Artificial Intelligence adalah kecerdasan buatan yang ditambahkan kepada suatu sistem seperti mesin atau komputer yang bisa diatur untuk melakukan suatu pekerjaan atau menyelesaikan suatu masalah. Artificial Intelligence atau biasa disingkat dengan AI ini identik dengan robot yang dapat melakukan pekerjaan seperti manusia. Kebanyakan orang pasti sudah takut jika AI ini berkembang pesat karena bisa mengancam ras manusia, namun ternyata di balik dampak buruk keberadaannya ternyata ada dampak positif nya juga loh. Yuk simak 5 dampak positifnya di bawah ini!

 

1. Memberikan Penyederhanaan Solusi Untuk Kasus-Kasus yang Kompleks

ai-arms-race-part-1.jpg via http://s.hswstatic.com

AI sendiri dibuat untuk menyelesaikan masalah yang mungkin manusia sendiri belum bisa memecahkannya. Pernah suatu kasus, AI bisa menyelesaikan soal matematika yang belum tentu manusia bisa mengerjakannya. Dengan keberadaaan AI ini diharapkan dapat membantu manusia untuk memecahkan permasalah yang kompleks dengan begitu manusia dan AI dapat bekerja sama deh.

2. Penghematan Waktu Menyelesaikan Masalah Yang Kompleks

shutterstock_106500488.jpg via http://www.businessnewsdaily.com

Yang biasanya mungkin manusia menyelesaikan masalah kompleks membutuhkan waktu yang lama dengan adanya AI ini bisa lebih cepat, jadi kita bisa beralih menyesalaikan masalah-masalah yang lain dan tidak stuck di masalah itu saja. Membantu banget ya AI ini!

3. Meningkatkan Produktivitas Kerja

476360-Mengintip-Pabrik-Mobil-Hyundai-di-Saint-Petersburg via http://www.modifikasi.com

Advertisement

Sudah banyak negara maju, contohnya jepang, korea dan amerika mempercayakan proses pekerjaan di industrinya kepada robot loh. Dengan adanya robot ini pekerjaan yang berat dengan siklus berulang akan menjadi lebih cepat terselesaikan. Robot ini juga tidak akan merasa lelah, sakit, malas dan akan terus bekerja selama 24 jam.

4. Memungkinkan Penggabungan Berbagai Bidang Pengetahuan dari Berbagai Pakar

artificial_intelligence.jpg via http://www.esotericonline.ne

AI ini bisa belajar dari orang-orang yang menggunakannya loh. Cara kerjanya yaitu dari mengolah data yang ada sebagai sumber belajarnya. Dengan begitu, pengetahuan yang diinput oleh berbagai pakar melalui Engineer ke AI ini dapat diolah dan digabungkan untuk menjadi sumber belajarnya. Keren ya

5. Pengetahuan dari Seorang Pakar dapat Didokumentasi tanpa Batas

artificial-intelligence-classification-matrix/2577 via https://datafloq.com

Karena ingatan manusia terbatas, dengan adanya AI ini diharapkan pengetahuan yang ada akan terus dapat diingat. Jadi, mau berapa banyak pengetahuan yang diinput ke dalam AI ini, AI akan terus mengingatnya dan didokumentasi dengan baik.

Walaupun manfaat AI di atas terlihat hebat, namun manusia lah yang sesungguhnya lebih hebat karena bisa menciptakan AI yang luar biasa tersebut. So, jangan minder sama si AI ini ya

Sumber : http://joshuarizkyhamenda.blogspot.co.id