Pasti kamu pernah merasa sudah nyaman banget sama pekerjaanmu sekarang bukan? Tetapi selalu ada orang lain yang lebih baik dalam keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang membedakan sehingga mereka lebih unggul dibanding kamu.

Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana caranya supaya kamu menjadi yang terbaik, walau pesaingmu lebih unggul dalam hal bertahan di suatu pekerjaan? Nah, 5 strategi ini membantu kamu menjadi pekerja yang sukses dalam mempertahankan karir? Yuk, simak!

 

1. Jatuh cintalah pada pekerjaan kamu sejatuh-jatuhnya, agar rezeki dan keberuntungan datang dengan sendirinya

i love my job

i love my job via http://pexels.com

Pekerjaan adalah cinta yang berwujud!

Selain jatuh cinta kepada seseorang, jatuh cinta kepada pekerjaan itu sama penting nya, lho. Kenapa? Karena dengan mencintai pekerjaan, selain kamu dapat bekerja dengan efektif, karir kamu juga akan berkembang.

Dengan jatuh cinta kepada pekerjaan pun jauh lebih mungkin kamu meraih kesuksesan. Tak heran jika kita menemukan seseorang yang terampil dalam pekerjaannya namun tidak mencintai apa yang mereka lakukan sekarang. Jika kamu cinta menulis; jadilah seorang writer, jika kamu cinta terhadap hal berbau foto; jadilah fotografer, dengan begitu karir kamu akan mengalami kemajuan. Kalau kamu mendapatkan reward atas pekerjaan yang kamu cintai anggaplah itu sebagai bonus.

So, tunggu apalagi? Yuk mulai mencintai pekerjaan kamu sekarang!

2. Jangan mider dan perluaslah jaringan selagi masih muda dan memiliki banyak waktu luang

Network

Network via http://pexels.com

Jangan hanya menjadi pelaut di pesisir.

Loncatlah ke kapal yang lain dan berlayarlah hingga ke kaki langit.

Jangan berhenti di sini maksudnya adalah kamu harus loncat dari pekerjaan kamu sekarang. Coba bayangkan jika kamu bekerja bertahun-tahun di pekerjaan yang sama dan hanya diam saja. Pasti kamu merasa bosan dan butuh tantangan yang baru.

Dengan tidak berhenti di pekerjaan yang sama dan pindah ke pekerjaan yang baru, kamu dapat mendapatkan pengalaman, keterampilan dan pengetahuan baru yang akan berguna suatu saat nanti nya.

Selain itu, memperluas jaringan tidak kalah pentingnya. Karena dengan memperluas jaringan dan membangun jaringan, kita akan jadi lebih baik. Pun kamu akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang kamu mau, karena kamu sudah banyak mempunyai kenalan di bidang profesi tersebut. Dengan memperluas jaringan, kamu akan mudah mendapatkan saran yang tepat dengan orang yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Daftar koneksi merupakan salah satu aset yang penting!

3. Jangan kecewakan orang lain dan jadilah orang yang dapat diandalkan dalam situasi apapun

handshake

handshake via http://pexels.com

Setiap manusia, yang dipegang adalah omongannya.

Bagaimana perasaan kamu jika dikecewakan? Sakit, bukan? Apalagi kalau sama kekasih.

Sama halnya dengan itu, customer dan atasan kamu juga pasti juga akan kecewa jika kamu tidak menjalankan apa yang telah kamu ucapkan. Ibaratnya kamu hanya omong doang atau obral janji (lips services). Dengan begitu kamu bisa dicap sebagai orang yang tidak dapat diandalkan dan mengakibatkan orang lain mengalami kerugian.

Ada berbagai cara supaya kamu bisa menjadi orang yang dapat diandalkan dan tidak mengecewakan orang lain diantaranya: selalu hadir jika dibutuhkan, datang ke kantor tepat waktu, selalu mengirimkan dan menghasilkan sesuatu sesuai jadwal, membuat komitmen dan menepatinya, dan selalu menyediakan dokumentasi jika dibutuhkan. Simple banget, kok!

4. Tidak ada yang bisa mengalahkan 'ajaibnya' dari bekerja keras. Masa depanmu ditentukan di sini!

Tak Ada Kesuksesan Tanpa Kerja Keras

Tak Ada Kesuksesan Tanpa Kerja Keras via https://pexels.com

Kerja keras untuk menjadi lebih baik, bukan atas takaran orang lain, namun lebih baik dari kita yang kemarin

Kebanyakan orang pasti beranggapan bahwa kerja keras itu melelahkan dan banyak menguras tenaga. Jadi mereka memilih untuk bekerja sesuai jam kerja dan aturan yang ada. Mulai sekarang hilangkan anggapan seperti itu, karena kerja keras disini bukan berarti membiarkan tenaga kamu dieksploitasi, tapi mengerahkan upaya agar mencapai hasil yang ditargetkan oleh perusahaan.

Kerja keras juga dapat membantu kamu memajukan karir di saat kamu dapat menunjukkan kontribusi lebih dibanding yang lain, pada saat bersaing untuk mendapatkan promosi suatu jabatan. Dengan bekerja keras juga mencerminkan bahwa kamu berusaha gigih untuk bertahan di suatu pekerjaan. Yuk mulai sekarang kita bekerja keras karena realitasnya yang bekerja paling keras akan jauh lebih makmur.

5. Bukan cari perhatian, tapi tampilah sebaik mungkin di depan atasan

Two people talking

Two people talking via http://pexels.com

Jika anda tidak terlihat di dalam organisasi anda, maka anda akan tertinggal di tengah kegelapan.

Ketika ada suatu acara karyawan, pasti seorang dewan direksi tidak mengenal semua pegawainya yang banyak sekali. Nah, di sini saatnya kamu untuk membuat diri kamu terlihat oleh atasan dengan mengajaknya mengobrol dan memastikan bahwa mereka mengingat nama kamu dan divisi kamu.

Selain cara tersebut, keterlihatan juga dilihat ketika sedang rapat kerja dan kamu mengajukan suatu pertanyaan atau menyampaikan pendapat yang membantu. Yang penting adalah kamu didengar dan terlihat.

Dengan menjadi terlihat, nama kamu akan ditandai dan ingat pertama kali ketika sang atasan membutuhkan bantuan dari bawahan. Jika kamu jarang terlihat, maka kecil kemungkinannya bahwa kamu akan diperhitungkan. Kamu juga sebaiknya jangan menjadi karyawan yang takut terhadap atasan karena takut salah jika mengatakan sesuatu hal. Mulai sekarang buatlah dirimu terlihat oleh atasan!

Selama mencoba dan salam sukses, guys!