Tak dapat dipungkiri, prospek dari bisnis rental mobil sangat menggiurkan. Kebutuhan akan sarana transportasi semakin tinggi dari tahun ke tahun. Di kota besar banyak sekali pelaku usaha baru bermunculan di bidang bisnis Rental Mobil ini. Namun banyak juga pelaku bisnis Rental Mobil tersebut berguguran satu demi satu. Lalu, apa saja sih yang perlu diketahui sebelum menjalankan bisnis rental mobil ?

Yuk, simak beberapa tips dibawah ini sehingga anda dapat memiliki gambaran dan pertimbangan sebelum menjalankan bisnis rental mobil!

 

1. Lihat perilaku pasar di kota anda

Lihat segment pasar anda

Lihat segment pasar anda via https://pixabay.com

Di setiap kota memiliki perilaku pasar yang berbeda-beda. Contohnya kota Surabaya, perilaku pasarnya lebih ke sektor korporat. Karena banyak sekali perusahaan besar berlokasi di sana. Tentunya sangat berbeda dengan kota Malang, dimana lebih terfokus ke sektor pariwisatanya.

Disini anda harus dapat melihat perilaku pasar di kota anda. Karena dari perilaku pasar tersebut dapat direncanakan strategi pemasaran yang tepat sasaran. Di awal, riset pasar sangat dibutuhkan. Sehingga perjalanan usaha anda akan terfokus pada satu misi yang telah ditetapkan.

Membangun sebuah usaha membutuhkan waktu, tenaga, pikiran, modal, dan niat yang kuat. Sehingga, agar semua hal tersebut tidak terbuang sia-sia,  tidak ada salahnya jika anda melakukan riset pasar terlebih dahulu.

2. Minimalisir kebutuhan modal yang besar

Minimalisir kebutuhan modal

Minimalisir kebutuhan modal via https://pixabay.com

Modal memang menjadi suatu hal yang sangat penting di awal berdirinya usaha rental mobil. Bisa dibayangkan, untuk membeli 1 unit mobil membutuhkan biaya 200Jt keatas. Belum modal lainnya seperti, modal operasional, modal pemesaran, dan lain-lain.

Kita patut bersyukur, apabila modal uang belum ada kita masih memiliki modal niat, modal waktu, modal tenaga, dan modal keberanian. So, untuk urusan modal usaha rental mobil dapat kita minimalisir dengan beberapa cara ini. 

1. Untuk kebutuhan ketersedian unit/armada di awal berdirinya usaha, anda dapat menggandeng salah satu rental mobil besar di kota anda dengan menawarkan kerjasama shared unit. Jadi, setiap ada customer yang ingin sewa mobil anda dapat menyewa mobil di rekanan anda. Tentunya dengan harga di bawah harga jual pasar. Memang tidak mudah mencari rekanan diatas, namun tetap perlu anda coba. Jaga trackrecord anda, sehingga kedepan rekan bisnis anda akan semakin percaya untuk bekerjasama dengan anda.

2. Masih dalam hal pemenuhan kebutuhan unit/armada. Anda dapat membuat sebuah konsep kerjasama, baik dengan sistem bagi hasil keuntungan atau dengan sistem lainnya. Tawarkan kepada relasi, teman, saudara, atau orang terdekat lainnya agar mereka mau bekerjasama dengan anda. Prinsinya, buat sebuah konsep dimana saling menguntungkan antara kedua belah pihak, dan tidak memberatkan salah satu pihak.

3. Jika anda memiliki cukup dana, anda dapat membeli secara cash atau kredit. Disini yang perlu kami sampaikan, apabila anda membeli unit secara kredit harap pertimbangan matang-matang dan hitung kembali besaran cicilan mobil anda. Diawal berdirinya usaha, kami lebih menyarankan menggunakan 2 cara diatas. Jika angka rata-rata profit bulanan sudah terlihat, baru anda dapat memperhitungkan apabila ingin membeli mobil sendiri, tentunya sebagai aset perusahaan anda.

