Ada suatu situasi ketika kamu udah mengumpulkan strategi untuk mendapatkan beasiswa belajar di negara impianmu, namun sayangnya mereka menolak aplikasi beasiswamu. Ketika dirimu menerobos ratusan job seeker untuk menggapai pekerjaan pertamamu selepas wisuda kemarin di job fair, untuk kesekian kalinya ijazah dan CV-mu hanya sanggup mengantarkan dirimu di ruang HRD.

You know what the worst thing is? When you don't get the job and no one even calls to tell you. Because usually most job interview end with the words, "We call if we're interested."

Bahkan ketika kamu sudah siap menyatakan perasaanmu kepada orang yang kamu cintai. Ternyata dia sukses menolakmu dengan kalimat, "Maaf. Kita temenan aja ya". Kemudian dia mengalihkan obrolan sementara kamu masih stuck di kalimatnya yang berbunyi, "Kita temenan aja ya."

Move on yang dituliskan di sini bukan cara-cara menggapai pekerjaan baru atau jurus ampuh menaklukan lawan jenis. Tapi lebih kepada cara kamu untuk berdamai dengan masa lalu dan menciptakan kebahagiaanmu sendiri. Untuk bisa move on, jangan sampai kamu lupakan hal-hal ini :

 

1. Ganti tujuan hidupmu yang bikin kamu semangat lagi.

bikin perencanaan baru untuk menata hidupmu kembali

bikin perencanaan baru untuk menata hidupmu kembali via http://rebloggy.com

Jadi tujuan awal kamu adalah menuju pintu hati untuk dia seorang. Tapi bagaimana jika dia justru menutup pintu itu rapat-rapat? Suka engga suka, kamu harus mengalihkan rasa kecewamu dengan hal-hal yang positif seperti fokus dengan cita-cita atau mewujudkan keinginan terpendammu untuk menjadi volunteer di kegiatan sosial. Atau memperbaiki dan memantaskan diri sebelum bertemu dengan orang yang mencintaimu kelak.

Lain halnya jika kamu sudah lulus kuliah dan pengen kerja di perusahaan perminyakan. Tapi ternyata perusahaan yang kamu lamar membutuhkan karyawan baru yang sudah berpengalaman minimal 2 tahun di bidangnya. Ayo, jangan malas! Sisihkan waktu pagimu untuk kembali membaca-baca koran untuk mencari lowongan pekerjaan. Lowongan pekerjaan di internet memang memudahkanmu untuk mencari pekerjaan, tapi lowongan kerja di koran juga tak kalah banyak dan tentunya banyak juga informasi yang bisa kamu serap di situ.

2. Passion membuatmu lebih bersemangat menjalani hidup.

Kamu merasa bersemangat saat menguleni adonan seolah-olah sambil melepaskan beban pikiran. Mungkin baking adalah passion terpendammu!

Kamu merasa bersemangat saat menguleni adonan seolah-olah sambil melepaskan beban pikiran. Mungkin baking adalah passion terpendammu! via http://favim.com

Apa yang pengen banget kamu lakukan saat lagi gabut? Apa yang membuatmu bergairah setiap kali memikirkan kembali mimpi-mimpimu? Bahkan saat kamu dirundung kesusahan tapi hal itu terus menyala-nyala mengobarkan semangat. Atau, apa yang bikin kamu merasa puas setiap kali menyelesaikan suatu tugas dan kamu rela engga dibayar karena merasa sudah cukup bahagia melakukannya?

Kalau kamu berhasil menjawab minimal 2 pertanyaan di atas, bisa jadi itu adalah passionmu! Contohnya, kamu merasa bersemangat pergi ke toko yang menjual bahan-bahan kue. Meski membuat satu buah macaroon itu sulit tapi kamu engga menyerah sampai berhasil membuat macaroon yang sempurna. Kamu menguleni adonan dengan penuh cinta dan puas rasanya setiap ada yang mencicipi kue buatanmu enak. Mungkin untuk selanjutnya kamu bisa membuka toko kue pastry untuk pundi-pundi rupiahmu di saldo atm.

