Siapa yang pernah mendengar pertanyaan

"Ih bedanya Miss Universe sama Miss World apa sih?"

"Kok banyak banget sih miss-miss itu?"

Pasti deh kalian pernah dengar pertanyaan semacam itu, atau mungkin malah kalian sendiri yang bertanya-tanya. Yah, kontes kecantikan atau beauty pageants memang banyak sekali di dunia ini, ada ratusan bahkan ribuan kontes kecantikan. Saking banyaknya kita sampai bingung dan nggak tahu bedanya apa.

Nah, menurut Official Global Beauties; sebuah organisasi pengamat kontes kecantikan dunia, ada 5 kontes kecantikan dunia yang dianggap cukup besar dan bergengsi atau sering disebut dengan Grand Slam Beauty Pageant. Penasaran? Yuk ah kepoin apa bedanya!

1. Miss World

Miss World 2016 via http://niaje.com

Nah ini "ibu" dari semua kontes kecantikan yang ada di dunia. Kontes kecantikan yang didirikan oleh Eric Morley pada tahun 1951 dan dijalankan oleh istrinya Julia Morley setelah kematiannya, pada tahun 2000. Kontes kecantikan tertua ini mempunyai pusat di London, Inggris. Kontes yang diselenggarakan tiap tahunnya ini mempunyai fokus pada kegiatan sosial dengan moto Beauty With A Purpose.

Kontes ini percaya bahwa wanita itu terlahir dengan sebuah kecantikan yang mempunyai tujuan mulia, karena cantik itu bukan hanya dari paras saja melainkan juga dari hati. Setiap tahunnya pula kontes ini diikuti lebih dari 100 negara.

FYI, kontes ini juga pernah lho diselenggarakan di Indonesia pada tahun 2013 di Bali. Oh iya, Indonesia di ajang ini meraih prestasi tertingginya pada tahun 2015 dan 2016 di mana Indonesia berhasil meraih 2nd Runer Up, Winner Beauty With A Purpose dan juga dinobatkan sebagai Miss World Asia. Wah hebat juga ya Indonesia!

2. Miss Universe

Advertisement

Miss Universe 2016 via https://static.parade.com

Duh siapa yang nggak tahu kontes kecantikan yang satu ini? Kontes kecantikan yang cukup populer ini selalu ditunggu-tunggu oleh para pageant lover di seluruh dunia. Berdiri pada tahun 1952, kontes ini cukuplah popuer di kawasan Amerika Latin dan juga beberapa negara Asia.

Miss Universe ini ditangani oleh sebuah agensi bakat di Amerika Serikat yaitu WME/IMG. Semenjak ditangani oleh agensi WME/IMG kontes ini memiliki pembaharuan, di mana pemenang dari kontes ini tidak hanya akan fokus menjadi model melainkan juga sosok inspiratif yang berfokus pada cerita pribadi, pemberdayaan dan pendidikan. Oh iya Presiden Amerika Serikat Donald Trumph juga pernah menjadi pemilik dari ajang kecantikan ini lho!

Di dalam brand Miss Universe Organization, beberapa kontes kecantikan juga dibinanya seperti Miss USA dan Miss Teen USA. Keikutsertaan Indonesia dalam ajang ini pun juga pernah menuai pro dan kontra. Indonesia sendiri dari tahun 2013 – 2016 tembus ke jajaran semifinalis dan memenangkan Best National Costume pada tahun 2014. Semoga saja ya tahun 2017 ini Indonesia bisa tembus ke jajaran finalis. Amiiiin….

 

3. Miss International


"Nah ini miss apalagi, duh kok ya banyak banget ya miss-miss ini ckckc."


Kontes yang satu ini adalah kontes kecantikan yang berdiri pada tahun 1960, pertama kali di California, USA. Seiring berjalannya waktu, pusat kontes kecantikan ini pun pindah ke Tokyo, Jepang. Kontes ini dikelola oleh The International Culture Association yang berfokus pada pemberdayaan peran wanita di kehidupan sosial.

Selama karantina Miss International, para kontestan pun diajak untuk belajar tradisi dan budaya Jepang. Tidak hanya itu saja, mereka pun juga diajak untuk mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Jepang. Presatasi Indonesia di ajang ini? Bisa dibilang cukup bagus.

Di tahun 2014 Indonesia tembus ke Top 10 dan juga mendapatkan gelar Best National Costume dan pada tahun 2016 mendapatkan 2nd Runnner Up serta penghargaan Miss Best Dresser. Gimana dengan tahun ini? Semoga bisa menajdi pemenangnya ya, kita doakan saja yang terbaik.

4. Miss Supranational

Kalau kontes kecantikan yang satu ini berdiri pada tahun 2009, mulanya berpusat di Panama namun sekarang berpusat di Polandia. Kontes yang dikelola oleh WBA (World Beauty Association) ini berfokus pada pemberdayaan dan kepribadian wanita di dunia. Intinya mendukung dan mengajak para wanita di dunia untuk bisa percaya diri bahwa wanita juga ambil andil dalam kehidupan ini. Walaupun belum ada satu dekade, kontes ini cukup bergengsi karena hampir diikuti oleh 80 negara lebih.

Prestasi Indonesia sendiri pun cukup baik dalam ajang ini. Debut pada tahun 2013, Indonesia langsung mendapatkan posisi 3rd Runner Up. Tahun 2014 dan 2015 Indonesia bisa mempertahankan gelar Best National Costume, serta di tahun 2016 memasuki Top 10 serta membawa dua penghargaan yaitu Miss Multimedia Awards dan Miss Elegance. Tahun 2017 ini Indonesia diprediksi akan menjadi juaranya, semoga saja ya prediksi tersebut menjadi kenyataan.

5. Miss Grand International

Kontes kecantikan yang satu ini adalah "bayi" dari Grand Slam Beauty Pageant. Kontes yang berbasis di Bangkok, Thailand ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2013. Didirikan oleh serorang pebisnis Thailand bernama Nawat Itsaragrisil, kontes kecantikan ini cukup dipertimbangkan karena menyajikan suguhan yang cukup entertaining. Walaupun masih dibilang pemula, kontes kecantikan ini bisa mengemas acara dengan modern dan apik. Kontes kecantikan ini diikuti oleh hampir 80 negara.

Mempunyai moto dan visi Stop The War and Violence, ajang kecantikan ini benar-benar mengajak kita semua untuk menciptakan perdamaian dunia dan katakan tidak untuk kekerasan dan perang. Sebuah misi sosial yang besar. Prestasi Indonesia di ajang ini pun luar biasa.

Tahun 2014 berhasil menjadi Top 10 dan meraih  Best Evening Gown. Dilanjutkan tahun 2016 Indonesia untuk pertama kalinya berhasil membawa pulang mahkota Grand Slam Beauty Pageant serta meraih Best National Costume. Luar biasa bukan? Semoga saja tahun ini bisa back to back ya. Kita dukung terus wakil Indonesia.

 

Nah, gimana sudah mulai megerti belum? Semoga saja ulasan di atas cukup menjawab kebingungan kalian ya. Oh iya tunggu ya sebentar lagi bulan pageants pun akan segera dimulai, stay tuned dan tetap dukung wakil Indonesia ya!