1. Rajin Berolahraga

Berolahraga via https://img.okezone.com

Tubuh memang tetap terlihat bugar walau tanpa olahraga dan merasa nyaman-nyaman saja. Namun, ketika tubuh kita dalam keadaan kurang maksimal akan mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu rajinlah berolahraga. Olahraga adalah suatu kegiatan yang teratur untuk dilakukan, apabila dilakukan secara tidak teratur maka tubuh akan berdampak buruk bagi tubuh. Untuk melakukan kegiatan olahraga secara teratur minimal satu atau tiga kali dalam seminggu saja sudah cukup. Yang terpenting adalah ketika kita berolahraga, peredaran darah akan terpompa dari jantung ke seluruh tubuh, sehingga peredaran dalah akan semakin lancar dan sistem imun kita akan jadi meningkat.

Selain itu, olahraga juga akan menambah massa otot, dan mendetoks (mengeluarkan) racun-racun dalam tubuh melaluui keringat

2. Makan Makanan Sehat dan Bergizi

Makanan Tinggi Protein via http://www.ummi-online.com

Advertisement

Selain berolahraga, makanpun juga harus teratur. Salah satunya dengan cara makan makanan yang bergizi dan bermanfaat bagi tubuh.

Makanan memang sudah menjadi bagian terpenting bagi kehidupan kita pada umumnya. Namun, yang dimaksud makanan disini adalah sesuatu yang dimakan haruslah memiliki gizi yang sehat dan seimbang. Oleh karena itu kita harus tahu tetntang gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. Karena makanan yang kita maan tak hanya harus enak saja. Tetapi, makanan yang di dalamnya mengandung Karbohidrat, Protein, Vitamin dan Mineral, dan Lemak. Dengan begitu tubuh akan berisi asupan yang baik sehingga tubuh akan menjadi sehat dan tetap maksimal setiap hari. Apabila kita hanya asal makan saja dan tidak tau kandungan didalamnya, itu hanya akan membuat kita kenyang saja, walaupun begitu yang terpenting adalah makanan tersebut bersih dan tidak mengandung zat-zat yang berbahaya yang dapat mengganggu aktivitas pencernaan, sehingga proses metabolisme pun jadi terhambat.

3. Perbanyak Cairan

ilustrasi semangka via http://godiscover.co.id

Dalam tubuh kita umumnya terdapat 82% cairan dalam darah, 90% paru-paru, 80% kulit, 75% otot, 70% otak, dan 22% tulang. Apabila tubuh kita kekurangan cairan maka akan menyebabkan Dehiderasi atau dimana kadar air dalam tubuh menurun. Selain itu, kurangnya cairan dalam tubuh akan menyebabkan Hemoglobin dalam darah jadi ikut menurun. Sehingga tubuh akan menjadi semakin lemas dan terasa pusing di kepala karena kurangnya peredaran dalah yang mengalir ke otak.

Oleh karena itu, rajinlah konsumsi cairan seperti air mineral/air putuh yang diminum minimal enam atau tujuh gelas dalam sehari .atau secukupnya satu liter sehari. Selain dari air mineral, buah-buahan juga banyak yang mengandung banyak cairan salahsatunya adalah buah semangka. Buah semangka, selain memiliki banyak cairan juga memliki manfaat yng baik bagi darah. untuk merasakan segala manfaat yang terkandung dalam buah semangka alangkah baiknya anda makan beserta dengan kulitnya, karna kulitnya mengandung antioksidan. 

4. Waktu Tidur yang Teratur

Tidur Teratur via http://1.bp.blogspot.com

Selain dari makanan dan kegiatan sehari-hari, Tidurpun juga sangat berpengaruh dalam kesehatan tubuh. Apabila waktu tidur tidak teratur maka tubuhpun akan kurang maksimal, Fakta membuktikan bahwa ketika tubuh dalam keadaan kurang tidur maka sistem imun dalam tunbuh akan melemah, tensi darah menjadi tinggi, terasa sakit dikepala, sehingga tubuh mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, tidur yang teratur adalah minimal 6 jam dan maksimal 8 jam. Selain tidur malam, istirahat atau tidur siangpun juga dapat membuat tubuh menjadi bugar kembali setelah beraktivitas sebelumnya.

5. Tidak, dan Jangan Merokok

Bahaya merokok via http://halosehat.com

Merokok memang tak banyak membuat orang langsung dilarikan ke rumah sakit setiap kali mereka menghisap asap dari rokok tersebut. Namun fakta membuktikan bahwa rokok mengandung zat yang tidak baik dan dapat membahayakan bagi tubuh secara cepat atau lambat akan menyerang organ-organ vital dalam tubuh seperti paru-paru,tenggorokan,jantung, otak, pankreas dan ginjal. Dampak yang ditimbulkan akibat merokokpun cukup serius, diantaranya :

1. Kanker Paru-paru

2. Radang Tenggorokan

3. Kanker Tenggorokan

4. Asma

5. Berpengaruh Pada Kulit, dan Cepat Keriput

6. Kemandulan bagi Pria/Wanita

7. Emfisema dan kanker Mulut

8. Bahkan Kematian

Oleh karena itu, berhentilah merkok dan jangan pernah mencoba untuk mencicipi barang tersebut sekalipun. Mulailah gaya hidup sehat dari sekarang agar hari-hari kita menjadi lebih maksimal. dan apabila tubuh kita tetap sehat kita akan selalu bersemangat dalam menjalani hari-hari yang penuh dengan harapan dan impian . Semangat anak Muda .