1. Makanan pedas

Makanan pedas via http://google.co.id

Cabai, salsa, dan wasabi dapat membuat Kamu menjadi lebih sering pipis lho! Untuk mencegahnya, pastikan Kamu memperhatikan jumlah cabai yang Kamu konsumsi untuk mencari tahu berapa banyak cabai yang dapat Kamu konsumsi tanpa membuat Kamu menjadi lebih sering pipis.

2. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol via http://dokter.id

Bir, wine, dan minuman beralkohol (wiski dan sebagainya) juga dapat membuat Kamu lebih sering buang air kecil. Selain itu, minuman beralkohol juga mengganggu sinyal yang dikirimkan otak pada kandung kemih yang berfungsi untuk mengatur kapan seseorang harus buang air kecil. Jadi, pastikan Kamu membatasi atau bahkan berhenti mengkonsumsi minuman beralkohol jika Kamu memiliki kandung kemih yang overaktif.

3. Buah golongan sitrus dan jus buah

Buah golongan sitrus dan jus buah via http://google.co.id

Advertisement

Berbagai jenis buah golongan sitrus seperti jeruk, jeruk bali, lemon, dan jeruk nipis semuanya merupakan buah asam yang dapat mengiritasi kandung kemih Kamu termasuk jus buahnya.

4. Pisang, anggur, dan apel

Pisang, anggur, dan apel via http://google.co.id

Bukan hanya buah golongan sitrus yang dapat meningkatkan keinginan Kamu untuk buang air kecil. Beberapa jenis buah lain seperti apel, pisang, dan anggur juga memiliki efek yang sama.

5. Penyedap rasa (bumbu masakan)

Penyedap rasa (bumbu masakan) via http://google.co.id

Perasa, pengawet, dan zat adiktif buatan seperti MSG dan benzil alkohol dapat mengiritasi kandung kemih. Selain membaca label makanan, cara lain untuk mengetahui apa saja yang ada di dalam makanan yang Kamu makan adalah dengan memasak sendiri makanan Kamu. Gunakanlah buah, sayuran, dan gandum yang memang telah terbukti baik bagi kesehatan Kamu.