Siapa tak kenal Bapak B J Habibie , Presiden Indonesia yang ke 3 sekaligus orang pertama yang menggagas industri pesawat Dirgantara di Indonesia ini memilik kisah hidup yang penuh perjuangan dan sangat menginspirasi hingga kisahnya diangkat di film yang berjudul Rudy Habibie ,pada film ini perjuangan bapak Habibie yang di perankan oleh Reza Rahardyan dimulai dari kuliah di German ,Banyak sekali cobaan yang di hadapi ,dari mulai cobaan fisik sampai asmara ,Namun ada beberapa kalimat yang terucap di film ini yang membuat Rudy kuat menghadapi cobaan yang ada .Berikut 5 kalimat inspiratif dari film Rudy Habibie :

1. “Hey Bung, saya baru tahu kecerdasan seseorang ditentukan dari warna paspor”

SCREENSHOOT FILM RUDY HABIBIE via https://www.facebook.com

Kalimat ini adalah sindiran Rudy kepada bung Panca dan mahasiswa mantan lascar pelajar yang mengejeknya karena berpaspor hijau(bukan ikatan dinas) . kelihatanya negative ,tapi itu adalah cara agar tidak selalu di tindas oleh mereka . Kalimat ini juga bisa menjadi pelajaran bagi kita . bahwasanya jangan menilai orang sekedar dari luarnya .bisa saja orang yang terlihat biasa saja malah lebih pintar dari kita yang menilainya .Dan pelajaran selanjutnya dari kalimat ini yakni jangan pernah takut ketika ditindas , bukan berarti balas dendam,tapi kita harus melakukan sesuatu supaya tidak di permalukan dan caranya harus tepat dan elegan .

2. Jadilah mata air

SCREENSHOOT FILM RUDY HABIBIE via https://www.facebook.com

Analogi mata air ini disampaikan oleh ayah rudy kepada rudy ketika masih kecil .“Rudy,kamu harus menjadi mata air,kalau kamu baik pasti di sekitarmu akan baik,tapi kalau kamu kotor pasti disekelilingmu akan mati .Ada banyak sekali orang di muka bumi ini,banyak sekali ragamnya.Jangan sampai kamu lukai mereka.itu intinya “,Kata ayah rudy.Kalimat ini lah yang menjadikan Rudy tidak menyerah ketika banyk cobaan yang datang untuk menghentikan Seminar Pembangunan yang notabenya menjadi awal Industri Pesawat Dirgantara.

Advertisement

Dalam menjalani kehidupan kita perlu menerapkan analogi mata air ini .kita harus menjadi jernih meski di sekitar kita kotor ,karena jernih disini bukan ketetapan takdir,tapi Karena pilihan kita ,Percayalah kalau kamu jernih maka sekitarmu akan mengikuti mu ,dan bawalah aliran mata air mu ke keluarga mu ke teman teman mu, bahkan ke Indonesia.Memang tidak mudah menjadi mata air yang jernih,untuk itu berjuanglah .ingat !!Mata air selalu muncul di tanah yang bergolak .

3. Buat apa merdeka kalau tanpa integritas?

SCREENSHOOT FILM RUDY HABIBIE via https://www.facebook.com

Keberanian Rudy kembali teruji ketika menolak mencantumkan sponsor pemerintah Indonesia sebagai sponsor utama.Alasanya Seminar pembangunan tidak di buat untuk pemerintah,Inspiratornya adalah penderitaan rakyat .Klimaks nya ketika menghadap bapak kedubes untuk mengirim surat penolakan,Sempat ada ketegangan antara Rudy dengan bapak kedubes,tetapi akhirnya Bapak kedubes berubah 180 derajad menjadi mendukung seminar pembangunan Rudy setelah rudy mengucapkan kalimat ”Saat ini saya sedang membela integritas Negara saya ,buat apa merdeka kalau tanpa integritas pak”,

Apa yang dilakukan Rudy ini adalah contoh penggambaran analogi mata air ,Rudy berbuat kebaikan dengan membela integritas negaranya,maka Bapak kedubes menjadi baik kepadanya .

Pelajaran selanjutnya yakni tentang integritas ,Sebaiknya kita menjaga integritas pribadi dahulu ,karena Integritas negara suatu kaum d tentukan dari integritas kaum tersebut .Integritas juga yang membuat orang dipercayai

4. Rudy ingin buatkan pesawat untuk mami, untuk Indonesia

screenshoot film Rudy Habibie via https://www.facebook.com

Kalimat ini adalah bentuk perjuangan pantang menyerah rudy untuk mencapai cita cita2mulianya .tidak Cuma untuk keluarganya tetapi untuk Indonesia .
bayangkan pada zaman dahulu orang indonesia berjuang membuat industry pesawat.kedengaranya gila di mata teman temanya,tapi tekat kuat yang membuat Rudy bisa mewujudkannya . Pesan yang tersirat di kalimat ini yakni bermimpi lah yang tinggi .kemudian tekatkan diri dan konsisten untuk mewujudkanya .Kalaupun Impian kita salah atau tidak sesuai dengan passion,Tuhan akan menunjukan dengan cara yang lebih baik .

5. Faktanya aku cinta Indonesia, Masalahnya aku cinta Indonesia. Solusinya aku cinta Indonesia

screenshoot dari film Rudy Habibie via https://www.facebook.com

Tidak cuma masalah seminar pembangunan ,di film ini juga mengisahkan masalah Asmara yang kandas Rudy dengan Ilona,

Faktanya, Masalah dan solusi semuanya karena Rudy Cinta Indonesia. Intinya adalah Rudy rela mengorbankan cintanya kepada Illona demi mengedepankan kepentingan Indonesia ,karena jika Rudy memilih untuk bersama illona ,Industri Pesawat Indonesia akan terbengkalai.Keputusan ini sangat mulia.Tidak banyak orang di dunia ini yang mau merelakan cinta nya demi negaranya .

Untuk itu mari kita sama sama mencintai Indonesia,Jadilah mata air yang mengalir sampai penjuru Indonesia!