Berbicara soal jodoh, semua manusia tahu bahwa jodoh, maut dan rezeki sudah diatur oleh yang Kuasa, tinggal bagimana kita dapat menjemputnya. Percaya juga kan jika rezeki tidak mungkin tiba-tiba turun dari langit tanpa dicari, nah . . begitupun dengan yang namanya jodoh. Mereka gak mungkin tiba-tiba muncul di depan kita tanpa kita cari, tanpa kita berusaha dan berikhtiar. Aplikasi seperti ini sangat bermanfaat untuk para single yang sangat sibuk dengan kariernya, sampai mereka lupa bahkan sulit berinteraksi dengan dunia luar.

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa-apa yang pada diri mereka ” QS 13:11

Zaman yang canggih saat ini ada banyak cara untuk kita dapat berikhtiar dalam menjemput jodoh, salah satunya adalah dengan mencoba aplikasi dating. Sebelum kamu mencoba untuk download aplikasi tersebut, kamu harus perhatikan tips-tips dibawah ini.

 

1. Bulatkan niatmu sebelum terjun ke dunia "dating online", karena gak semua orang punya niat yang sama

bulatkan niat baik untuk sesuatu yang baik

bulatkan niat baik untuk sesuatu yang baik via http://jalantikus.com

Bulatkan niatmu untuk mencari jodoh atau pendamping hidup, gak perlu malu mencari jodoh lewat aplikasi dating, selagi niat kita baik, pasti Tuhan akan membuka jalan dan memberi pentujuk yang baik juga. Memang tak menutup kemungkinan jika orang-orang yang kamu temui punya niat yang berbeda, disinilah kamu haru bisa memilah mana yang terlihat baik dan tidak.

2. Hal yang paling sederhana, kamu dapat menilai dan memilih seseorang dari cara berfoto atau profle pribadinya

minimal liat aja gaya fotonya

minimal liat aja gaya fotonya via http://rockingmama.com

Dalam aplikasi tersebut ada lebih dari ratusan manusia yang kamu temui dengan berbagai macam latar belakang. Kamu dengan sangat leluasa dapat memilih tanpa ada batasan. Namun kamu harus tetap hati-hati, "biasanya" pribadi seseorang dapat di lihat dari cara dia berfoto, apa yang diposting dan profil pribadi, terlepas dari kriteria kamu yang pengen punya pacar yang tampan dan cantik, kamu harus tetap berhati-hati.

3. Jika kamu dan si dia ternyata "match" coba mengenal dengan membuka obrolan yang ringan

It`s a Match

It`s a Match via http://jalantikus.com

It`s a Match ..

Tiba-tiba kamu mesem-mesem sendiri ketika kamu dan si dia ternyata match. Yap . . memang awal yang baik, artinya si dia merasa tertarik dengan kamu ( tertarik dengan foto sih ), tapi gak ada salah kita coba untuk "say hallo" duluan. Jika responnya baik, kamu bisa membuka obrolan ringan, jangan langsung tembak bilang "kamu mau gak nikah sama aku ?" . . bisa-bisa si dia langsung "unmatched".

Keep calm ya guys  . .

 

 

4. Foto adalah cerminan pribadi, jadi pasanglah foto yang tidak mengundang kejahatan

pasang foto yang normal-normal aja

pasang foto yang normal-normal aja via http://malesbanget.com

Aplikasi tersebut mengharuskan kamu untuk memasang beberapa foto pribadi, sebelum mengenal lebih dalam, semua orang pasti akan menilai kamu dari cara berfoto. Jika foto-foto cenderung vulgar yang kamu tampilkan, maka jangan heran jika banyak chat negatif yang kamu terima. Kejahatan bisa terjadi di manapun, apalagi di zaman yang canggih saat ini.

5. Ketika kamu dan si dia sudah merasa cocok, tak ada salahnya saling tukar ID ( bukan no telp )

Tukeran ID aja dulu

Tukeran ID aja dulu via http://viva.com

Jika dalam chat aplikasi kamu dan si dia sudah merasa cocok, tak ada salahnya saling tukar ID line atau PIN BBM, bukan nomor handphone ya. Kenapa harus ID bukan nomor telpon ? yap karena kita belum mengenal dia lebih dalam, hanya sekedar cocok karena punya hobi yang sama, belum tentu dia punya niat baik yang sama juga. Saling tukar ID memudahkan kita untuk mem-block jika suatu saat di pertengahan perkenalan kalian, dia ada niatan ke arah yang tidak baik.

6. Tahapan selanjutkan setelah cocok dalam sebuah obrolan "chating" kamu bisa ajak si dia kopdar alias kopi darat

Kopi darat

Kopi darat via http://segiempat.com

Setelah kamu dan si dia merasa nyaman dan cocok dalam sebuah obrolan chating, kamu bisa ajak ketemuan atau 'kopi darat'. Fungsi kopi darat adalah menyakinkan dan memastikan apakah kamu benar-benar merasa cocok dengan melihat kondisi fisiknya secara real bukan hanya lewat foto, bukan hanya lewat sosmed, begitupun sebaliknya. Karena tidak menutup kemungkinan, sebuah foto dapat membuat seseorang berekspektasi berlebihan, semakin canggih teknologi, maka fisik seseorang bisa 180 derajat berbeda dari aslinya.

Balik lagi ke niat " don`t judge a book by its cover"

7. Penentuan dari panjangnya perjalanan kalian, apakah bisa lanjut ke arah yang lebih serius atau cukup sampai disini

Lanjut gak yah . .

Lanjut gak yah . . via http://loop.com

Nah . . setelah 'kopi darat', kamu bisa menilai si dia, apakah sesuai dengan ekpektasimu atau tidak. Mungkin jika setelah pertemuan, hubungan kalian menjadi lebih renggang dari sebelumnya, artinya ada di antara kalian yang tidak merasa cocok, tapi jika sebaliknya, bahkan hubungan kalian menjadi lebih intens dan berkualitas, itu artinya wangi-wangi jodoh semakin dekat telah tiba.

Guys . . jika pada saat pertemuan ada hal yang membuat kamu tidak merasa nyaman, coba untuk kenali lebih dalam, jika hal kecil saja seperti gara-gara dia tidak berpakaian rapi atau hanya karena telat datang pada saat pertemuan, jangan jadikan itu sebuah alasan untuk menjauh, mungkin saja ada hal baik dalam dirinya yang belum kita lihat.

Jika kita sudah menjadi manusia yang baik dan jika niat kita dalam menjemput jodoh pun sudah baik, maka Tuhan pasti akan mempertemukan kita dengan jodoh yang baik juga.