Ya, hari ini gue bakal menulis tetang cara menjaga dan mengawetkan hubungan pertemanan. Meski terkesan gaya banget, artikel ini gue tulis berdasarkan opini pribadi gue. Inget ini opini lho, ya! Bukan berdasarkan riset publik and the blah blah blah. So, kalo ada yang nggak sepaham sama gue, ya monggo wae ;)

Check it out!

1. Jaga komunikasi

Jaga komunikasi via http://pbs.twimg.com

Ini yang paling penting. Komunikasi yang lancar bakal memperkecil kemungkinan kesalahpahaman yang berpotensi bikin loe ambek-ambekan nggak jelas sama sahabat loe. Sekalipun loe terpisah jarak ribuan kilometer, komunikasi bakal bikin hubungan kalian sedekat saat kalian hanya terpisah sekat kamar.

Cukup dengan 3 huruf ditambah spasi 1, "Hai", hubungan kalian bakal tetep lengket kayak dikasih lem Korea.

2. Berikan secuil waktumu

Berikan secuil waktumu via https://shechive.files.wordpress.com

Ya saat loe lagi senggang coba deh kasih secuil waktu yang loe punya buat mereka, ya meskipun ujung-ujungnya loe cuma makan bakso emperan bareng mereka. Sejujurnya mereka cuma mengharapkan kehadiran loe, bukan traktiran atau hal-hal lain yang berbau materi. Gak usah sok sibuk sama dunia lo karena saat dunia meninggalkan loe, loe masih punya mereka yang bakal bantuin loe meraih itu

3. Sharing

Advertisement

Sharing disini dalam konteks aktivitas lho, bukan masalah atau blah blah yang loe anggap pribadi dan menjadi rahasia alias top secret. Biarkan mereka tahu tentang dunia yang loe geluti, bawa mereka masuk ke dunia loe. Ya nggak perlu terlalu dalam, tapi paling nggak mereka cukup mengetahui apa saja yang sedang loe geluti. Dengan begini mereka nggak akan asing dengan sosok loe dan loe juga bisa tetep asik bahas dunia yang lagi loe geluti tanpa takut mereka merasa tersisihkan dengan kesibukan loe.

4. Saling memahami

Saling memahami via https://yt3.ggpht.com

Ini juga jadi important things dalam sebuah hubungan pertemanan. Loe harus banget sadar kalo dalam harinya bukan cuma ada loe dan persahabatan kalian, tapi dia juga punya kehidupan lain: entah pekerjaan, sekolah, hobi, pacar, keluarga, ataupun lainnya.

Nah, di sini loe harus paham betul kalo ada hal lain yang harus diprioritaskan selain loe. Kalian juga harus paham betul sama karakteristik satu sama lain supaya kalau ada masalah kalian bisa menyelesaikannya dengan adem-ayem tanpa ada drama-drama menyebalkan.

5. Jangan bocor

Jangan bocor via http://jasonlbaptiste.com

Nah, ini nih yang paling sering bikin kesalahahaman dan hancurnya hubungan persahabatan. Bocor adalah hal yang paling harus loe waspadai, karena kebocoran berpotensi mengadudomba kalian. Bocor menyebabkan haadirnya intervensi orang lain dalam hubungan persahabatan kalian dan itu bisa berpengaruh buruk.