Kamu sedang mencari tempat magang? Pastinya startup akan menjadi pilihan tepat buat kamu. Kenapa? Kita semua selalu cari keuntungan dari magang bukan? Di startup, selama aktivitas berlangsung kamu akan mendapat pengawasan dari semua staf yang ada sehingga kamu dapat mengembangkan kemampuan kamu secara maksimal.

Magang memang bukan ajang mencari uang, tetapi magang bisa menjadi lebih berharga apabila intern semakin dilibatkan dalam aktivitas kerja. Maka dari itu, startup adalah tempat magang yang lebih ideal dibandingkan perusahaan besar.

Startup pastinya juga memiliki kekurangan dan tidak sempurna. Beberapa kelemahannya adalah tidak ada training program maupun orientasi kerja. Sehingga seberapa berharganya pengalaman magang tergantung besarnya motivasi kerja kamu.

1. Kamu bisa lebih mudah beradaptasi

Mudah beradaptasi via http://successielts.com

Startup tahap pemula biasanya hanya berisi kurang dari 10 orang. Hampir semua member berusia sama atau hanya terpaut beberapa tahun saja sehingga kamu dapat bergaul lebih mudah. Mereka tidak akan memandang kamu berbeda dengan mereka. Mereka akan menyambut kamu dengan tangan terbuka. Apalagi nggak ada birokrasi dan hierarki di startup. Rasanya semuanya sama di sini. Penting untuk merasa penting selama magang. 

2. Kamu bisa belajar menjadi lebih bertanggungjawab

Belajar tanggung jawab via http://micheleborba.com

Kamu tidak akan dapet tugas random dari startup. Tugas yang kamu kerjakan akan berdampak signifikan. Apa yang kamu kerjakan akan berdampak nyata bagi startup.

Advertisement

Jangan khawatir kalau kamu memiliki tanggung jawab besar sebagai intern karena mereka akan membimbing kamu. Kamu juga berpeluang untuk berinteraksi langsung dengan decision makers. Kamu akan mendapat pengalaman terbaik dari banyaknya tugas yang dipercayakan ke kamu. 

3. Kamu percaya dengan mimpimu

Percaya mimpi via https://tenor.com

Kebanyakan pendiri startup adalah pengusaha pemberani. Mereka percaya dengan mimpi mereka dan tidak malu berbagi dengan sebanyak-banyaknya orang. Mereka menularkan mimpinya, termasuk kepada kamu. Kamu akan terinspirasi bahwa kita harus bermimpi dan semuanya juga harus bermimpi. 

4. Kamu memiliki peluang untuk memperluas jaringan yang akan berguna saat kamu masuk dunia kerja nanti

Kamu akan mengembangkan jaringanmu yang berawal dari tim inti, selanjutnya mereka akan melibatkan kamu dalam ekosistem startup. Kamu akan bertemu dengan key players di dunia startup yang bersedia memberi kamu nasihat berharga bagi karir dan masa depanmu.

5. Kamu bisa mendapat inspirasi untuk melakukan hal yang tidak kamu duga

Inspired via https://u.osu.edu

Suasana startup yang cozy sangatlah berbeda dengan suasana di perusahaan-perusahaan besar. Kaos, celana jins, colorful furniture, dan kulkas yang selalu terisi adalah keuntungan yang kamu dapatkan saat magang di startup. Nah, keuntungan-keuntungan itulah yang bisa memancing inspirasi dan kreativitasmu.

Gimana? Tertarik untuk magang di startupIt's a great decision!

Share pengalaman magangmu juga, yuk!