Belajar memang membosankan dan tidak jarang membuat kita frustasi karena sulit memahmi materi walaupunsudah belajar berjam - jam lamanya.Nah berikut adalah hal yang harus anda ketahui agar belajar anda menjadi efektif.

 

1. Tetapkan Tujuan

Dalam belajar harus jelas tujuanya,tujuan anda belajar apa?Karena belajar tanpa tujuan akan membuat anda mencari materi-materi yang substansinya terlalu jauh dengan materi yang akan mendukung tujuan anda.

Jika tujuan anda ingin mendapatkan nilai Ujian Naional yang bagus maka belajarlah sesuai kisi-kisi Ujian Nasional anda.Jika Tujuan anda belajar adalah untuk seleksi masuk perguruan tinggi yang ternama maka pelajarilah materi - materi sesuai kisi - kisi ujian masuk tersebut.

Sehingga dengan menentukan tujuan akan membuat materi anda menjurus dan terpusat.

2. Komitmen

Komitmen Tinggi

Komitmen Tinggi via https://4.bp.blogspot.com

Komitmen sangat diperlukan untuk mencapai tujuan belajar anda.Komitmen dalam hal ini adalah kekonsistenan anda dalam belajar.Tidak perlu lama dalam belajar,hanya butuh 2 atau 3 jam setiap harinya.Namun 2 atau 3 jam itu harus dilakukan secara rutin.Ingat tidak dibutuhkan waktu banyak,hanya sedikit waktu namun rutin.

3. Waktu Efektif

Dalam hal ini pilihlah waktu produktif belajar anda ,setiap orang memiliki waktu produktif belajar  dan setiap orang mempunyai waktu produktif belajar yang berbeda beda.Ada yang malam hari,ada yang sore hari ada pula yang pagi hari atau bahkan dini hari.Namun kebanyakan orang memiliki waktu produktif pada dini hari satu jam sebelum subuh.Karena apa?Karena waktu sebelum subuh itu masih hening,kondisi badan tentuya masih fresh juga.Maka gunakanlah waktu - waktu tersebut untuk belajar.

4. Rangkuman

Rangkumlah materi-materi yang penting.Karena anda tidak mungkin mengingat semua materi secara utuh.Buatlah rangkuman pada secarik kertas atau pada smartphone anda.Rangkuman akan membantu anda untuk memahami garis besar materi anda.

5. Referensi

Referensi

Referensi via http://any.web.id

Carilah referensi dari buku diperpustakaan atau diinternet .Jangan terpaku pada satu referensi karena bisa jadi referensi yang sekarang anda gunakan sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan ilmu pengetahuan.Kemudian jika anda memiliki sebuah refensi pokok yang sulit dipahami maka carilah refensi penunjang dari internet  atau perpustakaan yang mudah dipahami.Karena di internet dan perpustakaan tersimpan sejuta pengetahuan.

Kemudian carilah referensi yang ada cara cepatnya.

6. Perpustakaan /Perpustakaan Digital

Perpustakaan pada zaman sekarang memang sudah dianggap kuno dan tidak sesuai pada perkembangan zaman.Namun jangan salah,saat ini sudah ada E librari yang menyimpan banyak sekali jurnal jurnal ilmiah yang dapat diakses secara gratis.Maka gunakanlah hal itu jika materi yang anda punya kurang kuat atau masih meragukan.Karena di perpustakaan buku buku atau jurnal jurnalnya sudah terjamin.

7. Mengulang

Mengulang materi merupakan hal sangat penting untuk membuat ilmu yang anda pelajari tertanam di pikiran anda.Ulanglah materi materi dari awal samapi akhir atau ulanglah materi yang kurang anda pahami dan ulanglah materi yang anda lupa