Resep diet seringkali digunakan demi menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk badan yang diinginkan, padahal ada manfaat yang lebih besar daripada dua hal tersebut, yaitu hidup lebih sehat.

Biasanya, resep diet identik dengan makanan sehat yang memiliki rasa dan bentuk yang kurang sedap di lidah. Untuk menyanggah perkataan tersebut, di dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang resep diet yang lezat dan menarik yang bisa kamu coba.

Yuk, intip resepnya di bawah ini, mulai dari resep diet low carb, paleo, gluten free, vegan, dan vegetarian!

1. Super Green Bowls – Low Carbs

Super Green Bowls via https://journal.20fit.co.id

Resep diet low carb ini berisikan berbagai macam sayuran hijau dan sarat akan vitamin. Anda bisa menambahkan potongan daging ayam bagian dada, yang telah diberi bumbu alami seperti bubuk bawang, paprika, jinten, dan kayu manis.

Cara membuat:
1) Di panci besar, panaskan minyak zaitun dengan api sedang. Tumis bawang bombay selama satu atau dua menit, tambahkan bawang putih, lalu tumis selama satu menit.

2) Masukkan brokoli, daun bawang, dan brussels sprouts. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan minyak zaitun. Biarkan selama 4-5 menit, aduk sesekali.

Advertisement

3) Tambahkan kaldu, biarkan mendidih, tutup, dan diamkan selama 15-20 menit, sampai sayuran menjadi lunak.

4) Aduk bayam. Angkat panci dari kompor ketika bayam sudah layu.

5) Pindahkan sup ke food processor atau gunakan blender untuk menghaluskan sup. Sesuaikan kekentalan dengan menambahkan kaldu/susu/air. Beri garam dan merica secukupnya.

2. Crispy Honey Garlic Salmon – Paleo

Crispy Honey Garlic Salmon via https://journal.20fit.co.id

Salmon memang akan selalu pas untuk dimasukkan ke dalam menu diet Anda. Kandungan vitamin A, vitamin D, dan Omega 3 membuat salmon menjadi salah satu makanan sehat yang tentunya bermanfaat sangat baik untuk tubuh Anda.

Cara membuat:
1) Di dalam mangkuk kecil, campurkan madu, air perasan lemon, bawang putih, garam, dan merica. Tambahkan potongan fillet salmon di dalam kantong resealable Ziploc berukuran besar dan tuangkan bumbu tersebut. Keluarkan sebanyak mungkin udara di dalam kantong Ziploc lalu tutup rapat. Pastikan semua salmon terlapisi oleh bumbu. Diamkan selama 15 menit.

2) Panaskan wajan antilengket berukuran besar dengan api sedang lalu tuangkan minyak; pastikan seluruh permukaan wajan terlapisi oleh minyak. Masukkan fillet salmon ke dalam wajan dengan diberi jarak antara 1 dengan lainnnya. Tutup dan masak selama 3 menit. Buka tutup wajan sebentar, lalu tutup kembali selama 1 menit, dan balikkan salmon. Ulangi langkah yang sama; tutup, masak selama 3 menit, buka tutup dan masak 1 menit lagi. Jika wajan Anda tidak cukup besar, bagi menjadi 2 sesi masak.

3) Setelah matang, hias dengan daun bawang.

3. Extra Crispy Oven Baked French Fries – Gluten Free

Extra Crispy Oven Baked French Fries via https://journal.20fit.co.id

Kentang memang sangat nikmat untuk disantap. Daripada menggorengnya menggunakan banyak minyak (deepfrying), coba ikuti resep gluten free yang satu ini agar Anda tetap merasa aman ketika memakannya sebagai cemilan atau sebagai makan besar–karena kentang cukup membuat Anda kenyang, bukan?

Cara membuat:
1) Campurkan bahan-bahan untuk bumbu di mangkuk kecil.

2) Cuci dan kupas kentang. Potong ke-2 ujungnya. Dengan menggunakan pisau tajam, potong kira-kira 1/4 inch.

3) Letakkan kentang di mangkuk besar dan tuang air dingin. Diamkan selama 30 menit atau 24 jam (taruh di dalam kulkas apabila lebih dari 1 jam).

4) Keringkan dan cuci kentang, lalu letakkan di atas tisu dapur, tekan-tekan agar cepat kering.

5) Panaskan oven hingga 200 derajat Celcius. Lapisi loyang dengan alumunium foil dan semprotkan spray anti lengket.

6) Masukkan kentang ke dalam mangkuk kering, lalu tambahkan 1-2 sdm minyak dan 1/2 – 1 sdm campuran bumbu yang Anda buat. Aduk rata.

6) Letakkan kentang di atas loyang secara rapih dan beri jarak. Panggang selama 30 menit, balikkan kentang setiap 15 menit. Naikkan panas oven hingga 220 derajat Celcius dan biarkan terpanggang sampai kedua ujung kentang berwarna coklat.

7) Angkat, letakkan di piring saji. Taburi kentang dengan sisa campuran bumbu yang Anda buat dan tambahkan parutan parmesan. Sajikan segera saat hangat.

4. Simple Salty Sweet Potato Skin Chips – Vegan

Simple Salty Sweet Potato Skin Chips via https://journal.20fit.co.id

Yup! Bahkan kulit kentang manis pun bisa Anda santap.

Cara membuat:
1) Tuang minyak ke dalam panci besar dan panaskan sampai 175 derajat Celcius. Goreng kulit kentang manis, bolak-balik sampai berwarna coklat keemasan selama 1-3 menit tergantung ukuran.

2) Pindahkan ke atas tisu dapur untuk dikeringkan. Taburi garam laut dan rempah-rempah pilihan. Sajikan.

5. Roasted Bluebery Coconut Quinoa Parfaits with Coconut Granola – Vegetarian

Roasted Bluebery Coconut Quinoa Parfaits with Coconut Granola via https://journal.20fit.co.id

Siapa bilang kalau sedang menjalani diet, Anda tidak bisa makan menu desserts? Tentu saja bisa!

Cara membuat:
Untuk granola
1) Panaskan oven sampai 175 derajat Celcius. Lapisi loyang panggang dengan alumunium foil.

2) Di mangkuk besar, masukkan oats, kelapa serut, gula, kayu manis, dan garam. Lelehkan minyak kelapa lalu masukkan ke dalam campuran oats, tambahkan madu dan vanila. Aduk hingga menjadi lembap. Letakkan merata di loyang dan panggang selama 20-25 menit. Aduk setiap 5 menit. Keluarkan dan diamkan selama 10 menit.

Untuk parfaits
1) Panaskan oven sampai 175 derajat Celcius. Letakkan blueberry ke dalam loyang anti lengket dengan sedikit taburan garam. Masukkan ke dalam oven dan panggang selama 20 menit, atau sampai blueberry meletup. Keluarkan dari oven dan diamkan.

2) Masukkan quinoa dan santan ke dalam panci dan berikan taburan garam serta kelapa serut. Panaskan sampai mendidih, lalu kecilkan api dan tutup panci, masak selama 15 menit.

3) Ketika semua sudah siap, masukkan yogurt, blueberry panggang, quinoa kelapa, dan granola secara berurutan ke dalam gelas. Selamat makan!

Nah, itu semua adalah resep diet yang bisa Anda ikuti. Selamat mencoba!