Jurusan IT adalah salah satu jurusan yang sedang booming saat ini. bertambahnya lulusan IT membuat dunia IT di prediksi mengalami perkembangan yang pesat khususnya di Indonesia. Banyaknya jurusan IT dengan pengkhususan di beberapa bidang baru membuat banyaknya peluang pekerjaan. Peluang pekerjaan ini banyak dilirik oleh anak muda baik lokal dan internasional.

Bekerja di bidang IT sangat menjanjikan masa depan dan karir cemerlang. Semakin banyak peminat dibidang ini membuat para pencari kerja harus memiliki kualifikasi yang berbeda dan lain dari yang lain. jika kalian hanya fokus ke satu bidang dalam dunia IT itu tidaklah cukup. Karena kalian harus memiliki keahlian yang menjadikan kalian bersinar dari yang lain.

Saat ini banyak dibuka lowongan pekerjaan IT. Baik dalam maupun luar negeri, Sertifikat pelatihan juga diperlukan untuk memantapkan karir di bidang ini. Berikut adalah kenyataan yang harus diterima jika bekerja di bidang IT

1. Gaji yang tinggi

Gaji yang banyak via https://www.linkedin.com

Tidak dapat di pungkiri bahwa bekerja dibidang IT menjanjikan gaji yang tinggi. hal ini sejalan dengan biaya kuliah di jurusan IT tidaklah murah. Gaji yang tinggi selalu menjadi acuan pekerjaan yang bonafit dan memiliki masa depan yang cerah. calon mertua juga akan mempertimbangkan gaji bagi calon menantunya.

Rata-rata gaji bagi level pemula di bidang IT bisa mencapai 5 juta per bulannya. Ini menjadi magnet bagi lulusan baru. Apalagi kalau masuk ke perusahaan terkenal seperti google. Jika kalian lulusan dari universitas terbaik akan mudah untuk mendapat lirikan dari perusahaan.

2. Satu Buku Tidak Cukup

Advertisement

Perkembangan dunia IT sangat pesat. Setiap detik banyak inovasi-inovasi yang terbaru. Walaupun tidak kalian sadari. Saat ini banyak teknologi yang sedang di kembangkan. Jika kalian berniat di bidang IT. jangan berhenti belajar. Jangan hanya mengandalkan pengetahuan kalian saat ini.

Apa yang kalian pelajari saat duduk di bangku kuliah hanyalah dasar. Masih banyak potensi yang harus terus di gali. Bahasa program yang di pelajari di kampus tiap hari mendapatkan revisi dan perkembangan. Seperti bahasa program HTML dari versi 4.1 ke versi HTML5 yang banyak digunakan saat ini. Perkembangan website pun beralih dari web statis ke website yang bersifat dinamis.

3. Jangan Gaptek

Jangan Gaptek via http://www.opera.com

Jangan Gaptek adalah salah satu pantangan dalam berkarir di dunia IT. Gaptek kali ini bukan tidak mengetahui soal perangkat keras IT tapi lebih kepada penggunaan. Jika kalian penyuka atau nyaman menggunakan windows sebagai sistem operasi. jangan sama sekali tidak menyukai komputer dengan spesifikasi MAC atau Linux.

Jangan saling menjatuhkan antar platform. Minimal kalian mengetahui dasar-dasar dari semua perangkat lunak. Kalian bisa menjadi pendukung garis keras Android tapi kalian juga harus memahami penggunaan telepon pintar dari Apple. Kalian dianggap gaptek di bidang IT jika tidak memiliki kemampuan seperti ini. Tidak perlulah mahir tapi cukup mengetahu dasar-dasarnya.

4. Working Hour 24 Jam

Jangan menganggap pekerjaan IT itu mengikut office hour. Beberapa jenis pekerjaan mengharuskan siap siaga 24 jam. Apalagi jika terjadi masalah. Pekerjaan di bidang IT yang memerlukan waktu seperti ini biasanya di bagian networking security, Database admin, atau Server admin.

Suka tidak suka hal ini akan dihadapi. namun berkat kecanggihan teknologi. kalian bisa mengerjakannya walaupun tidak sedang berada di kantor. Namun harus diingat waktu kalian akan terkuras di saat itu. Jika kalian menyukainya kalian akan merasakan kenikmatan tersendiri dalam bidang ini.

5. Sakit Punggung, Leher, dan Rabun

Sakit punggung via http://res.cloudinary.com

Bekerja dibidang IT tentu harus bekerja selama mungkin di depan komputer. Meja kerja dengan komputer berspesifikasi tinggi ibarat rumah kedua. Kalian akan berlama-lama diatas kursi untuk menyelesaikan projek-projek yang harus diselesaikan.

Tak jarang kalian akan mengalami sakit dibagian punggung dan leher. kenyataan ini harus diterima. Sehingga kalian yang ingin berkarir di bidang IT harus pandai menjaga kesehatan tubuh. Cahaya komputer juga dapat merusak kondisi mata jika ditatap terus menerus. Rabun dan kacamata selalu identik dengan pekerjaan ini. Selalulah jaga kesehatan jika kalian berkarir di bidang ini.