Kalian ngerasain 'kan kalau bulan Januari dan Februari ini intensitas hujan tinggi banget? Entah pagi, siang, sore atau malam hari, hujannya bisa deras, plus disertai angin kencang. Brr, hawa dingin pun terasa sekali saat hujan turun maupun setelah hujan. Tentu jika badan kalian belum terbiasa dengan cuaca seperti ini, penyakit pun mudah hinggap pada tubuh kalian. Penyakit langganannya adalah flu dan pilek.

Pilek atau yang biasa disebut juga dengan influenza ini merupakan suatu gejala penyakit yang disebabkan oleh virus. Karena penyakit pilek ini disebabkan oleh virus, jadi pertahanan tubuh tidak mempan dengan penyakit ini. Pilek ini merupakan penyakit yang mudah sekali menular melalui udara. Jika kalian dekat jarak dengan orang yang sedang pilek, lalu orang tersebut bersin, jika daya tahan tubuh kalian tidak kebal. Maka kalian akan mudah terkena penyakit pilek tersebut. Bahaya, bukan?

Tapi jangan khawatir dulu! Kalian bisa mengatasi pilek ini dengan beberapa cara yang akan saya jabarkan di bawah ini:

1. Jangan minum es, minum saja air putih. Kalau bisa sih air putih hangat

Tips Mengatasi Flu dengan Baik dan Benar via http://www.sayrelax.com

Perbanyak minum air putih dan air hangat. Silakan kalian coba untuk memperbanyak minum air putih dari biasanya. Hal ini juga untuk memastikan tubuh terhindar dari dehidrasi. Air putih juga bisa menetralkan cairan di tubuh. Kalian juga bisa hindari minuman yang manis atau bersoda.

Jangan lupa 8 gelas dalam sehari minimalnya. Dengan mengonsumsi air putih 8 gelas per hari akan membantu untuk menjaga daya tahan tubuh sahabat Hipwee sekalian.

2. Namanya saja sudah kedinginan, maka mandilah dengan air hangat saja

Mandi dengan Air Hangat via http://www.sayrelax.com

Yaps, lagi-lagi air hangat. Betul sekali, dengan kalian mandi air hangat.

Advertisement

Ini mencegah tubuh kalian menggigil saat mandi. Mengingat cuaca hujan yang terus menerus yang menyebabkan cuaca menjadi dingin, cara mandi air hangat akan membantu kalian semua untuk membersihkan badan dengan sedikit risiko terkena penyakit flu.

3. Ini patut kalian coba. Berkumurlah dengan campuran air dan garam

Berkumur dengan Air Garam via http://www.sayrelax.com

Cara ini ampuh untuk meringankan gejala flu. Tips ini biasa saya lakukan ketika gejala flu sudah terdapat pada diri saya. Menurut Dr. Philip T. Hagen, larutan garam dapat menarik kelebihan cairan dari jaringan yang meradang di tenggorokan sehingga membuat flu menjadi netral atau setidaknya dapat mengurangi sakit flu.

4. Ayo beranikan makan makanan pedas agar flu kamu berkurang

Makan Makanan yang Pedas via http://www.sayrelax.com

Tentu belum banyak yang tahu. Saya sendiri baru tahu beberapa waktu yang lalu bahwa cabai mengandung senyawa capsaicin. Senyawa ini sangat baik untuk membersihkan rongga hidung. Kalian juga bisa mengonsumsi sup hangat maupun mie kuah yang ditaburi cabai atau lada dengan tujuan agar hidung yang tadinya tersumbat maupun meler, menjadi plong dan lega. Tapi jangan konsumsi terlalu banyak ya, Sahabat Hipwee. Bisa bisa kalian nanti dapat mencret. Hahaha.

5. Kalau ini mah, sudah jadi langganan tips ampuh hampir segala kondisi…

Jogging (Olahraga) Secara Teratur via http://www.sayrelax.com

Jogging atau olahraga ringan dapat mengatasi timbulnya gejala flu. Berlari secara tidak langsung dapat melancarkan pembuluh darah, sehingga hidung tersumbatpun bisa teratasi. Saya sendiri sering melakukan jogging setiap pagi, bahkan saat badan tidak enak akibat flu sekalipun. Jika ada waktu luang di pagi hari, jogging-lah kurang lebih 15 menit tanpa henti. Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Demikian tips dari saya. Semoga berguna! 🙂