1. Angry Mom

Kim Hee Sun and Kim Yoo Jung on Angry Mom via https://www.google.co.id

Drama yang mengangkat tema bullying ini tidak hanya sekedar menyuguhkan kita kisah tentang bullying yang dialami seorang gadis remaja di sekolahnya, namun menyuguhkan kita tentang perjuangan seorang ibu untuk melindungi anaknya yang menjadi korban bully di sekolah, juga tentang bagaimana banyaknya faktor yang dapat menyebabkan praktek bully terjadi di sekolah-sekolah. Bersama Bang Wool Ahjumaa (Kim Hee Sun) dkk. kita akan diajak untuk membongkar setiap kebusukan yang ada di sekolah tempat anaknya belajar.

2. Pinocchio

Lee Jong Suk on Pinocchio via https://www.google.co.id

Drama yang diperankan oleh aktor terkenal Lee Jong Suk dan Park Shin Hye ini mengangkat cerita tentang dunia reportase dan pemberitaan. Dari drama ini kita bisa belajar bagaimana seorang reporter yang baik itu harusnya memberitakan berita sesuai dengan fakta dan realita yang terjadi di lapangan. Drama ini juga seharusnya bisa menyadarkan kita bahwa seorang reporter itu punya tanggungjawab untuk menyampaikan berita sebenar-benarnya, bukannya malah memutarbalikkan fakta dalam berita dan menjadikan berita sebagai alat untuk menggiring opini masyarakat.

3. 38 Task Force

38 Task Force via https://www.google.co.id

Advertisement

Drama ini menceritakan tentang seorang pegawai negeri sipil di bagian perpajakan yang sangat gigih mengejar para orang-orang yang mangkir dalam menunaikan kewajibannya membayar pajak. Dibintangi oleh dua aktor Korea yang sudah tidak diragukan lagi kualitas aktingnya, Ma Dong Seok dan Seo In Guk, keduanya menampilkan kolaborasi akting yang luar biasa. Ma Dong Seok dan Seo In Guk akan mengajak kita berpetualang memburu para perampok uang rakyat dengan cara-cara yang tidak biasa. Mereka melakukan segala cara untuk mendapatkan uang pajak yang seharusnya dibayarkan kepada negara itu, bahkan tidak terkecuali dengan cara menipu. Dari drama ini setidaknya kita bisa belajar bahwa mungkin ada baiknya para perampok uang rakyat di Indonesia juga kita musnahkan dengan cara yang dilakukan oleh pasukan 38 Task Force. Biar musnah semuanya hehehehe..

4. Reply 1988

Ssangmundong’s family via https://www.google.co.id

Drama yang sempat menjadi perbincangan hangat para netizen baik di dalam maupun di luar Korea ini memang menyuguhkan kepada kita seputar kehidupan sosial manusia dalam satu lingkungan yang sama. Seri ketiga dari Reply Series ini mengangkat berbagai kisah yang masing-masing bisa kita ambil pelajaran yang terselip di dalamnya, mulai dari keluarga, sahabat, hingga percintaan. Salah satu hal kecil yang dapat kita ambil pelajarannya adalah bagaimana kehidupan bertetangga yang seharusnya kita lakukan. Selain berfokus pada kisah cinta para pemainnya, Relpy 1988 memang menitikberatkan juga ke bagaimana kehidupan bersosial di suatu lingkungan yang terjadi pada masa itu. Dari drama ini kita benar-benar bisa belajar bagaimana seharusnya kita memperlakukan tetangga kita yang hidup berdampingan bersama di sebuah komplek yang sama.

5. Playful Kiss

Oh Ha Ni si lugu nan polos, tapi berjiwa positif via https://www.google.co.id

Drama ini memang terbilang lawas karena ditayangkan pada tahun 2010 silam, namun drama ini menjadi salah satu drama yang sampai saat ini selalu penulis ingat ceritanya hehehe. Playful Kiss mengisahkan perjuangan seorang gadis lugu dan polos dalam mendapatkan cinta dari cinta pertamanya yang sudah ia sukai selama empat tahun. Dari drama ini kita bisa belajar bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, asal kita tetap bersungguh-sungguh pasti ada saja jalan yang terbuka untuk kita menuju apa yang ingin kita dapatkan itu. Dari drama ini penulis belajar tentang perjuangan Oh Ha Ni (Jung So Min) yang selalu pantang menyerah untuk mendapatkan cinta pujaan hatinya. Semangat positif yang dimilikinya juga menjadi satu hal yang penulis ingat sampai sekarang dan menjadikan penulis untuk selalu berusaha positif dalam setiap hal yang penulis lakukan. Mungkin dengan nonton drama ini, kamu juga bisa belajar jadi positif seperti penulis hehehe…