Waktu musim gugur tiba, beragam daerah di Jepang makin cantik dengan pesona dedaunan yang menguning dan kecoklatan kalau berwarna merah. Lembah-lembah sekitaran pegunungan juga menghadirkan pemandangan yang demikian memanjakan mata. Disusun oleh saya sendiri, Echa: Traveler Indonesia, berikut sajian panduan yang dapat dikaji apabila menginginkan berlibur optimal di Jepang waktu musim gugur.

 

1. Siapkan rencana keberangkatanmu dengan matang

Umumnya, saat paling baik untuk menikmati musim gugur di Jepang yaitu sekitaran bulan Oktober sampai November. Di beberapa bulan itu, dedaunan mulai menguning prima. Tetapi memanglah mesti sesuai dengan daerah apa yang ingin kamu datangi. Dedaunan musim gugur umumnya lebih dahulu optimal di utara Jepang, seperti Hokkaido barulah bergilir sampai Tokyo. Pastinya, supaya tidak kehabisan tiket serta harga yang didapat mungkin lebih murah waktu peak season itu, pesanlah tiket penerbangan mulai sejak jauh hari sebelum keberangkatan. 

2. Mencari info spot terbaik

Terdapat sebagian besar spot untuk menikmati musim gugur di Jepang. Sebut saja lokasi Karuizawa serta Komoro Castle di Prefektur Nagano, lembah Shosenkyo di Prefektur Yamanashi, Jingu Gaien di Tokyo, serta masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi baiknya sebelum pergi, kamu sudah mencari info dahulu, tempat apa sajakah yang bakal didatangi serta antar tempatnya terlalu jauh untuk dijangkau atau tidak. Meskipun kurun waktu berlibur kamu singkat, tetaplah terdapat sebagian besar tempat yang bisa kamu kunjungi.

3. Bawa dan pakailah baju yang menghangatkan badan

Suhu waktu musim gugur dapat mencapai sekitaran belasan derajat celsius. Sediakan jaket serta baju yang dapat menghangatkan tubuh. Tidak lupa juga peralatan yang lain seperti kaos kaki, syal serta sarung tangan.

4. Wisata malam di musim gugur pun bisa kamu nikmati kok

Dedaunan yang menguning memanglah indah jika dilihat waktu hari cerah, dari pagi sampai mendekati sore. Tetapi waktu malam masihlah terdapat atraksi musim gugur yang bisa dinikmati. Umpamanya Festival Daun Musim Gugur di lokasi wisata Danau Kawaguchi, satu di antara lima danau di sekitaran Gunung Fuji. Dalam festival itu, jalan setapak di kanan serta kiri aliran Sungai Nashi yang ditumbuhi pohon maple diterangi sinar lampu yang bikin pohon-pohon di sini menyala demikian indahnya.

5. Sediakan kamera agar kamu tak terlewat mengabadikan keindahan panorama alam Jepang

Untuk yang suka hunting photo, yakinkan membawa hp atau kamera sepanjang berjalan-jalan di Jepang untuk memotret. Beragam segi obyek wisata ataupun waktu perjalanan, panorama indah pegunungan yang kerap kali tersaji. Sayang apabila tak diabadikan dalam kamera.