Kamu masih bingung menentukan prospek kerja di masa depan? Suka jalan-jalan dan punya keinginan buat keliling dunia? Mau pekerjaan dengan jenjang kerja yang jelas dan gaji besar? Kenapa nggak coba jadi diplomat aja?

Apa sih diplomat itu? Diplomat adalah mereka yang bekerja sebagai perwakilan dari suatu negara dalam berhubungan dengan negara lain, dimana para diplomat ini biasanya ditempatkan tersebar di berbagai negara di luar negaranya. So, nggak salah dong kalo dibilang kehidupan sebagai seorang diplomat itu asyik. Bisa jalan-jalan ke berbagai negara, ketemu orang-orang penting, sampai ngopi berjam-jam di kafe sembari menyelesaikan kerjaan. Enak, kan?

Eits, tapi untuk dapet kerja yang bagus perlu usaha yang besar juga. So, check it out tips-tips berikut yang bisa kamu ikutin untuk jadi seorang diplomat sukses.

 

1. Belajar Giat dan Masuk Jurusan Hubungan Internasional

Untitled

Untitled via http://favim.com

Yup, salah satu jurusan yang banyak menjebolkan diplomat-diplomat ternama adalah Hubungan Internasional. Di Indonesia, banyak banget universitas negeri maupun swasta yang punya jurusan ini, so giat belajar supaya kamu tembus ke salah satu universitas terbaik dan bisa menuntut ilmu secara maksimal buat jadi seorang diplomat.

2. Belajar Banyak Bahasa Asing

Learn a New Language

Learn a New Language via https://www.tumblr.com

Karena seorang diplomat bakal banyak berinteraksi sama orang-orang penting dari berbagai negara Jadi, penting banget buat kamu yang mau jadi diplomat untuk menguasai seenggaknya 2 bahasa asing yang diakui secara internasional. Yuk, buruan datengin tempat-tempat les bahasa asing di sekitar kamu dan daftarin diri kamu sebelum terlambat!

3. Ikut Kegiatan Pertukaran Pelajar ke Luar Negeri

Outgoing Exchange

Outgoing Exchange via http://camosun.ca

Di sekitar kamu banyak banget peluang beasiswa untuk program pertukaran pelajar secara gratis, loh! Kalau kamu merasa punya dana lebih, kamu juga bisa ikut program pertukaran pelajar secara berbayar dengan pengalaman yang lebih oke juga tentunya. Dengan jadi seorang exchange student, kamu bisa belajar banyak tentang budaya dan cara hidup di negara asing, yang tentunya akan membantu kamu buat beradaptasi kelak saat kamu jadi seorang diplomat dan tinggal jauh dari Indonesia. Jangan lupa masukkin pengalamanmu ke CV, ya!

4. Magang di Berbagai Lembaga Internasional

Supaya kamu setelah lulus kuliah nanti bakal gampang diterima kerja sebagai diplomat muda, sering-sering lah magang di berbagai perwakilan lembaga internasional yang ada di Indonesia. Tentunya lulusan dengan pengalaman kerja yang lebih banyak akan diutamakan saat wawancara kerja. Itung-itung buat networking dan juga bikin pergaulan kamu makin luas.

5. Ikut Simulasi Sidang PBB

New York National Model United Nations

New York National Model United Nations via https://www.coleurope.eu

Let’s get real, here. Jadi diplomat itu nggak gampang. Saingan kamu bukan cuma mahasiswa yang ada di dalam negeri aja, tapi juga mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri. Satu hal yang nggak banyak disadari adalah lebih banyaknya pengalaman mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri akan simulasi dunia kerja, karena di Indonesia hal itu belum diketahui secara luas oleh mereka yang mau jadi diplomat. Salah satunya adalah simulasi sidang PBB.

Apa sih simulasi sidang PBB? PBB itu sendiri bisa dibilang adalah ‘lembaga pusat’ dan wadah dimana negara-negara di dunia saling berkumpul dan membahas berbagai fenomena internasional yang ada. Bisa dibilang ini nih ranahnya para diplomat untuk unjuk gigi menyuarakan negaranya masing-masing. Sebagai persiapan, penting banget buat kamu yang mau jadi diplomat buat ikut simulasi ini.

Di Indonesia sendiri udah banyak universitas yang menyelenggarakan simulasi sidang PBB ini, salah satunya yang paling kece adalah Padjadjaran Model United Nations 2017 yang diselenggarakan oleh anak-anak Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran, yang notabene sekarang lagi buka pendaftaran peserta loh! Dengan ikutan simulasi sidang PBB kayak Padjadjaran Model United Nations 2017 ini, kamu bakal ketemu banyak pelajar asing maupun lokal dan bisa sharing pemikiran untuk memecahkan berbagai permasalahan dunia.

Intinya, untuk bisa jadi seorang diplomat sukses, kamu butuh bekal yang cukup buat ngalahin para saingan kamu nantinya. Semoga dengan menjalankan tips-tips di atas, kamu bisa selangkah lebih dekat untuk jadi seorang diplomat yang sukses ya!