1. Untuk Mencukupi Kebutuhan Kalsium

kalsium via https://geogle.co

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sebagian besar kandungan yang terkandung dalam kulit telur ialah kalsium. Secara kimiawi, kandungan kalsium pada kulit telur hampir mirip dengan kalsium yang membentuk tulang dan gigi manusia. Oleh karena itu, kalsium pada kulit telur ini akan mudah diserap ke dalam tubuh manusia dan berperan sebagai sumber kalsium.

Untuk menambah kalsium dalam tubuh, kamu bisa mengonsumsi satu sendok makan bubuk kulit telur yang dilarutkan dalam air mineral. Dalam satu sendok makan kulit telur ini terkandung sekitar 900 mg kalsium

2. Obat Iritasi Dan Gatal-gatal

Mungkin belum banyak yang mengetahui, kulit telur ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit kita, lho. Kulit telur dapat digunakan untuk mengobati gatal-gatal dan iritasi pada kulit kita. Cara mengolah kulit telur ini pun sangat mudah.

Advertisement

Untuk menghilangkan gatal-gatal dan iritasi pada kulit, langkah yang dilakukan hampir sama. Pertama, bersihkan kulit telur yang akan kamu gunakan. Kemudian rendam dalam larutan yang asam (cuka) selama beberapa jam (untuk obat gatal-gatal) atau selama 2-3 hari (untuk obat iritasi). Gunakan air rendaman ini untuk mengobati gatal-gatal dan iritasi pada kulitmu

3. Untuk Kecantikan

kecantikan via https://geogle.co

Percaya atau tidak, kulit telur ternyata juga dapat dimanfaat untuk mempercantik wajah kita. Ya, kamu bisa gunakan bubuk kulit telur sebagai masker atau scrub unntuk perawatan wajah. Hal ini karena tingginya kandungan kalsium pada kulit telur juga berperan penting bagi peremajaan kulit. Kalsium penting untuk menjaga pembaharuan sel dan tingkat lipid, sehingga kekurangan kalsium dapat menyebabkan kekeringan, iritasi, dan pembentukan kerut prematur. Selain itu, kekurangan kulit diduga akan meningkatkan kerentanan seseorang terhadap kanker kulit.

Berdasarkan fakta tersebut, kulit telur kemudian dimanfaatkan untuk mengatasi hal-hal tersebut. Kamu bisa campurkan bubuk kulit telur (kulit telur yang tela dicuci, dikeringkan, dan ditumbuk/dihancurkan menjadi bubuk) dengan putih telur. Oleskan campuran ini pada wajah dan tunggu hingga agak kering. Kemudian bersihkan wajahmu dengan air hangat bersih dan rasakan bedanya. Perawatan aktif selama tiga kali seminggu akan menghasilkan kulit yang lebih lembut. Tapi cara ini sangat dilarang untuk kulit wajah yang sedang berjerawat.

4. Untuk mendorong kesehatan secara keseluruhan

kesehatan via https://geogle.co

Untuk menjaga kesehatan tubuhmu secara keseluruhan, kamu bisa menumbuk lima butir kulit telur menjadi butiran bubuk-bubuk yang halus. Tambahkan bubuk kulit telur tersebut kedalam 3 liter air bersih, dan simpan ke dalam lemari es selama seminggu untuk melarutkan kulit telur. Kamu juga bisa menambahkannya dengan sedikit jus lemon sebagai penambah rasa. Minumlah campuran tersebut 2-3 gelas setiap hari.

5. Sebagai Pupuk Alami

pupuk alami via https://geogle.co

Sebagai limbah organik, kulit telur dapat hancur terurai saat dibuang di tanah. Tahukah kamu bahwa sebenarnya peristiwa ini dapat meningkatkan kesuburan tanah? Kandungan kalsium pada kulit telur merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tanaman. Oleh sebab itu, penambahan kulit telur pada pupuk dapat menambah unsur hara khususnya unsur kalsium. Unsur hara kalsium dalam pupuk organik dari limbah kulit telur berpengaruh pada pembentukan bintil akar, berperan dalam hidrolisis ATP dan fosfolipida, dan bertindak sebagai ko-faktor beberapa enzim.

Kamu bisa secara mudah menaburkan bubuk kulit telur di area sekitar tanaman. Kamu juga bisa meremukkan kulit telur dan menimbunnya di dalam tanah tempat tanaman ditanam. Tanaman seperti buah, sayuran, atau bunga akan bisa menjadi sangat subur dengan metode ini. Untuk hasil yang lebih baik, kamu bisa campurkan kulit telur dengan sedikit ampas kopi. Selamat mencoba!

6. Sebagai Pot Persemaian

semaian via https://geogle.co

Bentuk oval kulit telur sangat menyerupai pot sehingga kulit telur juga dapat berfungsi sebagai pot, khususnya pot persemaian. Sifatnya yang keras membuat pot semai dari kulit telur tahan terhadap air dan panas sehingga cocok untuk menumbuhkan bibit tanaman. Hal ini tidak seperti pot semai dari bubur kertas yang akan hancur jika terlalu banyak air atau berjamur jika tidak kena panas.

Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk menyiapkan pot semai kulit telur ini: pecahkan kulit telur di bagian atas sehingga tersisa lebih banyak ruang untuk akar tanaman. Kemudian cuci bagian dalam kulit telur untuk menghilangkan bau amis. Beri lubang-lubang kecil pada bagian bawah telur untuk mengeluarkan kelebihan air. Isi kulit telur dengan media tanam dan benih yang akan disemaikan.

Apabila tanaman sudah cukup besar dan perlu dipindahkan ke wadah yang lebih besar, kamu bisa langsung menanamkan pot semai ini ke wadah yang dituju. Namun akan lebih baik jika kulit telur di remukkan terlebih dahulu sebelum ditanam agar akar tanaman bisa tumbuh dengan lebih leluasa.

Wah, kulit telur yang selama ini kita anggap sebagai limbah yang tidak berguna, ternyata mampu menghasilkan hal-hal ajaib bagi lingkungan sekitarnya. By the way, memanfaatkan salah satu limbah yang penuh manfaat ini, bisa menjadi langkah kecil dari kita untuk mengurangi limbah-limbah yang terbengkalai, lho. Semoga info ini bermanfaat, ya!