Apa Itu Street photography? Menurut saya street photography adalah merekam/mengcapture segala kejadian aktivitas di ruang publik (public space), transportasi, dan di jalanan tanpa ada rekayasa di dalamnya, semuanya terjadi spontan dan tidak diduga duga, tidak harus street photography itu ada subjek orang di dalam nya mungkin benda benda sekalipun yang ada dijalanan itu termasuk street photography selama tidak ada rekayasa dan fotonya di ambil di jalanan/tempat umum. Nah, ada beberapa teknik yang biasanya digunakan dalam street photography, oke langsung saja kita cekidot!

 

1. Teknik Congkel ( Low Angle )

Teknik Low Angle

Teknik Low Angle via https://www.instagram.com

Teknik Congkel ( Low Angle ) Memanfaatkan Low Angle dalam mengambil gambar menyuguhkan hasil yang berbeda dari pada yang lain. di dalam streetphotography angle 'nakal' menjadi teknik yang cukup penting demi menghasilkan karya streetphotography yang beda dari pada yang lain.

2. Teknik Kue Lapis ( Layering )

Teknik Layering

Teknik Layering via https://www.instagram.com

Teknik Kue Lapis ( Layering ) menurut saya teknik ini memang paling sulit di dalam streetphotography karena subjek diharuskan tidak saling menumpuk atau overlap. subjek harus mengisi satu frame penuh tanpa adanya pengaturan subjek semuanya terjadi begitu saja tanpa rekayasa. ketika membuat layering di sarankan lebih baik menggunakan burts mode.

3. Teknik Shade And Light

Teknik Shade And Light

Teknik Shade And Light via https://www.instagram.com

Teknik Shade And Light ini memanfaatkan cahaya gelap terang seperti foto di atas, bermain shade and light lebih baik ketika cahaya matahari sedang cerah seperti di pagi,siang,sore hari. kita tinggal mencari dimana jatuhnya cahaya gelap dan terang lalu kita tinggal menunggu moment yang benar benar tepat untuk dijadikan streetphotography.

4. Teknik Juxtaposition

Teknik Juxtaposition

Teknik Juxtaposition via https://www.instagram.com

Teknik Juxtaposition ini memanfaatkan background dengan tulisan tulisan atau gambar gambar yang ada di jalanan/public area. seperti foto diatas saya memanfaatkan tulisan yang ada dijalanan lalu saya menunggu moment sampai ada subjek yang lewat seperti gambar diatas. teknik ini membuat foto lebih bercerita dan mungkin lebih mudah dipahami oleh pembaca/penikmat foto kita.

5. Teknik Framing

Teknik Framing

Teknik Framing via https://www.instagram.com

Teknik Framing ini tidak kalah penting dari teknik teknik sebelumnya, kita harus mengasah kemampuan art of framing kita. Di dalam street photography bukan hanya moment yang berperan penting tetapi framing ini juga cukup penting agar kita bisa menghasilkan karya street photography yang bagus. seperti foto diatas saya memanfaatkan frame dari kaca yang menggantung di pohon dan kebetulan ada patulan refleksi dari seorang bapak bapak yang sedang duduk.