3. Cita-cita membuatmu sadar ada yang perlu kamu perjuangkan selain urusan percintaan.

Pasca wisuda saatnya mencari kerja

Pasca wisuda saatnya mencari kerja via http://www.huffingtonpost.com

Dilema fresh graduate adalah mengganggur sementara karena belum ada panggilan kerja. Dipanggil interview sih sudah sering tapi dapat kerjaan tetap...hmmm. Di tengah galaunya belum punya pekerjaan tetap, coba ingat-ingat lagi cita-citamu (yang idealis) dulu. Cita-cita apa yang pernah kamu tulis di buku tahunan sekolah, namun terlupakan ketika menyadari ada perubahan besar di hidupmu.

Bisa jadi itu adalah keinginan terpendammu yang ingin menunggu direalisasikan. Meski menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pendidikan terbaik didunia adalah hal yang sulit untukmu, tapi bergabung jadi guru volunteer di pedalaman bisa kamu coba. Good luck!

4. Keberanian membuatmu belajar bersikap dewasa ketika menghadapi masalah.

a small step for change the world

a small step for change the world via https://www.tumblr.com

A : "Mau galau sampai kapan?"

B : "Gue lagi puas-puasin rasa galau" *ngeles* *sesegukan lihat foto mantan*

A : "Engga pengen keluar kemanaaa gituu?"

B : "Gue engga bisa kemana-mana kalau engga ada dia..." *lanjut nangis lagi*

Putus cinta pas lagi sayang-sayangnya emang nyakitin banget. Engga ada lagi yang bikin kamu betah nangis lama-lama selain di kamar, dengerin lagu-lagu galau, makan yang manis-manis (dengan alibi, "gue lagi galau! Butuh yang manis-manis biar rasa sedihnya hilang"). 

Tapi yakin mau kayak gitu terus? Ayolah beranjak dari tempat tidurmu yang engga karuan itu, pesan tiket, booking penginapan yang sesuai dengan budget kamu atau kalau kamu suka yang menantang bisa homestay di rumah penduduk setempat, dan, ayo jalan-jalan! Latih kepekaan panca indramu saat bertualang. Rasakan seru (dan deg-degannya) mengejar kereta di menit-menit terakhir, menjajal tempat-tempat baru yang menambah pengetahuanmu, berinteraksi dengan penduduk lokal, tantang lidahmu untuk mencicipi kuliner baru.

Mungkin kuliner itu terdengar asing di telingamu, namun siapa tahu cocok untuk lidahmu. Siapa tahu setelah ini kamu bisa membawa oleh-oleh cerita perjalanan untuk pembaca blogmu. Followers di akun Instagram-mu bakal terhibur dengan foto-foto cantik yang kamu jepret saat liburan. Syukur-syukur ada penerbit lokal yang tertarik dengan tulisanmu di blog atau hasil fotografimu di feed Instagram.

Karena foto dengan ratusan likers di IG, engga bakalan kamu dapatkan jika kamu terus-terusan galauin mantan atau gebetan. Dulu nyengengin pacar aja bisa, yakin engga bisa nyenengin diri sendiri juga?

Sebelum memutuskan untuk ber-solo traveling, kamu bisa membaca ini sebagai referensi. http://www.worldofwanderlust.com/movies-to-watch-before-you-travel-solo/

5. Enjoy your life, every day, and every second!

ditolak bukan akhir dari segalanya

ditolak bukan akhir dari segalanya via https://www.tumblr.com

Kapan terakhir kali kamu mengucapkan syukur?

Mungkin Tuhan YME belum mempertemukanmu jodoh karena belum ada yang selesai dengan dirimu. Dia memberimu kesempatan untuk memperbaiki dan memantaskan diri sebelum kamu bertemu dengan jodohmu kelak. Memberimu waktu lebih lama untuk saling menyayangi keluarga dan orang-orang terdekatmu sebelum akhirnya kamu mempunyai kehidupan yang baru.

Bisa jadi Tuhan belum juga memberikanmu pekerjaan yang sesuai dengan idelismu karena ada rejeki yang lebih baik untukmu di kemudian hari. Karena cara Tuhan memberikan cobaan dan rejeki untuk umatnya memang berbeda-beda, tapi yakinlah Dia mempunyai sesuatu yang lebih indah dari apa yang kamu harapkan saat ini.

So, enjoy your life every second! Detik dimana kamu sedang road trip bersama sahabat atau keluargamu, takkan terlupakan di kemudian hari. Karena kamu mempunyai sahabat dan keluarga yang mendukungmu, mengajak liburan agar melupakan rasa galau, menikmati alam semesta ciptaan YME, dan menyadari bahwa Tuhan tuh baiknya banget-bangetan ya!