1. Mulailah dengan niat

Hal pertama yang harus kamu cantumkan dalam list sukses kamu adalah niat. Tanpa niat semua akan menjadi hampa dan bahkan kamu akan malas-malasan untuk melakukannya. Cobalah untuk bicara pada dirimu sendiri, renungkan dan yakini dalam hatimu bahwa kamu benar-benar ingin menjadi yang terbaik. Meski ini terdengar kuno tapi inilah rahasia sebenarnya.

2. Tidak harus pintar, cukup rajin!

Menjadi juara satu itu tidak harus pintar, tapi cukup rajin. Rajin seperti apa contohnya? Ya banyak contohnya. Pertama, datanglah ke sekolah lebih pagi dari teman-temanmu dan jangan pernah membolos. Guru juga akan lebih memperhatikan anak rajin karena kamu dinilai lebih daripada teman-temanmu, ini poinnya. Bukan untuk mengerjakan PR yang belum kamu kerjakan, kamu bisa melakukan banyak hal dengan datang lebih pagi. Kamu bisa mengulang apa yang telah kamu pelajari semalam atau sekedar menunggu guru datang kamu bisa menuliskan apa yang kamu ingat mengenai pelajaran yang akan kamu terima hari ini. Kedua, rajinlah mengerjakan PR atau tugas dan menuliskan apa yang gurumu terangkan jika itu kamu anggap penting pada sebuah buku catatan yang harus kamu bawa setiap hari. Ketiga, rajinlah membaca. Jangan remehkan kekuatan membaca, karena dari situ kamu bisa menaklukan dunia. Tidak harus ngoyo atau dipaksakan. Cukup baca sedikit saja materi yang telah disampaikan untuk sekedar mengulang. Kamu bisa membaca apa yang kamu tulis dibuku catatan tadi.

3. Belajarlah dengan benar dan tekun

Belajar tekun via https://www.google.co.id

Advertisement

Bagaimana cara belajar dengan benar? Pertama adalah kamu harus tahu tipe belajar yang cocok untukmu. Ada banyak sekali cara-cara belajar. Bisa jadi kamu lebih cocok untuk belajar di tempat yang tenang dan nyaman. Atau mungkin kamu lebih cocok belajar dengan mendengarkan musik. Ada juga orang yang lebih nyaman belajar sambil ngemil. Jadi kenalilah cara belajar yang cocok untukmu dan belajarlah dengan tekun atau sungguh-sungguh. Kedua, ini adalah resep rahasia yang saya dapatkan dari guru saya dan sangat mujarab. Yaitu belajarlah di siang hari sepulang sekolah untuk mengulang apa yang telah gurumu ajarkan tadi pada saat di sekolah dan belajarlah di malam atau sore hari untuk mengerjakan PR serta belajarlah di pagi hari untuk pelajaran yang akan kamu dapatkan hari ini. Di jamin tips ini ampuh untukmu yang benar-benar ingin menjadi juara.

4. Hafalkan apa yang benar-benar penting

Bagaimana cara menghafalkan dengan mudah? Ini dia rahasianya selama ini. Tips ini juga saya dapatkan dari guru saya. Tips yang pertama, kamu bisa menghafalkan dengan cara menuliskan apa yang ingin kamu hafalkan di sebuah media entah itu kertas, papan tulis atau apapun yang bisa dihapus. Lalu ucapkan kata atau kalimat itu sebanyak tiga kali lalu katakan kepada orang lain tentang kata atau kalimat tadi. Kemudian hapus tulisan tadi. Tadaaa suatu saat ketika kamu perlu dengan ingatan itu kamu bisa memanggilnya karena kata atau kalimat tadi sudah tersimpan di otakmu. Kedua kamu bisa mengahafalkan tiap kalimat atau materi di tempat yang berbeda – beda. Karena nanti kamu akan mengingat apa yang kamu hafalkan berdasarkan tempat tadi saat kamu menghafal.

