Siapasih yang nggak kenal insomnia atau bisa disebut gak bisa tidur. Apalagi buat kamu yang sering lembur tugas dan waktu istirahat malam mu terkadang nggak kepake dan bisa tidur nya malah menjelang subuh. Padalan keesokan harinya harus beraktifitas lagi. Nah kali ini ada beberapa tips agar kamu bisa cepat tidur dan memperbaiki waktu istirahat kamu. Yuk scroll kebawah !!

1. Jangan main handphone saat kamu ingin tidur

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/1180558/big/051223300_1458721041-mainhapetidur.jpg via http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com

Menurut para ahli nih, paparan cahaya dari tablet atau handphone kamu akan menurunkan kadar hormon melatonin 23 persen lo. Kalian tau melatonin adalah zat alami pada tubuh kita yang membantu untuk tidur dengan cara memberitahukan tubuh bahwa situasi di sekitarnya sudah gelap dan memeritahukan pada tubuh kita untuk segera tidur. Nah, jadi kalau kamu mau tidur jangan mainan handphone nanti malah gagal buat memperbaiki siklus tidur kamu deh. Jadi matiin aja handpone kamu selain mencegah radiasi tidak mengunakan hp saat mau tidur bisa tidur nyenyak.

2. Jangan minum kopi saat mau tidur

https://cdns.klimg.com/merdeka.com/i/w/news/2014/10/01/437283/670×335/ternyata-minum-kopi-tak-pengaruhi-nafsu-makan.jpg via https://cdns.klimg.com

Tahan dulu deh kalau pengen kopi malam-malam. Seperti yang kita ketahui, bahwa kopi membuat kamu tetap terjaga karena mengandung kafein, obat yang menghasilkan sejumlah reaksi kimia di dalam otak yang bertindak untuk membuat kamu tetap terjaga alias melek. Kafein bekerja dengan menghalangi kemampuan otak untuk menyerap adenosin, yang memperlambat aktivitas saraf, yang menyebabkan tubuh manusia untuk tidak menjadi ngantuk. 

3. Kamar yang bersi dan rapi

http://1.bp.blogspot.com/-_SiG-mEgnwU/VBQefQ2nNQI/AAAAAAAABug/eBEZAT7_J9w/s1600/kamar.jpg via http://1.bp.blogspot.com

Advertisement

Kamar yang bersih dan rapi akan membuatmu nyaman untuk tidur. Barang-barang atau benda-benda yang ada di kasur kamu harus kamu singkirin deh. Gak enak juga kan kamu lagi mau bisa tidur terus nindihin buku atau alat-alat tulis kamu yang berserakan, nanti kebangun gak bisa tidur lagi deh.

4. Matikan lampu saat kamu mau tidur

http://4.bp.blogspot.com/-VlvKt8D5Z4U/UisgYjAqjnI/AAAAAAAABno/qVoT4S2zTpY/s1600/lilin+dalam+gelap.JPG via http://4.bp.blogspot.com

Berhubung dengan zat melatonin yang tadi. Sebelum tidur kamu bisa matiin lampu biar kamu cepet tuh tidurnya.

5. Minum atau makan makanan yan bisa buat kamu kantuk

http://antiketombe.clear.co.id/resources/images/base/3-makanan-yang-bikin-tidur-lebih-nyenyak-1927398.jpg via http://antiketombe.clear.co.id

Makanan seperti kacang almond, salad, pisang, ikan tuna dan nasi putih bikin kamu bisa tidur nyeyak loh. Coba aja deh.