Tidak hanya manusia yang bisa merasakan kesendirian. Di dunia diketahui ada beberapa hal yang juga tergolong sendiri atau dengan kata lain tidak ada hal lain sejenis yang menemani mereka. Ada hewan, tumbuhan, dan bahkan benda mati sekalipun bisa menjadi single.

1. Curiosity Rover

Aku single via http://3dprint.com

Curiousity adalah nama sebuah robot berukuran mobil yang diciptakan oleh NASA untuk menjelajahi planet Mars. Robot ini diluncurkan dari Cape Canaveral pada tanggal 26 November 2011 dan mencapai planet Mars pada 6 Agustus 2012. Perlu diketahui bahwa robot ini hanyalah satu-satunya robot yang diciptakan dan dikirim oleh NASA ke planet Mars. Jadi, tentunya bisa kamu bayangkan bagaimana rasanya seorang diri tinggal di sebuah planet yang tak berpenghuni.

Melihat kesendirian yang dialami oleh Curiousity, NASA saat ini diberitakan tengah membuat generasi robot berikutnya yang lebih canggih daripada yang sebelumnya. Jika ini benar. maka bisa jadi Curiousity tidak akan lagi berstatus single. Selamat menjelang menempuh hidup baru ya, Curiousity.

2. Siput Partula Faba

Siput jomblo via http://zipcodezoo.com

Advertisement

Dari dunia binatang, hewan single ini merupakan salah satu jenis siput tropis yang keberadaanya kini telah hilang dari muka bumi. Namun sebelum benar-benar punah, ada 1 ekor siput menjadi "The Last Man Standing" dari spesiesnya. Menjadi satu-satunya spesies yang tersisa tentunya membuat siput ini mengalami kesendirian yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Spesies siput ini punah terlebih dahulu sebelum para peneliti memberikan nama ilmiah padanya. Spesies siput ini terus berkurang dikarenakan mereka adalah mangsa sempurna bagi siput kanibal. Satu-satunya yang bertahan hanyalah seekor siput yang hidup di sebuah tanki di Bristol, Inggris. Siput berkelamin betina ini akhirnya mati pada bulan Februari 2016. Punahnya siput spesies ini menandakan berakhirnya sudah status single yang dipegangnya.

3. Lumba-Lumba Baiji

Sendiri nih via http://mongabay.co.id

Lumba-lumba telah dikenal sebagai mamalia laut yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Lumba-lumba Baiji adalah jenis lumba-lumba air yang hanya ditemukan di sungai Yangtze, Cina. Bagi warga Cina, lumba-lumba Baiji diberi julukan sebagai Dewi Sungai Yangtze. Dan lumba-lumba jenis ini termasuk hewan yang dilindungi di Cina.

Pada tahun 2006, lumba-lumba Baiji resmi dikatakan punah karena tidak ada seorangpun yang pernah melihat lumba-lumba ini. Pernyataan tersebut akhirnya dipatahkan oleh seorang pria yang secara tidak sengaja melihat seekor lumba-lumba Baiji berenang dan muncul ke permukaan sungai. Karena tidak terlihat lumba-lumba lain di sekitarnya, para peneliti mengungkapkan bahwa lumba-lumba itu adalah lumba-lumba terakhir yang masih hidup dari jenisnya. Tidak dapat dibayangkan bahwa lumba-lumba yang biasa hidup berkelompok, kini harus hidup sendiri dan menyandang status jomblo.

4. Pulau Hashima

Pulau kesepian via http://japanesia.co.id

Pulau Hashima atau yang lebih dikenal dengan nama Gunkanjima adalah salah satu tempat terbengkalai yang terletak sekitar 15 km dari kota Nagasaki. Pulau ini tadinya merupakan pulau tempat tinggal dari 5.000 orang. Dikarenakan sejarah kelam di masa perang dunia kedua, pulau Gunkanjima akhirnya ditinggalkan oleh para penduduknya.

