Kamu tentu sudah akrab dengan nama Albert Einstein si penemu teori relativitas, Isaac Newton si penemu teori gravitasi, atau Thomas Alva Edison si penemu lampu. Karena temuannya yang mampu memengaruhi perkembangan zaman, nama mereka sering disebut-sebut di pelajaran Sejarah atau Fisika. Tapi tahu gak, sih, kalau ada penemu-penemu lain yang ikut memengaruhi zaman, namun jarang diketahui oleh publik? Penasaran? Simak ulasannya di bawah ini!

 

1. Lawrence Tesler, Penemu Copy-Paste

Lawrence Tesler, Penemu Copy-Paste

Lawrence Tesler, Penemu Copy-Paste via http://www1.pcmag.com

Hayo, siapa yang belum pernah melakukan kegiatan copy-paste? Ya, kegiatan yang berasal dari kata Copy yang berarti salin, dan Paste, yang artinya tempel, merupakan kegitan menyalin data (teks, gambar, dan lain-lain) dari suatu tempat, kemudian menempel / meletakannya ke tempat lain sesuai keinginan. Tentunya kegiatan ini sudah akrab dilakukan oleh masyarakat zaman kini, terlebih bagi kaum pelajar dan mahasiswa dalam membantu menyelesaikan tugas-tugasnya. Segala urusan ketik-mengetik dapat dengan mudah, cepat, dan hemat waktu berkat sistem yang ditemukan oleh seorang pria bernama Lawrence Tesler.

Sejarah mencatat Lawrence Tesler sebagai penemu fitur copy-paste ketika ia sedang melakukan penelitian program Smaltalk-76 yang bertugas untuk menyimpan data teks ke dalam memori internal komputer. Saat itulah ia menemukan fitur yang menjadi andalan mahasiswa saat sudah mencapai titik malas untuk mengetik.

2. Justus Von Liebig, Penemu Cermin

Justus Von Liebig, Penemu Cermin

Justus Von Liebig, Penemu Cermin via https://upload.wikimedia.org

Ketika sedang bercermin, pernahkah terlintas pertanyaan di benakmu, siapa sih penemu cermin? Kalau jawabannya iya, maka penemunya adalah Justus Von Liebig, seorang pria berkebangsaan Jernam yang hidup pada 1803 sampai dengan 1873.

Masa hidupnya ia kerahkan untuk menjadi seorang ahli di bidang kimia. Ia menerapkan lapisan tipis perak metalik pada satu sisi sebuah panel kaca bening. Lalu, ia menyepuh permukaan kaca dengan air raksa sehingga menimbulkan efek pantul. Dan, jadilah cermin yang selama ini kita pakai. Jadi, buat kamu yang perempan, jangan lupa berterima kasih kepada sosok Liebig, ya!

3. Arthur Wynne, Penemu Teka-teki Silang

Arthur Wynne, Penemu Teka-teki Silang

Arthur Wynne, Penemu Teka-teki Silang via http://cdn.images.express.co.uk

Pernah bermain teka-teki silang? Jika pernah, berarti kamu sudah mencicipi hasil temuan Arthur Wynne. Ia adalah seorang editor dari suatu surat kabar di New York. Suatu hari, ia ditugaskan untuk membuat permainan yang akan dimuat di surat kabarnya itu, kemudian terciptalah ide permainan teka-teki silang berkat inspirasinya pada permainan yang sering ia temui pada masa kanak-kanak, yaitu kotak ajaib. Permainan teka-teki silang kali pertama dimuat pada 21 Desember 1913 dengan bentuk belah ketupat dan tidak ada kotak hitam, seperti teka-teki silang zaman sekarang.

4. Maurice Levy, Penemu Lipstik

Maurice Levy, Penemu Lipstik

Maurice Levy, Penemu Lipstik via http://4.bp.blogspot.com

Bagi kaum perempuan, berterimakasihlah pada sosok Maurice Levy. Pasalnya, dia lah yang menemukan benda "sakral" milik perempuan yang tidak pernah tertinggal di dalam tas. Yap, apalagi kalau bukan lisptik. Lipstik pada zaman dulu hanya berbentuk tabung dengan panjang 5 cm, berbeda dengan saat ini yang biasa dipakai, yaitu bisa diputar atau diraut.

Dalam sejarahnya pada tahun 1837, Ratu Victoria melarang perempuan untuk memakai lipstik. Ia mengatakan bahwa lipstik dipakai hanya untuk para pekerja komersial. Berbeda dengan zaman sekarang yang bisa digunakan oleh siapa saja dari berbagai kalangan.

5. Adolf Fick, Penemu Lensa Kontak

Adolf Fick, Penemu Lensa Kontak

Adolf Fick, Penemu Lensa Kontak via http://4.bp.blogspot.com

Ternyata, lensa kontak atau yang kerap disebut softlens, merupakan barang yang sudah ada sejak tahun 1888. Lensa kontak ditemukan pertama kali oleh Adolf Fick. Eksperimen pertamanya adalah pada seekor kelinci, lalu pada dirinya sendiri, kemudian menjalar pada sekelompok relawan. Pada 1889, lensa kontak dikembangkan lagi oleh August Muller.