Timor hau hadomi o, hadomi domi domi, hau hadomi o.

Petikan lirik lagu berbahasa tetum yang artinya Timor saya sayang kamu, sayang sayang sayang, saya sayang kamu. Lirik lagu tersebut menggambarkan rasa cinta dan bangga masyarakat Timor Leste terhadap alam dan tanahnya.

Negara yang merupakan eks provinsi ke -27 Indonesia ini juga menyimpan banyak pesona wanita-wanita eksotis yang rasanya sayang jika tidak diajak berkenalan. Wanita-wanita Timor Leste secara geo-kultural memiliki kemiripan wajah dan bentuk fisik dengan wilayah Timur Indonesia, hanya saja wanita Timor Leste itu lebih eksotis lagi, terutama sifat dan karakternya.

Kebanyakan wanita Timor Leste memiliki garis muka yang tajam. Hal tersebut menyiratkan sikap tabah dan pekerja keras dari sosok wanita Timor Leste. Dikaruniai bentang lahan yang kering dengan topografi perbukitan karang, mau tidak mau suka tidak suka membuat masyakarat Timor Leste, khususnya wanita-wanitanya juga harus siap bekerja untuk membuka lahan guna menggarap perkebunan.

Dari semuanya itu, berikut alasan mengapa wanita Timor Leste keren dan pantas dijadikan calon istrimu!

1. Wanita Timor Leste itu paling mengerti dengan makna hidup dan perubahannya

https://www.google.com via http://www.girlsnotbrides.org

Gak tau alasan persis yang melatarbelakangi mengapa sifat pengertian dan ikhlas selalu melekat dalam diri wanita Timor Leste. Wanita Timor Leste akan mengerti segala bentuk perubahan kehidupan dari contoh-contoh yang pernah terjadi dalam sejarah keluarga mereka.

Konflik dan perang saudara yang pernah terjadi di tahun 1975, 1999, dan tahun 2006 merupakan bentuk permakluman wanita Timor Leste apabila melihat situasi perubahan yang serba mendadak. Orang yang kaya menjadi miskin, keluarga yang sebelumnya utuh menjadi tidak utuh akibat konflik, hingga menerima dan sabar dalam menjalani kehidupan yang susah.

Karakter yang demikian hampir dimiliki oleh hampir sebagian besar wanita Timor Leste. Jadi, kalau punya istri yang sabar dan pengertian masuk ke dalam kriteriamu. Gak ada salahnya wanita Timor Leste bisa jadi opsi yang pas untuk kamu.

2. Wanita Timor Leste paling tidak suka diajak bercanda dengan hal-hal yang tidak penting

https://www.google.com via http://www.timorlesteembassy.org

Advertisement

Ini juga yang membuat unsur pembeda yang positif dari sosok wanita Timor Leste. Kebanyakan dari wanita Timor Leste sangat tidak suka diajak bercanda terhadap hal-hal yang bersifat menghina orang lain atau membicarakan keburukan orang lain sebagai bahan bercandaan.

Kalau ada yang berbicara demikian di depan mereka, maka mereka akan diam saja dan terkesan apatis terhadap bahan pembicaraan tersebut. Karena jujur wanita Timor Leste sangat mengerti bahwa keburukan orang lain tidak pantas untuk dibicarakan ramai-ramai atau dijadikan bahan bercandaan.

Jadi kalau mau ngajak bercanda dengan wanita Timor Leste, cukup bercandain bahan candaan komedi yang netral saja. Wanita Timor Leste sangat menjaga nama baik dan martabat suami, teman, dan keluarganya. Sungguh calon istri yang ideall banget.

3. Jika dia menikahi kamu, maka dia juga seperti menikahi keluargamu, itu sampai kapan pun

https://www.google.com via http://devpolicy.org

Konsep persaudaraan sangat mengalir di darah wanita Timor Leste. Jika dia menikah, maka semua keluarga suaminya telah dianggap sebagai keluarganya. Segala keterlibatan suami dalam urusan keluarga, bisa di-handle oleh tangan dingin wanita Timor Leste. Jadi tanggung jawab bukan terhadap anak saja, tetapi juga tanggung jawab dengan segala urusan dan masalah yang membawa nama keluarga besar.

Hal tersebut sangat beralasan sebab lingkungan adat yang ada di Pulau Timor dan Juga Timor Leste masih sangat kental. Jadi wanita Timor Leste sulit untuk pisah dengan suaminya sekali pun perasaannya telah remuk dan dia telah tersakiti. Mungkin karena rasa cintanya yang terlalu dalam, mereka rela berkorban dan memberikan maaf. Salut!

4. Nggak harus mapan banget halau niat ngelamar Wanita Timor Leste, cukup sanggup bayar belis aja itu udah cukup kok

https://www.google.com via http://timorlesteculture.blogspot.co.id

Belis sama artinya dengan mas kawin dalam bahasa tetum Timor Leste. Tolak ukur tanggung jawab seorang pria yang siap menikah, akan terlihat dari kemampuan dia membayar belis.

Belis yang dibayarkan tergantung dari permintaan keluarga dan ikatan adat setempat. Harga Belis untuk calon istri juga bisa dilihat dari harga belis yang pernah diperoleh oleh ibu dari calon wanita tersebut, biasanya harga belisnya beda beda tipis. Belis yang diberi bisa berupa sapi, kerbau, babi, kain tais tenun khas Timor Leste, bahkan uang tunai. Namun kebanyakan bentuk belis yang dibayarkan berupa hewan ternak dan kain tais Timor Leste.

Jangan sia-siakan wanita Timor Leste yang masih mempertahankan tradisi seperti ini di dalam keluarganya. Alasannya karena mereka adalah keluarga yang memiliki prinsip dan layak untuk melahirkan keturunan-keturunan yang berguna bagi nusa dan bangsa.

5. Wanita Timor Leste sederhana dalam berpikir, kaya dalam bertindak

https://www.google.com via https://www.pinterest.com

Wanita Timor Leste juga dikenal gak suka banyak bicara. Jika ada sesuatu yang dia ingin capai, maka dia segera lakukan apa yang bisa dilakukan. Pembicaraan paling hanya berkutat di lingkungan keluarga inti saja. Rasa apa yang sekiranya harus dikerjakan, maka langsung dikerjakan.

Kesan gesit dan bisa diandalkan sangat nampak dari karakter wanita Timor Leste. Sebagai calon istri dan ibu, tentu sangat dibutuhkan pembawaan yang demikian. Jadi gak ada salahnya mulai sekarang perbanyak temen wanita dari Timor Leste, siapa tau bisa saling berjodoh.