan nya itu malah merusak pemandangan?

Ingat tanpa menulis dan meninggalkan jejak Moment mengunjungi destinasi wisata adalah hal yang paling indah dan tak pernah terlupakan. Kalau memang ingin pamer pernah mengunjungi cukup kalian berfoto saja tidak usah pakai cara coret sana coret sini.

2. Nyampah itu gak keren men!

sampah onrust

sampah onrust via http://www.kompasiana.com

Ingat saat kita berwisata ataupun travelling anggaplah diri kita sebagai tuan rumah, bukan tamu dengan begitu kita akan lebih menjaga kebersihan. Gak keren kan kalau rumah kita jadi sarang sampah?

meskipun seandainya tidak disediakan tempat sampah coba sampahnya di masukan ke dalam tas kalian kalau ketemu tempat sampah tinggal buang. Simple kan!

3. Ingat Hewan Juga punya rasa punya hati

Jangan sekali-kali sembarangan ngasih mereka makanan ya. Karena belum tentu makanan itu cocok untuk mereka. Meski apapun yang kalian berikan akan mereka ambil atau mereka makan itu semua karena mereka tidak tau apa yang sebenar nya terjadi. Mereka juga punya perasaan kak hhe..

4. Jangan ambil apapun kecuali foto!

Sering sekali dijumpai para travellers yang suka mendaki mengambil sesuatu di pegunungan contoh nya bunga eidellweis. "Cuma metik satu doang apa salahnya? " eitss hindari fikiran kotor itu! ingat dengan kalian melakukan hal tersebut akan memicu orang lain untuk melakukan hal serupa. Cobalah untuk berfikir logis karena bukan cuma kaloan yang mengunjungi tempat tersebut tapi ratusan bahkan ribuan orang, jika semua orang mengambil satu coba bayangkan apa yang terjadi? saat kalian kembali lagi mungkin itu sudah habis.

5. Dilarang sentuh menyentuh

Banyak sekali travellers yang menyepelekan hal ini, Misal nya menyentuh biota laut saat sedang snorkeling/diving. Menginjak terumbu karang dengan sepatu katak yang mereka pakai. Atau menyentuh peninggalan sejarah jaman dulu. Tanpa melakukan hal itu kalian sudah keren kok guys, Tenang aja.

6. Jangan menambah kotor toilet!!!

Memang kelemahan sektor industri parawisata di Indonesia adalah toilet nya yang kotor. Tapi ingat travellers jangan pernah berfikiran "nasi sudah menjadi bubur" karena toilet udah kotor di tambah kotor lagi, meskipun kita tidak membantu membersihkan setidak nya jagalah kebersihan dengan cara menyiram dengan benar saat buang air dan tidak membuang sampah atau apapun di toilet karena "bubur masih bisa kita buat jadi bubur ayam" :D