Siapa sih yang tidak kenal negeri singa ini? Hampir semua pasti tahu negara ini sebagai salah satu negara maju yang berada di daerah Asia Tenggara. Negara kecil yang namanya mendunia memang menjadi tempat tujuan wisata sekaligus bagi semua orang tak terkecuali orang Indonesia. Dibalik alasan untuk berwisata, tentunya ada beberapa hal yang akan membuatmu belajar banyak saat berada di Singapura. Apa saja itu?

 

1. Bangsa yang Multikultur

Multiculture in Singapore

Multiculture in Singapore via http://2000recruitment.com

Sebagai negara yang multikultur, sudah tentu Singapura dihuni berbagai macam etnis yang berbeda-beda. Etnis terbesar yaitu Cina, Melayu, India dan beberapa etnis lainnya. Perlu diketahui walaupun Singapura adalah negara melayu tapi justru warga etnis melayu bukanlah yang terbanyak melainkan berada di urutan dua dibawah Cina. Hal ini berhubungan dengan sejarah di masa lalu.
Apa yang kamu pelajari disini? Inilah yang tidak kamu temui di Indonesia. Indonesia memang terdiri dari ratusan suku tetapi mereka masih berada dalam satu etnis. Mungkin hanya beberapa seperti orang papua yang berbeda (bukan bermaksud SARA). Kalau kamu berada di Singapura kamu tidak akan pernah melihat adanya keributan antar etnis ini walaupun stereotip yang beredar adalah warga Cina memiliki kelas ekonomi tertinggi disusul melayu dan india. Mereka memang tidak rukun bahkan terkesan berkelompok tetapi hal yang perlu dipelajari adalah mereka tidak pernah berkonflik satu sama lain dimana hal ini bisa kamu terapkan di Indonesia nantinya. 


Belajar perbedaan etnis, budaya dan agama dapat dimulai dari sini. Kamu akan melihat adanya masjid di komunitas melayu serta kuil di komunitas india (Little India) dan kuil atau gereja di komunitas cina (Chinatown). Mereka tidak pernah sama sekali menghina bahkan menghakimi pemeluk agama lain yang padahal agama ketiga etnis tersebut sangat berbeda. Bahkan India sendiri terbagi jadi orang hindu maupun sikh.  Disinilah kamu akan belajar banyak tentang pluralitas dan toleransi.
 

2. Salah satu negara maju di dunia

MRT Singapura

MRT Singapura via http://3.bp.blogspot.com

Negara maju, dengan berbagai macam kemudahan yang dapat kamu nikmati selama berada di negara ini. Transportasi MRT yang dapat dengan mudah kamu naiki dengan harga terjangkau serta stasiun MRT dapat dijangkau dari berbagai macam sudut negara kota ini. Selain transportasi tentunya kamu akan melihat kemajuan ekonomi di negeri ini mulai dari menjejakkan di Bandara Changi hingga tiba di pusat kota. Berbagai bangunan mewah tempat perusahaan ternama berada di negeri ini. Demikian juga dengan adanya berbagai atraksi serta wisata yang tentunya tidak melupakan aspek modernitas negeri ini.

3. Tertib dan bersih

Lalu lintas di Singapura

Lalu lintas di Singapura via http://www.keithlane.com

Warga singapura dikenal sangat tertib dengan aturan. Salah satunya adalah larangan membuang sampah sembarangan yang dipatuhi semua warganya. Penyebabnya adalah denda yang sangat besar menanti apabila ada warga yang ketahuan membuang sampah sembarangan. Kamu hampir tidak akan melihat sampah berceceran seperti apa yang biasa dilihat di negeri ini.
Bagaimana dengan lalu lintas? Dengan majunya teknologi MRT maka lalu lintas selalu lancar. Bahkan kamu termasuk orang-orang yang sangat beruntung kalau melihat lalu lintas Singapura macet. Kenapa? Hanya orang super kaya yang bisa memiliki kendaraan karena akan dibebani dengan pajak yang tinggi dan juga MRT yang tersedia dengan harga terjangkau membuat warganya enggan memiliki kendaraan sendiri.

4. Tempat yang cocok untuk belajar menjelajah

Backpacker di Singapura

Backpacker di Singapura via http://www.ibackpackertravel.com

Kalau kamu ingin menjelajah keliling dunia, maka Singapura dapat menjadi tujuan pertama sebagai batu loncatan. Kenapa? Lagi-lagi masalah bahasa yang dapat membantu. Singapura dan Malaysia merupakan negara yang sebagian penduduknya bisa berbahasa melayu yang notabene orang Indonesiapun paham.

Kamu juga bisa dengan mudah menemukan papan penunjuk ke berbagai tempat wisata yang tersedia seperti USS, Merlion, Chinatown, Bay Front dll. Bahkan kamu tanpa perlu bertanya pun bisa dengan cukup melihat peta yang tersedia di berbagai tempat. Disini kamu bisa puasin dirimu menjelajah negeri mungil ini.
 

5. Kuliner

Kamu yang suka berburu kuliner tidak perlu pusing kalau berada di negara ini. Banyak kuliner dari berbagai negara yang tersedia disini. Urusan harga? Kamu harus pandai-pandai mencari kuliner dengan harga murah. Halal? Banyak restoran yang melampirkan logo halal sehingga kamu yang menginginkan makanan halal tidak perlu pusing mencari.
Satu tips paling gampang untuk mengenali halal atau tidak adalah, kamu yang wanita dan berjilbab masuk aja ke sembarang restoran. Hampir semua restoran yang menjual makanan tidak halal akan langsung memberitahumu kalau makanan yang dijual tidak halal. Ini yang bakal buat kamu kagum terutama akan kejujuran mereka. Hal yang jarang ditemui di negeri sendiri , meskipun memang ada yang jujur.
Jadi kamu masih berpikir ke Singapura hanya untuk belanja? Cobalah lihat 5 poin di atas dan praktekkan. Kamu akan menjadi lebih paham dan belajar banyak ilmu disana.  
Bagaimana tiket? Sekarang banyak tiket promo dari berbagai kota besar di Indonesia ke Singapura. Kalau masih mahal, kamu bisa gunakan rute Johor Bahru di Malaysia untuk kemudian lanjut ke Singapura hanya dengan membayar 10MYR (kurs terbaru sekitar Rp 33.000). Murah kan? 
Banyak jalan menuju ke negeri singa dan pelajaran yang sudah menantimu. Jadi tunggu apa lagi?

Mari belajar dari negeri tetangga!