Indonesia sangat kaya akan tradisi baik dari aspek sosial maupun permainan. Tetapi kali ini saya tidak ingin jauh bercerita kemana-mana karena saya adalah seorang pecinta game dan saya sangat mendukung game yang asli dikembangkan oleh anak Indonesia. Saya melihat ada beberapa pengembang yang mengambil gameplay atau konsep dari permainan Indonesia dan berikut ini saya jabarkan satu persatu.

1. Panjat Pinang

Kalau dibilang tradisi tang di angkat menjadi game yang pertama muncul pastinya adalah Panjat Pinang, Panjat pinang adalah permainan dari masa kemasa yang hanya ada pada 17 Agustus-an. Berganti tahun dan bulan panjat pinang mulai dilupakan dan mungkin hal ini yang menjadi AGD games menjadikannya kedalam Game Mobile dengan tujuan utama agar anak-anak di Indonesia tetap tahu tradisinya.


Download : Googleplay 


2. Hatch Market

Hatch Market via http://www.hatchmarket.id

Advertisement

Mungkin pembaca bertanya-tanya tentang Hatch Market, nah disini adalah tugas saya sebagai penulis untuk memberikan informasi. Hatch Market adalah game yang dikembangkan oleh developer Game asal Medan, Sumut yakni PT. Sepuluh Multimedia Indonesia. Game yang memiliki Gameplay sederhana ini mengangkat cerita kebiasaan masyarakat Indonesia mengerami telur. Dari mengerami telur muncullah ide yakni telur yang dierami menghasilkan monster dan monster digunakan untuk mencari koin dan menyerang penguna lain. Koin yang di dapat bisa di tukarkan dengan Emas Antam, Pulsa Handphone dan nggak sedikit yang sudah mendapatkan hadiahnya.


Download : Googleplay   Appstore


3. Tahu Bulat

Siapa yang gak tau dengan Tahu Bulat? jika masih ada yang belum tahu ini artinya harus lebih banyak lagi baca berita. Game tahu bulat memiliki gameplay yang sangat menarik yakni dengan menjual tahu keliling. Anda akan berperan sebagai pemilik bisnis tahu bulat, lengkap dengan speaker, mobil bak terbuka, dan wajan berukuran besar yang ada di baknya.


Download : Googleplay 


4. Teka-Teki Saku

Dari dulu sampai sekarang yang nggak pernah silang adalah permainan Teka-teki hanya saja nama belangnya yang diubah mulai dari teka-teki silang, teka teki lontong dan saat ini kita bukan bahas itu melainkan Teka-Teki Saku.

Hal yang paling mendasar dari pembuatan game ini adalah Teka-teki biasanya dimuat dalam koran dan buku namun saat ini media tersebut sudah mulai di tinggalkan dan berganti ke media digital katakanlah smartphone.

Touchten merupakan pengembang dari Teka Teki Saku dan alhasil sukses dipasaran.


Download : Googleplay 


5. Angkot The Game

Angkot The Game via http://www.google.com

Game ini sangat seru, dari namanya sudah tahu gameplay nya gimana yakni mencari penumpang dan mendapatkan upah. Angkot The Game sempat di publish dan bisa dimainkan di Facebook tapi entah apa yang menjadi masalah game ini tidak bisa lagi diakses dari facebook. Angkot The Game kini sudah tersedia di Google Play dan Appstore.


Download : Googleplay 


6. Tawur the game

Tawur the game via https://www.google.co.id

Game casual dari PT Wahana Inspirasi Nusantara ini memang sedikit kontras tetapi kita ambil postifnya saja yakni kita anggap saya game ini bisa menjadi ganti dari sifat negatif anak remaja yang suka tawuran dijalanan. Dari fitur dan grafik Tawuran The Game terbilang sangat baik dan gameplay yang sangat menarik.


Download : Googleplay 


7. Ular Tangga

Ular Tangga via https://www.google.co.id

Siapa yang nggak kenal dengan permainan ini? Ular tangga adalah permainan semua umat, saya tidak tahu kalau di luar negeri ada atau tidak namun di Indonesia ular tangga menjadi primadona. 


Download : Googleplay