Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud mensahkan suatu ikatan dan dilakukan sekali seumur hidup. Maka dari itu, kita harus benar-benar dalam mempersiapkannya, agar kita tidak menyesal dikemudian hari.

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum acara pernikahan kalian. Simak yuk!

1. Tempat Pernikahan : Booking Tempat Berarti Anda Juga Secara Otomatis Sudah Booking Tanggal & Waktu Penikahan Kalian

Grand Savero Hotel via http://hiscorpvenue.com

Biasanya untuk tempat pernikahan kalian memiliki 2 opsi tempat, yaitu indoor dan outdoor. Hotel merupakan tempat paling prestisius untuk melakukan pernikahan indoor mengalahkan gedung atau rumah. Selain itu, akhir-akhir ini banyak calon pengantin yang memilih menikah di tempat-tempat outdoor. Contohnya seperti di taman, halaman atau rooftop

Dalam memilih tempat pernikahan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah "Akses". Sangat disarankan bagi para calon pengantin untuk memilih tempat pernikahan dipinggir jalan besar atau utama. Kenapa? Karena itu mempermudah para tamu undangan untuk menemukan tempat berlangsungnya pernikahan para calon pengantin.

2. Catering Atau Makanan : Makanan Merupakan Hal Paling Krusial dalam Sebuah Acara Pernikahan

Lotus restaurant via http://kenyaweddingvenues.com

Diibaratkan tubuh manusia, catering atau makanan dalam sebuah pernikahan adalah jantungnya. Mengapa demikian? Itu dikarenakan setiap tamu yang datang setelah memberi ucapan selamat pada pengantin, pasti langsung menyerbu tempat makanan. Betul kan? Maka dari itu, sebelum kita memesan makanan, pastikan dulu berapa jumlah tamu yang akan kita undang.

Advertisement

Bagaimana caranya agar makanan tidak habis ditengah acara? Ya, salah satu caranyanya adalah dengan menambahkan makanan pinggiran (pondokan) atau dalam bahasa kerennya Foodstall. Pondokan adalah side menu atau pendamping dari menu utama. Contohnya seperti, bakso malang, es doger, dll. Nah, sangat disarankan untuk pemilihan pondokan itu, menunya harus yang mengenyangkan, seperti sate + lontong, pasta, dsb.

3. Dekorasi : Tidak Perlu Mewah, yang Penting Berkesan

Raflesia Ballroom via https://www.instagram.com

Seperti halnya makanan, dekorasi juga merupakan aspek penting dalam sebuah pernikahan. Bisa dibilang dekorasi merupakan wajah dari sebuah pernikahan. Banyak hal yang mempengaruhi dekorasi dalam sebuah pernikahan. salah satunya adalah konsep atau tema pernikahan.

Di Indonesia sendiri tema dekorasi pernikahan sendiri dibagi 2 jenis, yaitu konsep nasional dan konsep internasional. Apa sih bedanya? Bedanya itu, kalau konsep internasional itu lebih banyak bermain di kain, bunga yang digunakan pun Artificial Flower (Bunga Palsu). Konsep internasional sendiri memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah Shabby Chic & Rustic. Sementara untuk konsep nasional sendiri lebih banyak bermain di bunga hidup (Fresh Flower). Konsep nasional sendiri terdiri dari, nasional modern & tradisional. Untuk tradisional memiliki beragam konsep yang berbeda, tergantung darimana daerah anda berasal.

4. Rias Busana Atau Bridal : Setiap Daerah Pasti Memiliki Konsep Baju Adat Masing-Masing.

Rias busana dalam sebuah pernikahan sangatlah penting, terutama bagi para calon mempelai wanita. Rias busana terdiri dari 2 jenis, yaitu nasional dan bridal. Rias busana yang bertemakan nasional salah satunya adalah kebaya. Untuk pemilihan rias busana nasional sendiri, itu tergantung dari mana daerah anda berasal. Atau jika anda bosan dengan kebaya yang tradisional, anda bisa mimilih untuk memakai kebaya modern. Selain nasional, ada juga rias busana dengan tema internasional yang disebut bridel atau gaun. Cuma biasanya untuk penyewaan bridal harganya lebih mahal daripada rias busana nasional.

5. Photography : Abadikan Moment Sekali Seumur Hidupmu

Photography merupakan aspek yang tidak boleh dilupakan, karena melalui foto dan video kita bisa mengenang kembali hari wedding kita dikemudian hari. Lewat foto dan video juga lah kita nanti membagi momen bahagia kita ke anak kita nanti.

6. Entertainment : Hidupkan Suasana Diacara Pernikahanmu dengan Musik.

Entertainment bisa menjadi penghidup suasana dalam acara wedding. Dalam pemilihan vendor entertainment itu tergantung selera musik kita. Biasanya jika acaranya di hotel atau gedung musik yang dimainkan beraliran jazz. Alat musik yang digunakanpun seperti Baby Grand Piano, Saxophone & Singer. 

Agar lebih meriah lagi. ketika acara bisa disisipkan open mic atau mengijinkan tamu untuk menyumbang lagu. Agar lebih meriah lagi, disarankan ketika acara resepsi selesai, untuk mengadakan after party. Musik yang digunakan ketika after party biasanya adalah yang bergenre beat atau disco atau bisa juga menyewa DJ.

7. Wedding Car

Ada yang bilang kalau menggunakan mobil pribadi sebagai wedding car adalah hal yang tabu. Maka dari itu banyak yang menawarkan jasa penyewaan mobil untuk dipakai diacara pernikahan. Mobil pengantin biasanya dihias sedemikian rupa agar terlihat indah. Seperti dihias dengan bunga, kain, bahkan dengan kaleng-kaleng.

Mobil-mobil yang biasa dipakai untuk wedding car salahsatunya seperti, New Alphard, Mercedes Benz & Jaguar. Pemilihan mobil pengantin sendiri bisa disesuaikan dengan konsep pernikahan kalian.

Secara umum fungsi dari wedding car adalah untuk mengantar kedua mempelai selama hari pernikahan. Entah itu seusai acara ijab kabul ataupun pemberkatan, yang terkadang lokasinya kerap berlainan dan jauh dari area tempat diadakannya resepsi.