Siapa sih yang tidak mengenal si ekstrovert satu ini? Populer, energik, punya banyak teman, dan mudah bergaul dengan siapa saja menjadi ciri khas dari orang ini. Kehadirannya selalu memberikan warna tersendiri untuk orang-orang di sekitarnya karena pembawaannya yang luwes dan bebas dalam berekspresi. Tentunya tidak sulit bagimu untuk berteman dengan orang baru. Kamu sangat menikmati waktumu saat bersama dengan teman-temanmu entah itu karaokean, jalan-jalan, ataupun sekedar nongkrong di café. Benar Bukan?

Nah, karena kamu terbiasa berinteraksi dan dikelilingi oleh orang-orang di sekitarmu, maka kamu jadi merasa tidak nyaman ketika kamu sendirian. Beda halnya dengan introvert yang justru menikmati kesendiriannya dengan berbagai kegiatan yang mereka sukai. Bagi sebagian ekstrovert, sendirian merupakan musuh terbesar dan akan sangat membosankan karena tidak ada orang yang bisa kamu ajak interaksi. Padahal kamu bisa memanfaatkan waktu sendirimu dengan baik jika saja kamu tahu caranya. Coba deh sekali-kali manfaatkan waktu “Me Time” secara positif. Kamu bisa coba cara dibawah ini, dijamin ampuh untuk mengusir kejenuhanmu!

 

1. Manfaatkan waktu “me time” dengan hobi

Asiknya membaca novel

Asiknya membaca novel via http://livehappy.com

Jika kamu punya hobi dan minat pada hal tertentu kenapa tidak mencoba untuk menghabiskan waktu dengan hobimu tersebut? Suka baca novel fiksi fantasi atau detektif semacam Harry Potter dan Sherlock Holmes? Kalau sebelumnya kamu tidak pernah sempat untuk membaca novel-novel yang kamu beli, kali ini adalah kesempatanmu untuk membacanya. Lumayan kan daripada kamu beli tapi hanya terpajang rapi di rak buku.

Kalau kamu punya minat dalam musik belum lengkap rasanya jika belum mencoba untuk memainkan salah satu dari alat musik tersebut. Kamu bisa mencoba untuk memainkan gitar sebagai permulaan. Gitar ini sangat cocok dimainkan sebagai teman pengiring segala jenis lagu. Memang untuk awalnya jari tanganmu akan terasa sakit saat pertama kali kamu mencoba untuk memainkannya. Namun semua itu terbayarkan ketika kamu bisa memainkannya. Menyanyi sambil bermain gitar merupakan hobi yang sangat pas untuk kegiatan “me time” mu.

2. Dengarkanlah musik

Mendengarkan musik favorit

Mendengarkan musik favorit via http://psychologies.co.uk

Bagaimana jika kamu tidak bisa memainkan alat musik apapun tapi sangat suka mendengarkan musik? Tidak apa kamu masih bisa menghabiskan waktu “me time” kamu dengan mendengarkan musik. Siapapun pasti suka mendengarkan musik baik ekstrovert dan juga introvert. Mendengarkan musik sangat efektif untuk mengembalikan suasana hatimu dan bikin mood kamu semakin bagus. Sebuah studi menunjukkan dengan mendengarkan musik memberikan efek pada otak, salah satunya membuat pikiran menjadi relaks dan juga mengembalikan energimu.

Kamu bisa bebas berekspresi seperti menyanyi, bergerak mengikuti irama lagu, bahkan kamu juga bisa berimajinasi mendengarkan musik sambil membayangkan dirimu seperti berada di video klip. Dijamin benar-benar bikin good mood! Asalkan tidak mendengarkan lagu galau yang malah bikin baper alias bawa perasaan.

3. Saat “me time” cobalah untuk mengambil keputusan secara mandiri

Belajar untuk mengambil keputusan

Belajar untuk mengambil keputusan via http://nigeriarealestatehub.com

Orang ekstrovert biasanya sangat bergantung pada orang lain dan akan meminta pendapat pada orang lain saat mengambil keputusan. Ini sudah nalurinya untuk mendiskusikan segala sesuatu kepada orang lain. Bahkan kamu bisa dengan mudah mengubah pemikiranmu dengan beberapa kemungkinan pendapat yang diberikan orang lain. Nah saat “me time” cobalah untuk melakukan segala sesuatunya secara mandiri tanpa harus bergantung kepada orang lain.

