Sepakbola. Olahraga dengan tujuan utama mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan yang beranggotakan 11 pemain di lapangan ini umumnya banyak digandrungi oleh kaum lelaki, baik di Indonesia maupun di luar negeri. Namun dengan ada kesejajaran derajat perempuan, olahraga yang paling populer di dunia ini sudah memikat banyak hati suporter perempuan. Beberapa hal ini mungkin biasa dirasakan perempuan yang mengaku memiliki hobi sebagai suporter bola, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

 

1. Tak bisa menyembunyikan euforia saat tim kesayangan mencetak gol

http://ongisnade.co.id/2013/11/02/aremanita

http://ongisnade.co.id/2013/11/02/aremanita via http://ongisnade.co.id

Lumrah rasanya berteriak histeris saat salah satu pemain di tim favorit mencetak gol ke gawang lawan, terlebih lagi jika laganya bertajuk “derby”. Alhasil bagi perempuan yang memiliki suara lebih nyaring dibandingkan lelaki akan berteriak sekencang-kencangnya yang tanpa sadar mengganggu suporter lain di sebelah kita.

So, coba yaa girls buat nahan kebahagiaan sedikit biar sama-sama menikmati jalannya pertandingan.

2. Mendukung sebuah tim karena pemainnya

http://www.bintangbola.info/biodata-irfan-bachdim/

http://www.bintangbola.info/biodata-irfan-bachdim/ via http://www.bintangbola.info

Girls, siapa yang ngga suka sama pemain yang jago di lapangan dan sering mencetak gol? Siapa juga yang ngga suka ngeliat cowo ganteng dan keren?

Tapi kalo cowo dengan skill mumpuni di lapangan sekaligus diberkahi dengan tampang yang rupawan, seperti Christiano Ronaldo, Neymar Jr, atau Irfan Bachdim, kenapa harus pikir-pikir lagi buat jadiin dia pemain favorit kita?

Tapi hati-hati yaa, jangan sampai salah fokus sama pemainnya karena namanya sepakbola itu adalah permainan tim jadi semua pemain dalam tim harus kita dukung.

3. Tidak terlalu mementingkan make up

http://bolaindo.com/2016/02/15/di-hari-kasih-sayang-panser-girl-kumpulkan-donasi-untuk-disumbangkan-ke-panti-asuhan/

http://bolaindo.com/2016/02/15/di-hari-kasih-sayang-panser-girl-kumpulkan-donasi-untuk-disumbangkan-ke-panti-asuhan/ via http://bolaindo.com

Bagi sebagian suporter perempuan, make up bukanlah segala-galanya, yang terpenting adalah kita memakai atribut yang sopan dan ngga berlebihan di stadion karena tujuan utama kita adalah nonton bola dan memberi semangat kepada tim, bukan jadi cabe-cabean stadion.

4. Kadang ragu buat datang ke stadion

http://persepammaduraunited-pmu.blogspot.co.id/2012/10/galeri-suporter-persepam-madura-united.html

http://persepammaduraunited-pmu.blogspot.co.id/2012/10/galeri-suporter-persepam-madura-united.html via http://persepammaduraunited-pmu.blogspot.co.id

Datang dan memberi semangat untuk tim kesayangan adalah hal yang wajar dilakukan suporter bola, karena tanpa pemain ke 12, lapangan terasa sepi.

Ragu datang ke stadion karena ngga punya teman buat diajak datang adalah salah satu hal yang biasa dirasakan suporter perempuan. Jika kita terpaksa datang ke stadion tapi sendirian, berkenalan dengan sesama suporter ngga ada salahnya buat dicoba karena dengan berkenalan kita otomatis akan dianggap sebagai keluarganya tapi jangan langsung percaya yaa, namanya juga orang asing, kita harus tetap waspada.

5. Lebih banyak teman lelaki

http://www.antaranews.com/foto/18121/dirigen-suporter-wanita

http://www.antaranews.com/foto/18121/dirigen-suporter-wanita via http://www.antaranews.com

Karena olahraga ini umumnya diganduringi kaum lelaki jadi jangan malu kalau kita lebih banyak teman cowo dibandingkan teman cewe. Banyak hal yang membuat kita merasa nyambung berbicara dengan cowo untuk masalah bola karena umumnya sekarang teman cewe banyak yang senang membicarakan drama Korea yang bahkan mungkin kita tidak tertarik sedikitpun.

6. Keceplosan ngomong kasar

http://www.kompasiana.com/arifkhunaifi/bagaimana-jika-malaysia-main-laser-lagi_5519edba813311e67b9de148

http://www.kompasiana.com/arifkhunaifi/bagaimana-jika-malaysia-main-laser-lagi_5519edba813311e67b9de148 via http://www.kompasiana.com

Sepertinya ini adalah salah satu omongan yang paling sering dikeluarkan suporter bola, terlebih lagi bola Indonesia. Kata “Jancok”, “Anjing”, “Babi”, dan kata psywar lainnya sudah umum kita dengar atau bahkan jadi bahan umpatan ketika ingin menekan emosi tim dan suporter lawan. 

7. Banyak aksi anarkis

http://www.merdeka.com/peristiwa/ini-anarkisme-suporter-sepak-bola-yang-libatkan-bonek.html

http://www.merdeka.com/peristiwa/ini-anarkisme-suporter-sepak-bola-yang-libatkan-bonek.html via http://www.merdeka.com

Berawal dari aksi saling ejek, banyak korban yang berjatuhan saat sedang nonton di stadion, merupakan berita yang banyak terjadi di pesepakbolaan Indonesia, terlebih jika tim-tim besar sedang bertanding.

Adanya aksi anarkis membuat kita menjadi sedikit khawatir dengan keamanan dan kenyamanan saat kita ingin datang ke stadion. Meski beberapa panitia pelaksana ada yang memutuskan untuk memasukkan salah satu suporter saja yang boleh masuk ke stadion tapi tidak menutup kemungkinan aksi lempar jomroh terjadi di luar stadion.

8. Wasit Yang Tak Terduga

http://panditfootball.com/uncategorized/thoriq-m-alkatiri-lolos-seleksi-wasit-fifa/

http://panditfootball.com/uncategorized/thoriq-m-alkatiri-lolos-seleksi-wasit-fifa/ via http://panditfootball.com

Selain kedua tim yang bertanding, ada 4 wasit yang juga ikut andil dalam jalannya pertandingan. Wasit yang memimpin di lapangan adalah salah satu viral yang paling sering disalahkan suporter dengan keputusan-keputusannya. Tapi gimana kalau wasitnya ganteng macam wasit Indonesia Thoriq Alkatiri? Kayanya yang diharapkan keluar bukan kartu kuning atau kartu merah tapi kartu nama deh.

 

Beberapa hal di atas mungkin banyak dirasakan buat kita yang mengaku perempuan suporter bola. Meski berbeda tim, kita harus tetap menjaga tali persaudaraan sesama suporter Indonesia. Terus dukung sportivitas sepakbola dengan tidak melakukan aksi anarkis tapi jangan lupa kodrat kita sebagai perempuan, yaa, girls.