Kebahagiaan itu sejatinya dimiliki setiap manusia. Ia memang anugerah dari Sang Pencipta. Sayangnya, tidak semua manusia merasakan hal itu. Entah karena terlalu sibuk dengan pekerjaan, terlalu memikirkan sesuatu yang belum dimiliki, atau apapun itu. 

Di zaman yang modern ini, kebahagiaan seakan-akan adalah barang yang mahal dan sulit untuk didapatkan. Banyak orang yang beranggapan, mereka akan bahagia jika memiliki uang banyak, mobil mewah, rumah besar, dan sesuatu yang dicita-citakan sudah tercapai. Padahal sesungguhnya, kebahagiaan itu adalah hal yang sederhana. Sesuatu yang bisa didapatkan tanpa perlu bersusah payah dan setiap manusia pun pasti bisa melakukannya.

Sayangnya, banyak di antara kita yang terlalu sibuk dengan metode mendapatkan kebahagiaan yang belum tentu bisa dicapai. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menyimak hal-hal berikut ini, yang mungkin saja bisa membuatmu lebih bahagia.

1. Bersyukur

Semakin bersyukur, semakin bahagia via http://gatotprabantoro.blogspot.com

Sudahkah hari ini kamu bersyukur? Atau malah mengeluh?

Kebanyakan dari kita terlalu banyak meminta dan mengeluh. Bahkan ketika berdoa pun, kita hanya meminta dan jarang sekali mengucapkan syukur atas nikmat yang telah diberikanNya kepada kita. Sekedar mengucapkan terimakasih pun, mungkin tidak. Ya, kebanyakan dari kita terlalu banyak meminta dan menuntut.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang perbanyaklah bersyukur dan jangan terlalu banyak meminta. Percayalah! Dengan begitu, hidupmu akan terasa mudah dan menyenangkan. Semua bebanmu akan terasa ringan. Itu karena kamu senantiasa mensyukuri apapun beban dan keadaanmu sekarang.

2. Bersedekah

Advertisement

Bersedekah membuat hidup bermakna via http://ustadchandra.wordpress.com

Kita selalu menunggu adanya uang lebih untuk bersedekah. Setelah ada uang lebih, kita pun akan merasa malas untuk melakukannya. Ya, memang seperti itulah kenyataannya. Padahal untuk melakukan sedekah, tidak harus menunggu uang lebih ataupun menunggu ikhlas terlebih dahulu. Jika kamu menunggu uang lebih atau menunggu ikhlas terlebih dahulu untuk bersedekah, percayalah kamu tidak akan pernah melakukannya!

Bersedekah itu seperti membaca buku, yang perlu dibiasakan dan dilakukan berkala dan lama-lama akan terbiasa. Mulailah bersedekah dan dilakukan dengan rutin. Maka lama-kelamaan, kamu pun akan terbiasa dengan hal ini dan tidak akan lagi menunggu uang lebih untuk bersedekah. Kamu pun tidak akan peduli lagi dengan yang namanya ikhlas atau tidak. Karena memang kamu sudah terbiasa dengan hal ini dan tidak memikirkannya. Dengan bersedekah, maka hidupmu akan lebih bermakna karena kamu bisa berbagi dengan orang lain yang memang kekurangan.

3. Menolong orang lain

Dengan menolong orang lain hidupmu akan lebih berarti via http://khotbahjumat.com

Menolong orang lain tidak jauh berbeda dengan bersedekah. Hanya saja, bersedekah lebih kepada memberikan sebagian materi kita kepada orang lain, sedangkan menolong lebih ke arah tindakan nyata. Kamu hanya perlu melakukan tindakan-tindakan kecil, seperti mendengarkan curhatan temanmu yang sedang mempunyai masalah, atau sekedar membantu menyelesaikan tugas kuliah temanmu.

Membantu bukan berarti mengerjakan tugas temanmu. Kamu hanya perlu memberikan bimbingan saja untuk membantunya ataupun tindakan lain, yang mungkin bisa sedikit meringankan masalah teman-temanmu. Dengan melakukan tindakan-tindakan tersebut, hidupmu akan terasa lebih berguna dan bermanfaat untuk orang di sekitar. Kamu pun akan merasa lebih bahagia.

4. Selalu berfikir positif

Senantiasa berfikir positif via http://www.ilawati-apt.com

Pernahkah kamu merasa khawatir tidak diterima di universitas impianmu? Takut tidak diterima di perusahaan idamanmu? Atau bahkan takut masa depanmu akan suram? Jika pernah, berarti kamu tidak sendirian! Ya, memang itulah sifat dasar manusia yang selalu takut dan berfikiran negatif tentang hal yang belum terjadi. Rasa takut hanyalah sugesti. Semua itu hanya akan membuat kita tertekan dan merasa was-was saja.

Oleh karena itu, tanamkanlah jiwa positif di dalam dirimu dan selalu berfikir positif tentang hal yang kamu inginkan. Dengan begitu, tidak akan ada lagi beban dan rasa was-was yang akan menghambatmu. Yang ada, hanya pikiran positif bahwa kamu yakin akan mencapai sesuatu yang memang kamu inginkan.

5. Melakukan hobi yang disukai

Melakukan hobi membuat bahagia via http://ciricara.com

Jika kamu benar-benar sibuk dengan rutinitasmu, maka rehatlah sejenak! Lakukan hobimu agar bisa membuatmu lebih fresh dan bersemangat untuk beraktivitas kembali. Maka dari itu, jangan ragu untuk melakukan hal yang satu ini! Kamu bisa memulai traveling, berkebun, atau sekedar bermain futsal dengan teman-teman.

Apapun hobimu, lakukanlah! Yang perlu diingat, jangan terlalu sering melakukan hobimu karena akan mengganggu aktifitas keseharianmu. Mungkin juga, kamu akan mulai merasa bosan dengan hobimu itu. Intinya, lakukan hobi tersebut jika kehidupanmu mulai terasa monoton dan membosankan.

Itulah beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membuatmu lebih bahagia.

Jangan dibuat rumit. Ini sesuatu yang sederhana!