Musik, sebuah kata yang menyimpan banyak kisah. Bagi sebagian orang, musik ibarat sebuah agama yang diwajibkan untuk dimiliki dan dinikmati keindahannya. Bagi sebagian lainnya, musik dianggap sebagai  ekspresi jiwa untuk berbagai moment yang pernah dialami. Sedih, bahagia, amarah, kekecewaan, semua dapat terwakili oleh nada dan lirik di dalam musik.

Setiap musik yang diciptakan selalu berisi tentang lirik yang sengaja dibuat untuk menyentuh pendengarnya. Tidak hanya itu, visual yang ditampilkan oleh musik melalui sebuah MV (music video) juga menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat musik.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati sebuah musik. Kamu bisa menikmatinya melalui siaran di radio, playlist di youtube, hingga menikmatinya melalui sebuah film bergenre musical. Sepanjang sejarah perfilman di dunia, berikut adalah rangkuman dari daftar judul film musical yang recommended untuk ditonton berulang kali. Penasaran? Yuk, simak daftar judul di bawah ini ya!

1. Jika kamu ingin menikmati film bertema romantis musikal, Camp Rock adalah pilihan yang tepat

Camp Rock merupakan sebuah film keluaran dari Amerika Serikat yang ditayangkan pada tahun 2008. Film ini dibintangi oleh Jonas Brothers bersama dengan Demi Lovato. Film ini mengisahkan tentang perjuangan Mitchie yang diperankan oleh Demi Lovato untuk menjadi seorang penyanyi terkenal. Demi mewujudkan impiannya, Mitchie bergabung dengan kegiatan kemah musik yang diberi nama Camp Rock. Saat itulah ia dipertemukan dengan Shane Gray yang diperankan oleh Joe Jonas.

Selain pemainnya yang kece, film ini menawarkan deretan musik berkualitas yang ditulis oleh komposer terkenal seperti Julie Brown, Paul Brown, Karen Intsari, hingga Reggina Hicks.

2. Camp Rock 2, sebuah kisah klasik yang teramat sayang untuk dilewatkan

Camp Rock 2: The Final Jam via http://www.disneychannel.disney.com

Mengusung kisah sequel film sebelumnya, The Final Jam dari Camp Rock 2 diluncurkan pada tahun 2010. Masih dibintangi oleh Demi Lovato, film ini berkisah tentang kembalinya Mitchie ke Camp Rock. Konflik dalam fim ini dipicu oleh munculnya Camp Star sebagai saingan dari Camp Rock. Tak kalah dari film sebelumnya, sequel dari Camp Rock ini nyatanya juga mampu menghadirkan kisah menarik yang membuat penontonnya betah untuk menikmati berulang kali.

3. Pich Perfect, sebuah kisah gadis acapella yang memukau telinga!

Advertisement

Pitch Perfect via http://www.movieweb.com

Masih berasal dari Amerika Serikat, Pitch Perfect hadir dengan kisah yang cukup segar. Bercerita tentang perjuangan komunitas acapella "The Barden Bellas" untuk memenangkan kompetisi acapella. Film ini memang layak dijadikan pilihan untuk mengisi waktu luang, apalagi untuk dinikmati bersama sahabat terdekat. Karena film ini juga berkisah tentang persahabatan yang tercipta seiring perjalanan dalam mencapai mimpi bersama.

4. Bukan sekedar sequel, Pitch Perfect 2 juga hadir dengan kisah yang tak kalah apik!

Sekali lagi film sequel ini membuktikan bahwa kisah yang ditawarkan tak kalah menarik dari film sebelumnya. Menghadirkan konflik yang sedikit berbeda, kualitas musik yang disuguhkan semakin apik dengan tercipanya lagu Flashlight yang dipopulerkan oleh Jessi J.

5. Untukmu penggemar Adam Levigne, pastikan untuk tidak melewatkan film Begin Again

Begin Again via http://www.pinterest.com

Begin Again juga sebuah film yang diproduksi oleh Amerika Serikat pada tahun 2013. Film ini menawarkan cameo yang menggoda, yakni Adam Levigne. Ia muncul dengan adegan mesranya bersama Keira Knightley, sang pemeran utama wanita. Sementara itu, pemeran utama laki-lakinya diperankan ole Mark Rufallo.

Film ini berkisah tentang seorang mahasiswa yang bernama Gretta (Keira) yang berbakat untuk menulis sebuah lagu yang biasa dikerjakan bersama kekasihnya, Dave (Adam Lavigne). Namun pada suatu hari, Dave ternyata sukses lebih dulu karena telah ditawari kontrak rekaman sebuah perusahaan besar dan akhirnya mencampakkan Gretta.

6. Suka marching band? Yuk tonton kisah keren dari film A Heartbeat Away!

A Heartbeat Away via http://www.aceshowbiz.com

A Heartbeat Away sebuah film produksi dari Australia yang bercerita tentang sosok gitaris aliran rock yakni Kevin Flick yang terpaksa berpindah aliran musik menjadi seorang music director dari sebuah marching band. Ia harus mengalami semua hal tersebut lantaran kondisi ayahnya yang terlibat kecelakaan. Film ini juga mengajarkan pesan moral yang berharga, betapa pentingnya memberikan kebahagiaan kepada orang tua kita.

7. Whiplash, nikmati musikalias alunan Jazz dari seorang ambisius!

Sempat menjadi nominasi dari Film Terbaik Piala Oscar, Whiplash menjadi salah satu pilihan terbaik bagi penikmat film musikal. Film independen garapan dari Damien Chazelle ini mencertakan tentang perjuangan Andrew untuk mencapai mimpinya dengan cara membangkitkan segala sisi gelap dari dalam dirinya. Kisah sosok ambisius ini dibungkus dengan apik oleh alunan musik jazz.

8. Miss Granny, bukti jika Korea Selatan juga punya film musikal yang berkualitas!

Miss Granny via http://www.pinterest.com

Miss Granny, berkisah tentang kisah perjalanan seorang nenek tua yang diberikan kesempatan untuk menjadi muda kembali. Kisah ini dimulai saat sang nenek merasa akan dibuang ke panti jompo karena terlalu menekan mental dari menantunya. Ketika berada pada jalan yang penuh kebimbangan, saat itulah nenek berfoto di sebuah studio yang akhirnya merubah tampilannya menjadi muda. Saat menjadi muda, sang nenek bergabung menjadi vokalis band dari band yang dibentuk oleh cucunya. Terlibat dalam sebuah jalinan cinta bersama dengan seorang produser, sang nenek sempat merasa berat untuk kembali menjadi tua. Sebelum akhirnya, cucunya terlibat kecelakaan dan membuat nenek tergerak untuk menyelamakan nyawanya.

9. Mengadaptasi Karya Anime, Beck Menyuguhkan Kisah yang Inspiratif

Beck adalah sebuah film yang diadaptasi dari serial anime yang diangkat dari cerita manga. Film ini berkisah tentang perjuangan 5 pemuda yang tergabung dalam sebuah band beraliran rock n roll yang bermimpi untuk menjadikan bandnya mendunia. Jika tak cukup melihat rangkuman kisahnya dalam sebuah film berdurasi 2 jam ini, kalian bisa menyaksikan kisah lengkapnya dalam anime dan manganya.

Nah, jadi bagaimana? Sudahkah kamu menonton deretan film di atas? Jika belum pastikan untuk segera menontonnya ya guys! Dijamin nggak rugi deh, malah bakal ketagihan!