Natal merupakan hari raya umat Kristen yang diperingati setiap tahun pada tanggal 25 Desember oleh umat Kristiani untuk memperingati hari kelahiran Yesus Kristus. Sebentar lagi natal pun tiba! Ketika menyambut hari raya natal, tentu identik untuk menghias dan mendekor rumah dengan ornamen natal. Tahukah kamu, ternyata dekorasi natal tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Penasaran ide kreatif bernuansa natal apa saja yang bisa kalian buat sendiri dengan kertas origami? Ini dia 5 ide kreatif membuat dekorasi natal  dengan kertas origami. 

 

 

1. Pohon Natal Tidak Selalu Besar. Kini, Bentuk Pohon Natal Ada Versi Mini-nya

Pohon natal origami ini bisa menghias meja belajarmu

Pohon natal origami ini bisa menghias meja belajarmu via https://www.vingle.net

Pohon natal selalu dibayangkan sebagai pohon yang besar. Sekarang, saatnya membuat pohon natal versi mini. Cara membuat pohon natal mini ini bisa menggunakan kertas origami jenis apa saja untuk membuat pohon natal yang kreatif. Untuk mengetahui cara melipat kertas origami berbentuk pohon natal bisa dilihat pada gambar di atas. Pohon natal mini bisa kalian pajang di meja belajar maupun pada lemari kaca. 

Pilihlah warna hijau yang menggambarkan warna pohon, sehingga bentuknya akan terlihat menyerupai layaknya pohon asli berukuran mini. Mudah bukan? Kamu tidak perlu harus membeli pohon natal untuk menyambut hari raya natal.

2. Kartu Natal Santa Claus Siap Mengucap Selamat Hari Natal!

Buat kartu ucapan berbentuk santa

Buat kartu ucapan berbentuk santa via http://www.webcooltips.com

Perayaan hari natal sangat identik dengan kehadiran Santa Claus. Siapa yang tidak kenal Santa? Ya, santa adalah salah satu ikon dalam perayaan natal. Dengan berbahan dasar kertas origami, kamu bisa membuat Santa Claus. Bahkan kamu, juga bisa membuat kartu ucapan berbentuk Santa Claus untuk mengucapkan selamat hari raya natal kepada keluarga, sahabat, teman kerja maupun pacar. 

Ini adalah salah satu cara mudah membuat kartu natal bergambar Santa Claus yang bisa kamu kreasikan semenarik mungkin.

3. Serpihan Salju Ada di Pintu Kamarmu!

Serpihan salju membuatmu suasana natal terasa nyata

Serpihan salju membuatmu suasana natal terasa nyata via http://howaboutorange.blogspot.co.id

Baik dinding maupun pintu kamar di dalam rumah memang terasa kosong bila tidak dihias. Kini, saatnya membuat rumahmu terlihat merayakan natal di musim dingin dengan serpihan salju yang terbuat dari origami. Serpihan salju dikenal juga dengan sebutan bunga salju. Cara membuat serpihan salju ini cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan kertas origami ataupun kertas karton. Kemudian lipatlah dengan bentuk segita secara berkali-kali hingga kertas origami mengecil. Setelah itu, guntinglah sesuai pola yang kamu inginkan. 

Selanjutnya, pasanglah serpihan salju pada dinding maupun pintu di dalam rumah sesuai arah yang diinginkan. Pilihlah kertas origami dengan warna yang menarik. Agar serpihan salju origami ini terlihat menyita pandangan. 

4. Christmas Wreath, Tergantung Manis di Depan Pintu Rumahmu

Hias pintu rumahmu dengan origami chirstmas wreath

Hias pintu rumahmu dengan origami chirstmas wreath via http://angsandy.blogspot.co.id

Ternyata, kertas origami bisa juga dijadikan sebagai dekorasi 3 dimensi. Dekorasi 3 dimensi ini adalah wreath christmas. Untuk membuatnya kamu perlu menggunakan kertas origami beragam warna untuk melipatnya agar terlihat lebih menarik. Pertama, kamu perlu menggambar pola garis agar sama sejajar di kertas origami. Garis ini memudahkan kamu untuk melipat. Setelah itu, lipatlah sesuai tutorial yang ada pada blog ini.

Wreath adalah rangkaian daun-daun maupun bunga yang dibentuk menyerupai lingkaran. Biasanya, wreath terpajang di depan pintu rumah ketika menyambut hari natal. 

5. Pita Origami Untuk Pemanis Kado Natal

Bungkus kado dengan pita buatan sendiri

Bungkus kado dengan pita buatan sendiri via https://www.pinterest.com

Tukar kado dalam pesta natal adalah salah satu hal umum yang dilakukan untuk menyambut hari natal. Tentunya, memberi kado bagi seseorang yang spesial, kurang lengkap apabila tidak disertai pita pemanis di atas kotak kado. Untuk membuat pita origami ini, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah melipat pada gambar di atas. Gunakan kertas origami beraneka ragam corak dan warna untuk membuat pita kado anda terlihat menarik secara visual. Pita hiasan dari kertas origami ini tentu membuat kado natal anda terlilhat lebih istimewa.