Kamu bisa menentukan sendiri apa yang ingin kamu lakukan untuk menghabiskan waktumu tanpa harus menunggu ada teman atau orang lain disampingmu. Ingat ya kadang teman pasti punya jam sibuknya sendiri sehingga tidak selalu bisa menemanimu kapanpun kamu inginkan. Daripada kamu merasa bosan di rumah cobalah melakukan segala sesuatu secara mandiri. Dengan begitu kamu bisa mengantisipasi jika di lain waktu teman-teman tidak bisa menemanimu.

4. Tontonlah film yang menarik, bisa dimulai dengan film horor

Gimana rasanya menonton film sendirian?

Gimana rasanya menonton film sendirian? via http://gogirlmagz.com

Menonton sendirian juga tidak kalah serunya kok. Tidak harus menunggu ada teman atau tidak, kamu bisa langsung habiskan waktumu dengan menonton film keluaran terbaru dengan mengunduh film tersebut. Kamu juga bisa pergi ke bioskop dan bebas menentukan film mana yang ingin kamu tonton. Lumayan kan ada penonton yang menemanimu menonton. 

Atau coba deh menonton film horor sendirian. Jika selama ini kamu menonton film horor bersama teman-temanmu, kali ini saat "me time" kamu harus coba untuk menontonnya sendirian. Rasakan sendiri sensasinya saat menonton sendirian yang tentunya berbeda dibanding saat kamu menonton dengan teman-temanmu.

5. Pergilah ke luar rumah

Jalan-jalan sambil ditemani abang ojek boleh juga

Jalan-jalan sambil ditemani abang ojek boleh juga via http://mnn.com

Kamu bisa pergi jalan-jalan sebagai “me time” dengan berbelanja kebutuhan sehari-hari, pergi ke mall, berkeliling kota dan mengunjungi ke tempat yang menurutmu menarik dan memberikan hiburan tersendiri untukmu. Gunakan kendaraan seperti motor dan mobil untuk memperluas pelesiranmu. Jika kamu tidak memiliki kendaraan pribadi kamu bisa menaiki angkutan umum seperti bis, ojek dan taksi untuk mengunjungi destinasi tempat yang kamu inginkan.

6. Rapikan kamarmu

Kalau nggak mau suntuk ya dirapikan dong, mbak

Kalau nggak mau suntuk ya dirapikan dong, mbak via http://teenvogue.com

Merasa suntuk dan sumpek dengan kamarmu? Itu pertanda kamarmu harus dibenahi! Jika kamu tidak tahu apa yang ingin kamu lakukan di rumah saat waktu luang, cobalah untuk merapikan kamarmu. Dimulai dari sampah kertas dan sisa cemilan. Kemudian dilanjutkan dengan merapikan buku, meja belajarmu, baju-baju yang bertebaran di mana-mana, mengganti sprei, dan menyapu kamarmu. Rapikan juga pakaian yang terdapat di lemarimu. Kamu bisa memisahkan pakaian yang masih terpakai dan pakaian yang kekecilan atau tidak dipakai lagi. Pakaian yang tidak terpakai ini bisa kamu sumbangkan ke panti atau ke tempat pakaian bekas. 

Kini kamar yang bersih akan membuatmu nyaman dan betah serta tidak akan membuatmu merasa sumpek lagi.

7. Manjakan dirimu

Pijat refleksi untuk badan dan pikiran

Pijat refleksi untuk badan dan pikiran via http://manfaatsehat.id

Kamu bisa pergi ke tempat refleksi untuk melakukan pemijatan pada tubuhmu. Pijatan ini selain memberikan relaksasi pada tubuh dan pikiranmu juga membuat tidurmu berkualitas. Jadi bagi yang susah tidur cobalah untuk melakukan pijatan refleksi ini ya! Oh iya kamu juga bisa pergi ke salon seperti melakukan spa dan perawatan. Perempuan pasti senang banget ya dengan perawatan seperti ini. Cocok untuk menghabiskan waktu “me time” kamu dan membuat kamu semakin cantik!

7 kegiatan “me time” di atas bisa kamu coba baik ketika kamu sendiri ataupun saat bersama dengan teman-temanmu. Sesibuk apapun kamu dengan berbagai macam kegiatan sosialmu, kamu juga harus meluangkan waktu untuk diri sendiri. Selain mengusir stres, energimu akan terisi kembali dan mood kamu akan semakin bagus dalam menjalankan hari-harimu. Tetap semangat hai ekstrovert!