LDR adalah long distance relationship. Hubungan jarak jauh antara pasangan kekasih yang sering berujung pada perpisahan, tetapi banyak juga yang berhasil dan berakhir dengan bahagia. Kurangnya komunikasi dan ketidakpercayaan pada pasangan adalah faktor penyumbang paling besar terhadap berakhirnya sebuah hubungan.

Dalam sebuah hubungan LDR pun, rasa kepercayaan terhadap pasangan tidaklah dirasa cukup untuk membuatnya tetap kokoh. Berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk bisa membuat hubungan LDR-an kamu dengan si doi tetap awet dan harmonis.

 

1. Selalu berikan doi kabar

Skype-an sama pacar kamu

Skype-an sama pacar kamu via https://id.pinterest.com

Nah, berikan si doi kabar yah. Khusus bagi cowok, memberikan kabar bagi si doi memang sering disepelekan. Karena terlalu sibuk dengan kegiatannya, main game atau kalau sudah kumpul dengan teman-temannya mendadak suka lupa ingatan. Sebenarnya cukup dengan bilang, “Sayang, aku lagi makan siang nih, kamu udah makan belum?” Yakin doi langsung moodnya bagus saat itu.

Bagi cewek, jangan terlalu sering tanya kabar sama pasangan kalian, soalnya cowok mudah bosan dengan pertanyaan yang sama dan diulang-ulang.

2. Jangan terlalu curiga dengan kegiatan yang doi lakukan

Kerelaan harus LDR

Kerelaan harus LDR via http://encrypted-tbn0.gstatic

Biasakan positif thinking dengan pasangan kamu. Jika pesan atau chat kamu tidak langsung dibalas, usahakan jangan berpikiran yang tidak-tidak dulu. Tunggulah sampai pasangan kamu membalas dan setelah itu baru kamu tanyakan kenapa pada si doi. Tentunya dengan nada yang tidak terkesan marah atau curiga berlebihan.

3. Berikan doi ruang untuk bebas

Melakukan hobi yang sama

Melakukan hobi yang sama via http://www.bintang.com

Bersikap terlalu posesif akan membuat ruang gerak pasanganmu menjadi terbatasi. Kalau kamu sudah percaya pada pasanganmu, maka kamu harusnya tahu bahwa pacarmu tidak akan melakukan hal-hal bodoh. Jangan terlalu melarang pasanganmu untuk tidak melakukan hal ini itu, dan jangan tuntut pasanganmu untuk selalu memberikan waktunya setiap detik hanya untukmu. 

4. Ajak doi untuk membahas masa depan bersama

Masa depan kita bersama kelak

Masa depan kita bersama kelak via http://encrypted-tbn0.gstatic

Obrolan seperti apa sih yang biasanya diobrolkan oleh pasangan kekasih? Jika doi sedang jauh sama kamu, bicarakanlah hal-hal yang indah dan menarik di masa depan kalian. Biar doi tahu bahwa alasan kalian berjauhan untuk bisa wujudkan masa depan berdua nantinya. Mulailah dengan ucapan-ucapan ringan seperti:

“Kalau kita nikah nanti mau bulan madu di mana?”

5. Hadiah-hadiah kecil akan membuat doi makin rindu sama kamu

Hadiah kecil

Hadiah kecil via http://www.bintang.com

Siapa yang tidak menyukai hadiah? Hadiah adalah lambang perhatian. Khususnya cewek, sebagai makhluk paling peka di dunia doi pasti sangat suka jika diberikan hadiah. Lalu hadiah apa sih yang cocok untuk pasangan LDR? Nggak perlu hadiah barang-barang mewah, kamu bisa ngasih doi video perjalanan kisah cinta kalian, ngasih lukisan buat doi, atau bisa tiba-tiba kirimin bingkisan kecil lewat JNE atau POS di depan rumah doi. Dijamin doi makin sayang dan rindu sama kamu.

6. Ketika kamu jalan dengan teman lawan jenis, katakanlah dahulu sebelum doi bertanya

Hangout bareng temen

Hangout bareng temen via http://likesuccess.com

Nah, pemicu retaknya sebuah hubungan adalah kecurigaan. Hindari itu, dengan cara kamu langsung kasih tahu doi jika mau bepergian atau jalan dengan yang ada unsur lawan jenisnya. Sederhana kok, tinggal bilang “Sayang, aku hari ini ada rapat sama temen-temen ada si Angga juga. Nggak papa yah? I love you”.

Tapi balik lagi yah, kalian harus saling percaya satu sama lain agar hubungan kalian bisa langgeng sampai menuju akhir yang bahagia.