Pulau yang sudah mati ini sekarang hanya bisa dijadikan sebagai lokasi bersejarah dan juga tempat tujuan wisata. Tidak ada satu orangpun yang mau tinggal sendiri di pulau terpencil itu. Keberadaan pulau terpencil ini semakin dikenal dunia berkat dilangsungkannya film James Bond: Skyfall.

5. George Si Penyu

Penyu merindukan cinta via http://nationalgeographic.co.id

Pada tahun 2012 menjadi tahun terakhir dimana penyu bernama George hidup. Penyu ini menjadi satu-satunya jenis penyu langka. Saking langkanya, penyu ini hanya berjumlah 1 ekor pada saat itu. Hidupnya yang single itu membuat pemerintah memasukkan penyu ini ke dalam wilayah konservasi di pulau Galapagos.

Beberapa ilmuwan sedang berusaha untuk memperbanyak penyu jenis ini. Namun karena sulitnya menemukan betina yang cocok, penyu ini tetap menjadi penyu single. Dari beberapa usaha yang telah dilakukan, penyu ini akhirnya berhasil bertelur, tapi telur tersebut tidak kunjung menetas. Sehingga membuat para peneliti harus berusaha lagi dari awal. Namun sebelum usaha mereka berhasil, George sudah lebih dulu menutup usianya. Sebagai catatan, ternyata George sebenarnya tidaklah single seperti yang dikira. Belakangan ini diketahui ada beberapa spesies penyu di Galapagos yang memiliki genetik yang sama dengan George. Mungkin suatu saat nanti para peneliti berhasil menghidupkan kembali George.

6. Katak Toughie

Katak katakan cinta via http://anehdunia.com

Menjadi jenis terakhir yang bertahan hidup merupakan hal yang menyedihkan bukan hanya bagi manusia tapi juga bagi hewan terutama katak Toughie. Toughie adalah katak pohon terakhir dari jenis Ecnomiohyla Rabborum. Masih ada sekitar 11 jenis katak langka yang hidup di muka bumi, tapi hanya Toughie lah katak yang benar-benar berstatus single.

Katak betina terakhir kali hidup pada tahun 2009. Setelah itu, Toughie hidup sendiri di penangkaran. Meski para peneliti sudah berusaha mencarikan pasangan yang tepat, Toughie tidak pernah merespon katak jenis lain. Apabila katak ini mati, maka habislah sudah katak hutan hujan tropis jenis Ecnomiohyla Rabborum.

7. Pohon Tenere

Phon Tenere adalah pohon jenis Acacia Raddiana yang berada di tempat isolasi di gurun Sahara, sebelah timur laut Nigeria. Pohon ini menjadi satu-satunya pohon yang berada di gurun tersebut. Bisa dibilang bahwa pohon ini adalah satu-satunya tumbuhan "single" yang hidup di muka bumi.

Pada tahun 1973 nasib tragis menimpa pada pohon single ini. Ada seorang pengemudi truk yang mabuk kemudian menabrak pohon ini. Tidak lama setelah kecelakaan, sisa-sisa dari pohon Tenere dipindahkan ke National Museum of Niger dan diletakkan ke dalam semacam kuburan besar.

8. Man of The Hole

Manusia lubang via http://toptendiary.com

Man of the hole atau dalam bahasa Indonesia pria lubang merupakan pria terakhir yang masih hidup dari sukunya. Hidup di pedalaman hutan Amazon, keberadaan suku dari pria ini benar-benar tidak diketahui. Nama suku serta bahasa yang digunakan benar-benar bahasa asing yang belum pernah didengar oleh orang-orang.

Dirinya dikenal sebagai pria lubang karena kebiasaan dirinya menggali lubang dimana lubang itu digunakan sebagai tempat sembunyi untuk memburu. Meskipun pria ini menjadi yang hidup terakhir dari sukunya, pada tahun 2009 ada sekelompok pria bersenjata api yang berusaha menyerangnya. Namun untungnya pria ini berhasil selamat dan tetap melakukan kebiasaannya menggali lubang.