Ada ungkapan “buku adalah jendela dunia”. Semakin kamu sering membaca buku, maka pengetahuan kamu tentang dunia akan semakin bertambah. Tak heran jika banyak orang yang menjadikan rutinitas membaca sebagai hobi di waktu senggang, baik mereka yang lagi di mobil, di kantor maupun di tempat-tempat rekreasi. Membaca memang menyenangkan bagi yang menekuninya, tapi yang belum terbiasa akan terasa sulit. Untuk kamu yang doyan membaca atau yang baru akan berencana mengoleksi buku untuk dibaca, berikut ada 6 jenis buku yang bisa kamu koleksi dan baca di tahun ini.

 

 

1. The Girl From The Metropol Hotel

The Girl From The Metropol Hotel

The Girl From The Metropol Hotel via http://images-na.ssl-images-amazon.com

Ludmilla lahir di Rusia pada tahun 1938. Sejak ia masih kanak-kanak, keluarganya banyak ditahan dan dieksekusi sebagai musuh masyarakat. Di usia ini, ia banyak mengalami duka kehilangan yang bengis, duka dari derita kelaparan dan duka dari pengasingan. Untuk bertahan hidup, ia rela makan sampah tetangganya, dan ia juga tidak bisa bersekolah di semester musim dingin karena Ludmilla tidak punya sepatu. Sebuah kisah yang menyayat hati, memeras air mata dan masih relevan hingga kini.

2. Lincoln in The Bardo

Lincoln in The Bardo

Lincoln in The Bardo via http://img.washingtonpost.com

Novel ini ditulis oleh George Saunders, seorang cerpenis tersohor, dalam bukunya ia banyak mengambil cerita mengenai tragedi kehidupan yang memukau dari mantan presiden tersohor Amerika Serikat, Abraham Lincoln. Selain itu, ia juga menggunakan konsep Budha Tibetan mengenai ‘The Bardo’ konsep kehidupan dan kematian. Saunder dengan cerdas dan nyaman, ia menyampaikan sebuah hubungan antara duka cita dan keputusan untuk menjadi berani dalam mengatasi suatu hal.

3. A Separation

A Separation

A Separation via http://pbs.twimg.com

Novel ketiga Kitamura ini menyuguhkan sebuah kisah perpisahan. Isabella dan Christoper sudah menyimpan rahasia hubungan perpisahan selama 6 bulan. Kisah yang dibumbui dengan dusta dan pengkhianatan. Sebuah kisah perpisahan yang diolah dengan sangat piawai dan sangat emosial.

4. Gachar Gochar

Gachar Gochar

Gachar Gochar via http://t2.gstatic.com

Ditulis oleh Vivek Shanbhak, novel pertama dari delapan novel yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Mengupas tentang kehidupan keluarga di India, karena masalah ekonomi kehidupan menjadi kacau. Di mana seorang ayah diberhentikan secara paksa dari pekerjaannya, sehingga semua keluarga harus saling bahu membahu layaknya satu tubuh melintasi tali yang direntang. Gachar Gochir adalah novel yang mengupas satu sejarah dengan banyak sisi yang wajib kamu baca.

5. High Noon

Novel ini ditulis oleh Glenn Frankel dan dirilis pada tahun 1952. Novel ini menceritakan sebuah momen kebenaran ketika seorang lelaki yang baik harus menghadapi kejahatan. Kisah perjuangan lelaki tersebut wajib kamu ketahui dan cocok kamu baca sebagai pedoman dalam kehidupan loh!

6. A Piece of The World

A Piece of The World

A Piece of The World via http://d279m997dpfwgl.cloudfront.net

Novel A Piece of The World adalah novel baru Baker yang terinspirasi dari Olson. Novel ini mengisahkan seorang wanita dalam lukisan Andrew Wyeth. Baker menyuguhkan dengan sangat cantik kisah kehidupan interior seorang perempuan. Penasaran bukan? Silakan baca bukunya ya!