Wahai kawan, sadar tidak kalau saat ini kita sedang diperbudak dengan kemudahan dari kondisi millenial? Di era yang serba maju ini, bukannya semakin meningkatkan kualitas individu, justru malah memperburuk lho! Perkembangan jaman yang semakin maju justru malah membuat kemunduran kualitas individu, baik dari segi etika, moral, maupun skill.

Ada seorang ilustrator handal yang “mencoba” untuk menggambarkan kehidupan jaman millenial saat ini, melalui ilustrasi karikatur keren banget! Ilustrasi ini bikin kita mikir kalau sebenarnya kehidupan kita sudah separah itu penurunannya! Penasaran kan, apa saja ilustrasinya? Yuk, kita lihat bareng:

 

1. Kemajuan jaman membuat kita egois, seperti kakek ini?

Orang - orang makin angkuh apalagi mereka yang punya segala hal.

2. Katanya free expression? Tapi kok dikontrol oleh media?

Free expression

Free expression via http://helmykkediri.com

Tidak ada kebebasan untuk berekspresi semuanya di manipulasi sebelum sampai ke publik.

3. Wah, kencan yang “romantis” sekali, ya…..

wedding illustrator

wedding illustrator via http://helmykkediri.com

Kurangnya sosialisasi terlalu fokus menatap latar digital sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

4. Apakah uang menjadi satu – satunya alat kebahagiaan, meskipun menyiksa?

The trap of money

The trap of money via http://helmykkediri.com

Uang adalah segalanya dengan uang kamu bisa membeli apapun yang kamu ingin kan.

5. Yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin.

Getting richer

Getting richer via http://helmykkediri.com

Yang kaya semakin kaya yang miskin hidupnya semakin dipersulit.

6. Kalau nggak ada uang “pendorong”, nggak bakalan kerja nih, ceritanya?

Rogue doctor

Rogue doctor via http://helmykkediri.com

Tanpa uang seseorang tidak mau bekerja dengan sungguh-sungguh.

7. Waktumu “dimakan” oleh media sosial.

Social killer

Social killer via http://helmykkediri.com

Terlalu banyak menghabiskan waktu hanya untuk sekedar eksis di sosial media.

8. Kebenaran peliputan media jadi dipertanyakan nggak sih, kalau seperti ini framingnya?

Blind journalist

Blind journalist via http://helmykkediri.com

Mengabaikan hal yang benar untuk pencitraan.

9. Lengkap hanya dalam satu alat dan mengabaikan fungsi yang sebenarnya?

Orang dengan multi talent kemampuan akan selalu dimusuhi.

10. Diperbudak oleh kekasih? Well, selamat datang di realita dunia millenial.

Pacar terlalu nurut sama kekasihnya.

11. Demi uang kamu sampai merendahkan dirimu, murahan atau memang realita kehidupan?

Mau melakukan apa saja hanya demi uang termasuk joget heboh dengan saweran uang.

12. Saking asyiknya selfie, sampai lupa untuk memperhatikan keselamatan diri.

forget safety

forget safety via http://helmykkediri.com

Ingin eksis dan hits sampai mengabaikan keselamatan diri sendiri.

13. Framing berita yang handal sekali, bukan?

Blind journalist 2

Blind journalist 2 via http://helmykkediri.com

Hal yang kecil diperbesar dimana-mana untuk menutupi hal besar yang terjadi.

14. Bukan hanya manusia, tombak pun juga berevolusi jadi tongsis.

tongkat pun berevolusi dari yang awalnya cuma tongkat berburu berubah jadi tongkat selfie.

15. Everlasting love tanpa smartphone atau dengan smartphone?

not promise

not promise via http://helmykkediri.com

Tuh, ilustrasi dunia modern ini kacau juga ya? Tapi itu realita nyata yang tanpa kamu sadari sebenarnya benar-benar terjadi di dunia nyata. Kamu jadi bagian dari kegiatan di atas tidak? Kalau iya, segera ubah kebiasaan itu ya, demi kehidupanmu yang lebih baik. Semangat!