Bulan ramadhan merupakan bulan yang berkah, mendatangkan kebahagiaan dan juga suka cita pada seluruh umat muslim dunia, ada banyak alasan kenapa bulan ramadhan begitu sangat dinantikan dan akan selalu dirindukan. Mulai dari kebersamaan dengan keluarga hingga ibadah yang lebih khusyu' adalah salah satu momen yang mungkin tidak akan kita jumpai di bulan manapun, oleh karena itu berikut ini momen yang membuat kita tidak akan melupakan ramadhan.

1. Mendekatkan yang jauh

bareng keluarga via http://www.123rf.com

Berkumpul bersama keluarga, teman dan sahabat adalah satu momen ramadhan yang paling ditunggu-tunggu, kenapa tidak? Karena hampir semua orang menjadikan momen ramdhan ini sebagai ajang pertemuan bagi keluarga yang jauh atau berada di luar kota agar bisa bertemu dan juga berkumpul lagi untuk melaksanakan ibadah puasa. Tidak dipungkiri bahwa ramadhan menjadi suatu bulan untuk menyatukan keluarga dan kerabat kita, yang tentunya jarang-jarang bisa berkumpul, selain itu dijadikan ajang pulang kampung alias mudik bagi keluarga yang jauh biasanya hanya bisa libur ketika ramadhan saja. Kebersamaan dan kehangatan menjadi penting dan tentunya tidak bisa dirasakan tanpa keluarga, oleh karenanya banyak orang yang rela antri mudik demi bisa bersukacita di bulan ramadhan.

2. Ngabuburit

Istilah ini hanya akan kalian jumpai di bulan ramadhan, istilah ngabuburit sendiri berasal dari Bahasa Sunda, namun sangat populer diseluruh Indonesia. Ngabuburit adalah kegiatan berkumpul bersama-sama sambil menunggu waktu buka puasa. Biasanya diisi dengan nonkrong bareng teman, keluarga atau bisa juga diisi dengan berbagai hobby. Biasanya ngabuburit ini terjadi di sore hari menjelang magrib, mungkin kita akan menemukan jalan-jalan kota yang ramai atau juga jalan-jalan yang terasa sesak di sore hari menandakan waktu ngabuburit tiba yang pastinya tidak dijumpai di bulan lain.

3. Pawai sahur keliling

Advertisement

bedug sahur via http://www.goensmith.com

Dini hari sebelum terbangun pasti beberapa diantara akan mendengar suara berisik dan gaduh diluar rumah, biasanya ada pawai keliling untuk membangunkan orang-orang yang sahur, biasanya nih para anak muda atau remaja mesjid yang keliling sekompleks untuk mengingatkan waktu sahur, yang menarik alat untuk membangunkan biasanya ada kentongan, alat musik maupun suara-suara lain yang cukup keras untuk membangunkan orang tidur, terkadang ada juga yang usil berlama-lama di depan rumah tetangga membunyikan alat musik yang keras, hehe tapi jangan lakukan sembarangan ya, hanya jika kalian sudah akrab.

4. Ibadah lebih khusyu

khusyu’ via http://www.123rf.com

Kalian pasti bisa merasakan ibadah yang kita lakukan di bulan ramadhan terasa khusyu dan syahdu. Selain itu ibadah sunnah kita juga lebih banyak dari biasanya, yang biasanya tidak pernah ke mesjid hampir tiap hari datang ke mesjid untuk tarawih ataupun bagi anak-anak hanya sekedar berkumpul dan bermain saja. Rasa-rasanya hati menjadi damai dan tenang di bulan ramadhan. Kegiatan seperti tadarrus dan sholat sunnah menjadi keseharian kita di bulan ramadhan.

5. Iklan-iklan berisi ucapan selamat berbuka puasa pun bermunculan

Nah biasanya menjelang ramadhan banyak iklan yang bermunculan pertanda puasa akan dimulai mungkin kalian sudah paham jika ada iklan sirup tertentu yang sudah muncul,pertanda ramadhan lama lagi. Iklan-iklan ini bukan hanya dari jenis makanan, bahkan ada juga iklan yang berbais pewangi dan agen-agen lainnya, nampaknya bulan ramadhan menjadi magnet untuk bisa mengiklankan produk mereka sampai-sampai hampir semua iklan akan bernuansa ramdhan di bulan puasa.

6. Dari acara TV yang bernuansa islami serta pengisi acara yang berpenampilan syari

sinetron religi via http://www.duniaku.net

Kita juga gak tau semua acara tv pengisi acaranya mendadak alim, memakai hijab dan juga mengadakan kegiatan keagaaan yang syarat akan makna. Jika biasanya kita melihat artis-artis yang memamerkan paha dan dada mereka kini terlihat memakai baju gamis atau kaftan serta berhijab, acara-acara TV seperti ajang pencarian bakat dan juga sinetronnya bernuansa islami dadakan, tidak kalah juga berita-berita TV menyajikan informasi seputar ramadhan sebulan penuh, jadi bukan hanya hati yang dimanjakan ketika bulan ramadhan dengan puasa, namun mata juga bisa terjaga.

7. Takjil seliweran

Penjual makanan dimana-mana, hmm kalian pasti akan menemukan penjual makanan yang lebih banyak dari biasanya, walaupun banyak namun tetep ludes dibeli para pelanggan. Jajanan ini bisa berupa takjil dan gorengan yang mejeng di jalan-jalan, sejauh mata memandang hanya ada makanan gorengan maupun makanan berat lainnya. Bahkan mungkin ada diantara kalian atau kerabat kalian yang tiba-tiba jadi penjual dadakan untuk menu buka puasa, hehe

8. Maraknya petasan

Gak bisa dipungkiri juga bahwa selama bulan ramadhan jumlah penggunaan petasan meningkat walaupun sudah banyak di razia oleh polisi namun tetap saja penyebaran petasan tidak bisa dibendung. Sebagian penggunanya terutama anak-anak menganggap bahwa momen ini adalah momen suka-cita dan perlu dirayakan dengan bermain petasan, oleh karenanya perayaan seperti memang susah untuk dihentikan.

Itu dia momen ramadhan yang bisa jadi bagi kita semua susah untuk bisa dilupakan dan akan selalu tetap dirindukan kedatangannya.