4. Untuk kebutuhan modal lainnya, minimalisir sebisa mungkin dan lebih fokuskan pada sisi pemasaran. jika perlu anda dapat berposisi sebagai single fighter terlebih dahulu. Apabila usaha sudah berkembang, silahkan membangun team dengan tanggung jawab masing-masing.

3. Buat website sebagai identitas rental mobil anda

Contoh website travel

Contoh website travel via http://asatravel.biz

Pada era modern saat ini, peran digital sangat besar sekali. Pasar lebih memilih sesuatu yang simpel, mudah, dan tentunya murah. Buatlah website dimana calon customer anda dapat mengetahui keberadaan anda.

Banyak sekali platform yang dapat anda gunakan. Silahkan mencari di mbah google. Disana banyak sekali informasi dan panduan untuk membuat website. Hal ini juga dapat meminimalisir anggaran pemasaran anda. Mungkin hanya membutuhkan biaya hosting & domain. Buatlah yang simpel dan friendly. Sehingga calon customer akan nyaman saat melihat website rental mobil Anda.

4. Buat strategi pemasaran sederhana, untuk menggaet calon pelanggan anda

Bussines Plan itu penting

Bussines Plan itu penting via https://pixabay.com

Bussines Plan atau biasa disebut sebagai strategi marketing adalah sesuatu hal yang perlu di siapkan di awal berdirinya usaha. Setelah anda melakukan riset pasar, tentunya anda sudah mengerti kebutuhan pasar anda. Silahkan buat planning dalam memasarkan layanan rental mobil Anda. Tidak perlu membuat sedetail mungkin, buatlah secara bertahap. Buat 1 rencana, jalankan, dan review hasilnya. Jika anda rasa baik silahkan lanjutkan, jika hasilnya buruk decline saja rencana tersebut dan cari cara lainnya.

Jangan hanya terfokus pada 1 sisi bentuk pemasaran. Anda dapat melakukan pemasaran secara online atau offline. Silahkan coba dan kembangkan model strategi yang anda rencanakan. Jangan takut gagal dan nikmati proses demi proses. Apabila dalam strategi pemasaran anda terdapat sebuah cost, jangan takut untuk mencoba. Anggap cost tersebut sebagai biaya investasi anda. Namun berapapun cost yang keluar, tetap harus dihitung. Jangan sampai mempengaruhi keuangan perusahaan Anda.

5. Service Excelent ! Jaga kualitas layanan anda

Target layanan anda service excelent

Target layanan anda service excelent via https://pixabay.com

The goal as a company is to have customer service that is not just the best, but legendary. – Sam Walton

Service menjadi sangat penting dalam bidang usaha ini. Sehingga anda harus membuat SOP (Standart Operational Procedure), baik kepada driver atau admin operasional anda. Terus perbarui SOP anda apabila mendapati permasalahan mengenai kualitas layanan anda.

Pelajari perilaku dan kebutuhan pasar anda, jika kualitas layanan anda baik bukan tidak mungkin customer anda akan merekomendasikan kepada relasinya. Jika perlu, buat survey kepuasan pelanggan sehingga anda dapat mengkontrol kualitas layanan anda.

Jangan lelah berbenah, karena memberikan layanan terbaik tidak hanya menjalankan prosedur sesuai SOP. Tapi lebih melihat tercapainya kebutuhan customer anda.

6. Fokus dan analisa hasil kerja anda

Terus Fokus

Terus Fokus via https://pixabay.com

Keberhasilan membangun usaha rental mobil anda tergantung dari anda sendiri. Di dunia ini tidak ada seorang wirausahawan yang tidak pernah gagal. Jika berwirausaha begitu mudah, maka di dunia ini semua orang akan berhasil.

Teruslah fokus pada planning yang telah anda buat, terus review hasil dari kinerja anda. Dan yang paling penting, nikmati semua proses yang ada.

Salam Sukses ...