Sebagai manusia yang cenderung melihat kekurangan dirinya terlebih dulu, kamu tidak akan pernah bisa mengalahkan insecurity. Kamu bisa menjadi orang percaya diri tetapi masih saja merasa insecure pada saat tertentu. Insecurity adalah monster yang tidak pantas kamu dengar bisikannya.

Tidak jarang insecurity menghantuimu di kehidupan sehari-hari. Kamu bisa lumpuh seketika karena merasa insecure. Banyak sekali orang tidak sanggup berkenalan dengan gebetan, bersikap rendah diri di depan pasangannya, dan masih banyak lagi. Itulah sebabnya kamu sampai mempelajari banyak cara menghilangkan insecurity, namun tidak akan bisa efektif kalau kamu masih belum menemukan keberanian untuk mencoba semua ilmu yang sudah kamu pelajari dengan percaya diri.

Oleh karena itu, inilah 5 mantra yang bisa kamu ucapkan keras-keras di depan cermin atau di dalam hati ketika insecurity mulai menghantui kepercayaan dirimu.

1. “Merasa Insecure Sesekali Itu Tidak Salah, Kok.”

Kamu insecure ? via http://blogs.psychcentral.com

Begitu insecurity mulai merayapi dirimu, ingatlah bahwa tidak ada salahnya merasa insecure. Biarkan dirimu merasakannya daripada menyangkalnya. Menerima kenyataan bahwa kamu sedang insecure malah mempermudahmu untuk mengalahkan apapun yang membuatmu rendah diri pada saat itu. Kalau kamu menyalahkan diri sendiri dan menyebut dirimu lemah karena merasa insecure, kamu hanya akan merendahkan diri lebih jauh.

Remember, you’re not giving in, you just taming the monster.

2. “Semua Orang Insecure!”

Kamu harus tahu semua orang sebenarnya insecure via http://blogs.universal.org

Advertisement

Saat insecure, pasti kamu sulit untuk berpikir bahwa semua orang juga mengalami masalah yang sama. Sebenarnya itu salah. Sekeren apapun seseorang, sepintar apapun dia, dia tetap tidak kebal dari insecurity. Ketika kamu merasa kurang segala-galanya untuk gebetan atau pasangan dan orang-orang di sekitarmu, ingatkan dirimu sendiri bahwa semua orang di luar sana juga berpikiran sama tentang diri mereka sendiri supaya kamu tidak merasa sendirian.

Kamu tetaplah orang yang luar biasa walaupun masih punya insecurity. Kamu tidak perlu menunggu sampai kamu akhirnya bisa percaya diri untuk bisa melakukan apapun yang kamu mau. Hanya karena kamu insecure, bukan berarti semua kualitas dirimu buruk. Orang yang berkualitas adalah orang yang tidak pernah membiarkan insecuritynya merusak dirinya dan orang-orang di sekitarnya. Banggakan juga kelebihan yang kamu miliki agar kamu tidak terlalu fokus dengan kekuranganmu.

3. “Walaupun Aku Insecure, Aku Masih Bisa Percaya Diri!”

Percaya diri itu bukan sombong via http://lovefindsitsway.com

Kebanyakan orang berpikir orang yang percaya diri adalah orang yang tidak punya insecurity. Sebaliknya, orang percaya diri adalah orang yang tetap kuat dan bisa melakukan apapun walaupun insecuritynya terus berkata dia tidak mampu. Jadi, kalau kamu ingin percaya diri tetapi masih menyimpan insecurity, jangan takut! Kamu bukan orang lemah yang membiarkan kepercayaan dirimu kalah oleh insecurity.

Tertawakan saja! Insecurity tidak selamanya bisa merendahkan self-esteem­ kamu. Ada kalanya kamu harus cuek dengan bisikan-bisikan insecurity di benakmu. Buat apa kamu murung kalau kamu bisa berbahagia? Mengapa kamu harus risih dengan kekuranganmu kalau kamu tetap masih bisa terlihat keren di depan orang lain?

4. “Aku Tidak Akan Terpengaruh Insecurityku Selama Aku Terus Menantang Diri Sendiri.”

Kamu tidak akan bisa mendapat kepercayaan diri tanpa usaha, tanpa berani mengambil risiko, dan tanpa takut gagal. Tahu tidak, meski kamu gagal berusaha pun, kepercayaan dirimu malah membesar bukannya menciut kalau kamu menanamkan mindset ini. Teruslah tantang diri sendiri. Kapan kamu bisa maju kalau masih berada di zona nyaman terus?

Seperti yang sudah disebutkan, kamu tidak akan bisa menghapus insecurity sepenuhnya. Namun, kamu bisa mengubah insecuritymu menjadi sesuatu yang positif buat dirimu sendiri. Kamu insecure dengan kulit gelapmu? Tidak masalah, kamu bisa mengeksplor gaya berpakaian yang cocok untuk orang berkulit gelap. Kamu insecure dengan tubuh gemukmu? Kamu boleh berdiet jika itu keinginanmu. Tetapi, selama kamu masih sehat dan orang lain tetap menyayangimu, kenapa kamu harus minder?

5. “Hanya Karena Aku Merasa Insecure Bukan Berarti Aku Boleh Jadi Orang Insecure.”

Analisalah lingkungan pergaulanmu via http://boundless.org

Terkadang sulit buatmu melihat kelebihan diri sendiri karena terhalangi oleh awan insecurity. Kamu boleh meminta pujian dari pasangan atau teman untuk menambah kepercayaan diri, namun pada akhirnya, keputusan ada di tanganmu. Kamu bisa membiarkan insecurity menguasai dirimu atau pantang menyerah lalu berusaha mengalahkannya.

Hanya karena kamu berpikir kamu tidak mampu, bukan berarti itu fakta.

Biasanya, orang insecure karena penampilan fisiknya. Tetapi, kenapa kamu harus membenci diri sendiri kalau kamu bisa menjadi orang keren? Buang saja bisikan negatif tentang siapa dirimu dan katakan pada dirimu sendiri bahwa kamu adalah orang berkualitas. Ingatlah, you are good enough and you will always be good enough.

Kamu boleh berusaha membuktikan kebaikan dirimu pada gebetan atau pasangan. Akan tetapi, orang yang paling butuh pembuktian tersebut adalah dirimu sendiri. Kalau kamu bisa membiarkan insecurity melumpuhkanmu, kenapa kamu tidak bisa membuatnya jadi motivasi? Meski sulit, hadapi dengan sabar dan perlahan. Percayalah bahwa hanya kamulah yang merasakan manfaat terbesarnya saat kamu berhasil nanti. Insecure bisa bertambah parah ketika kamu terlibat dalam lingkungan pergaulan dengan orang – orang yang salah, karenanya, memilih pergaulan yang tepat sangat diwajibkan bagi mereka yang ingin berkembang.