Eh.. yang organ pernafasan tadi waktu di kantin. Oh iya itu.

atau

Indonesia merupakan negara yang … apa ya tadi waktu aku di perpus. Nah.. iya

5. Ambil hati guru dan tonjolkan kemampuanmu

Ini adalah poin penting. Menarik perhatian guru itu bukan berarti kamu harus memakai pakaian yang mahal atau berperilaku yang terlalu ekstrem. Kamu bisa menarik perhatian guru dengan cara yang positif. Misalnya dengan rajin datang lebih pagi daripada teman-teman yang lain, rajin mengerjakan tugas atau PR, bertanya ketika ada yang tidak kamu mengerti saat guru mempersilahkan karena gurumu akan secara otomatis mengingat kamu ketika kamu bisa jujur bertanya tentang apa yang benar-benar tidak kamu bisa. Namun, jangan terlalu sering bertanya apalagi mengenai hal-hal yang sebenarnya kamu sudah tahu. Ketika kamu sudah diingat oleh gurumu, keuntungan yang bisa kamu peroleh banyak. Kamu bisa diberi amanah untuk memberikan tugas saat gurumu tidak bisa hadir atau kamu bisa dipilih untuk menerangkan materi yang kamu pahami di depan kelas dan itu bisa menambah poin kamu dimata gurumu.

6. Belajar kelompok atau tanya temanmu

Belajar kelompok via https://www.google.co.id

Mungkin ada beberapa anak yang lebih suka untuk belajar sendiri dengan suasana yang lebih tenang atau damai. Namun, belajar kelompok juga menjadi poin penting karena saat kamu kurang mengerti mengenai suatu pelajaran atau materi kamu bisa memanfaatkan dengan bertanya pada temanmu yang kamu anggap lebih mengerti mengenai materi atau pelajaran yang kamu tanyakan. Keuntungan lainnya yaitu dengan belajar kelompok kamu bisa bertukar pikiran atau pendapat mengenai hal yang selama ini kamu ragukan. Dengan begitu kamu juga bisa belajar mengutarakan pendapatmu dan menghargai pendapat orang lain.

7. Berusaha di atas rata-rata orang lain dan berdoa

Hal penting lainnya adalah kamu harus berusaha melebihi orang lain. Tips ini saya dapatkan dari sebuah buku yang sangat saya sukai yaitu Negeri 5 Menara karya dari Ahmad Fuadi. Dan saya telah membuktikan cara ini dengan sungguh-sungguh.Tidak harus berusaha secara berlebihan, namun tetap dalam porsinya. Sedikit saja berusaha diatas rata-rata orang lain. Contohnya saja, jika ada tugas mengarang dalam pelajaran Bahasa Indonesia dan temanmu mengarang dengan jumlah 5 paragraf kamu harus berusaha melebihi dia dengan menambah 1 paragraf lagi tidak usah banyak-banyak. Begitu pula untuk pelajaran yang lain. Misalnya besok kamu akan mengahadapi ulangan, dan rata-rata temanmu belajar selama 2 jam, maka lebihkanlah waktu belajarmu dengan menambah 10 atau 15 menit menjadi 2 jam 15 menit. Katakan setiap hari kalau kamu ingin menjadi juara satu dan ingin berusaha diatas rata-rata orang lain. Setelah berusaha dengan maksimal jangan lupa untuk menyerahkan segala keputusan kepada Tuhan yang maha kuasa karena segala apapun yang terjadi dalam hidup kita semata-mata adalah kehendak-Nya dan pasti yang terbaik untuk kita semua.

8. Percaya Diri dan Konsisten

Dan yang terakhir adalah kamu harus percaya diri, jangan minder meskipun kamu merasa kamu tidak pintar. Asalkan kamu mempunyai mimpi dan kemauan kamu harus yakin pada diri kamu sendiri bahwa kamu bisa dan kamu tidak akan menyerah dengan mimpimu. Meskipun banyak yang meremehkan kemampuanmu, justru itu harus menjadi tombak untukmu terus memacu semangat dalam meraih mimpi. Serta kamu harus konsisten dalam menjalani tips-tips ini karena jika kamu tidak konsisten dalam menjalani apapun tidak hanya mengenai hal ini, maka semua akan sia-sia. Ketika rasa malas mengunjungimu maka katakan pada diri kamu sendiri bahwa KAMU BISA! dan selalu tuliskan dibuku kamu bahwa kamu akan selalu berusaha diatas rata-rata orang lain. Wah, semakin nggak sabar ya untuk mempraktekkannya pada semester depan! Selamat mencoba dan Semoga berhasil!