Berinteraksi dengan orang lain seperti mengobrol membutuhkan beberapa bahan agar obrolan terasa lebih menarik bagi setiap individu. Mulai dari olahraga kesukaan, berita terkini, tren yang sedang terjadi atau bahkan politik. Namun, terkadang dalam berbagai kondisi, obrolan berubah menjadi ajang untuk membicarakan tentang seseorang yang dekat dengan kita, baik itu teman atau bahkan keluarga sekalipun.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang secara tidak sadar sudah cukup sering kamu lakukan di lingkungan sosial mu yang menyebabkan beberapa orang "gatal" untuk membicarakannya. Yaaa, walaupun tidak etis untuk menjadikan seseorang sebagai bahan obrolan, berikut beberapa hal yang seharusnya kamu tidak lakukan atau bahkan hindari agar kamu terhindar dari nyinyiran orang banyak.

 

 

 

 

1. Jaga kebersihan dan kerapihanmu! Kamu sudah dewasa, jadi jangan sampai kamu jadi gunjingan karena penampilan yang seenaknya

Iih... Bau apaan nih ?

Iih... Bau apaan nih ? via http://www.prodijee.com

A: Ampun dah, kemarin gue nongkrong sama si Onta pusing banget pala gue.

B: Lah, kenapa ? Kok pusing ?

A: Bau asem banget badannya, gak tahan gue !

Menjaga kebersihan dan kerapihan badanmu merupakan hal yang sangat penting, karena 2 hal berikut merupakan hal yang dinikmati oleh banyak orang disekitarmu. Maka dari itu, penampilan mu harus 'sesuai' dengan tempatnya, misal kan ketika berada di kampus jangan sesekali kamu pakai sendal jepit ataupun celana pendek dan jaga juga tingkat keharuman badanmu agar orang tidak mencibir kamu sebagai orang yang tidak mampu mengurus diri.

Beberapa orang ada yang tidak sadar atau bersikap acuh tak acuh terhadap penampilan dirinya, padahal ini sangat penting mengingat penilaian orang lain terhadap dirimu. Mulai sekarang dijaga ya penampilanmu agar selalu enak dinikmati orang banyak.

 

2. Pamer dan sok-sok'an adalah dua sifat yang PALING DIBENCI Tuhan dan manusia!

Uang gue banyak kan ?

Uang gue banyak kan ? via https://www.bellanaija.com

Kebanyakan dari kita tidak menyukai orang-orang yang sombong karena kita mengasumsikan mereka sebagai orang yang arogan dan terkadang sebagai orang yang ingin "diperhatikan". Mungkin kita melihat orang yang sombong sebagai orang yang bahagia karena mungkin memiliki beberapa pencapaian yang belum kita punyai, tapi terkadang dalam diri seseorang tersebut sangat berbeda jauh dengan tampilan luarnya.

Ada yang berpendapat bahwa orang bisa sombong, karena orang tersebut ingin diperhatikan oleh lingkungannya. Tapi, mengesampingkan pendapat tersebut, sombong bisa dikatakan sebagai sifat yang tidak baik jika dipertontonkan secara berlebihan atau bahkan terhadap hal-hal yang tidak pantas untuk dipamerkan.

Sebenarnya, tanpa harus sombong pun, orang-orang sekitarmu masih dapat mengetahui hal-hal yang kamu miliki atau sudah kamu capai ketimbang orang lain. So, kurangi sombong ya agar tidak dicap sebagai orang yang ingin "diperhatikan" secara lebih.

3. Berhematlah selagi bisa, tapi please, jangan jadi orang pelit!

Pakai Uang mu aja, kenapa harus uang ku ?!

Pakai Uang mu aja, kenapa harus uang ku ?! via http://vfntv1.blogspot.co.id

A: Bro, kalo ngajak maen, lo jangan sampe ngajak ngajak si Onta

B: Kenapa emangnya bro ?

A: Pelit banget dia orangnya, berangkat nebeng gue aja ampe kagak mau bayarin uang parkir motor gue...

Beberapa orang yang memiliki sifat pelit merupakan orang yang merasa tidak nyaman ketika harus mengeluarkan uangnya dikarenaka mereka 'merasa' takut uang yang dimilikinya tidak akan cukup untuk kedepannya. Alih-alih mau hemat, justru orang akan menganggap dirimu sebagai orang yang egois karena 'terlalu' hemat alias pelit.

Pada dasarnya, pelit 'boleh' kamu lakukan terhadap hal-hal yang menurutmu tidak begitu penting, seperti membeli sepatu baru selagi sepatumu yang lama masih bisa digunakan. Tapi, jangan sampai kamu terapkan ketika berada di dalam lingkungan sosial, karena imbasnya kamu akan ditandai sebagai orang yang tidak ingin berbagi kepada orang lain.

 

4. Kamu ogah nerima kritik dan saran dari orang lain? Lho, lupa ya kalau kamu ini makhluk bumi, bukan penghuni planet?

Gue gak suka denger pendapat lo...

Gue gak suka denger pendapat lo... via https://www.autostraddle.com

A: Lo sekelompok sama si Onta bro ? Haha, siap-siap aja dah lo ya

B: Siap - siap apaan ?

A: Lo gak usah repot-repot punya pendapat, pasti gak bakal di denger sama dia...

Orang dengan sifat ini juga sangat mudah menjadi bahan perbincangan banyak orang, sifat ini layaknya 'penyakit komplikasi' yang terdiri dari sifat buruk seperti egois, angkuh, dan juga selalu ingin menang sendiri yang bersatu menjadi sifat tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. 

Ada kalanya kita harus mendengarkan kritik dan saran dari orang lain, sekalipun kritikan itu terasa pedas di telinga kita, mungkin saja dengan adanya kritik dan saran tersebut kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Secara tidak langsung juga kita belajar untuk menghargai orang lain dengan mendengarkan apa yang sudah tersirat di dalam benaknya. Hargailah pendapat, kritik dan saran orang lain jika dirimu ingin dihargai ya.

5. Sebaliknya, kamu juga jangan suka membicarakan keburukan orang lain serta menebar kebencian terhadapnya

Eh, tau gak dia tuh orangnya...

Eh, tau gak dia tuh orangnya... via http://republika.mk

Hal terakhir agar kamu tidak diperbincangkan banyak orang adalah kamu tidak boleh ngomongin tentang orang lain terutama keburukannya. Ibarat karma, orang yang hobinya bahas keburukan orang lain akan berakhir dengan dirinya juga yang akan menjadi bahan perbincangan banyak orang. 

Ingat, tidak ada orang yang terlahir sempurna, setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika kamu suka membicarakan tentang kekurangan orang lain, maka tidak menutup kemungkinan juga ada orang lainnya yang gemar membicarakan tentang kekuranganmu.

Jadi, itu adalah beberapa hal yang sebaiknya kamu mulai hindari agar dirimu tidak menjadi bahan obrolan banyak orang. Tentunya, hal-hal ini tidak mencakup seluruh kriteria agar kamu tidak diperbincangkan orang banya, tapi setidaknya kamu sudah bisa mengetahui beberapa hal agar kamu tidak menjadi bahan nyinyiran orang-orang ya.