Perkembangan yang ada di dunia saat ini tentulah tidak terlepas dari perkembangan Internet yang bisa di ibaratkan seperti mudah di genggam oleh tangan kita, dalam penggunaannya yang begitu signifikan, para pengguna internet seperti dimanjakan di dalam aktifitas berkomunikasi nya. Internet  atau International Networking adalah, hubungan dari dua komputer bahkan lebih yang akan membentuk suatu jaringan dan dapat saling bertukar informasi bagi setiap penggunannya. 

Internet  telah sukses membawa sebuah perubahan yang cukup pesat di dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu perubahan nyata diantaranya, bahwa Internet semakin membuat jarak yang sebelumnya jauh menjadi seolah-olah dekat, dan mempermudah dalam mengaktualisasikan apa yang di inginkan melalui Internet. Internet memiliki kekuatan yang cukup besar dalam masyarakat karena mampu memobilisasi presepsi masyarakat, dan juga disebut-sebut menjadi sebuah “New World” atau dunia baru, serta terbentuk melalui jaringan dunia yang bisa menembus ruang yang tidak memiliki sebuah batasan dan juga waktu.

Dalam sebuah data Kementrian Komunikasi dan Informatika Indonesia menjelaskan bahwa pengguna internet yang ada di Indonesia saat ini telah mencapai 63.000.000 orang, dan 95% hanya digunakan sebagai penggunaan akses kepada jejaring sosial. Jejaring sosial media telah memegang hal yang cukup besar dalam memberikan berbagai macam kemudahan bagi manusia untuk berkomunikasi satu sama lain, terlebih jika aplikasi tersebut mampu didapatkan secara mudah di dalam Smartphone.

Sedikit membahas mengenai sejarah dari media sosial itu sendiri, media sosial lahir di dunia sejak tahun 1997 sampai pada zaman ini yang awalnya dimulai dari Youtube, My Space, Friendster, Facebook dan Twitter, Path dan Instagram yang kemudian sukses memancing anemo dari masyarakat yang ada di seluruh dunia. Tetapi, dalam postingan kali ini kita akan lebih membahas mengenai fungsi, motif dan tujuan social media Instagram yang dalam waktu belakangan ini sedang naik daun, yuk di simak !

1. Fungsi Sosial Media Instagram Sebenarnya Menggambarkan Berberapa Hal dibawah Ini Nih !

Instagram via http://tumblr.com

Telah kita ketahui bahwa Instagram sendiri merupakan sebuah jejaring sosial media yang mana penggunanya bisa mengambil foto, menerapkan filter digital dan membagikannya ke berbagai jejaring sosial dengan tambahan dukungan video sebagai pelengkap di dalamnya. Jejaring sosial media dipergunakan oleh para remaja yang bisa dikatakan selalu up-to-date dengan cara menjadi pengguna aktif sosial media dengan berbagai cara, seperti salah satunya mengupload foto, lokasi dan video diberbagai tempat yang bisa dikatakan High Class. Penggunaan jejaring sosial media Instagram telah menjadi bagian dari kehidupan remaja-remaja masa kini, melalui Instagram remaja mampu berbagi tentang segala aktifitas yang telah di upload nya.

2. Instagram dan Era Globalisasi

Globalization via http://tumblr.com

Pada zaman globalisasi ini banyak remaja yang memposisikan dirinya sebagai pengguna aktif di dalam jejaring sosial media Instagram. Dari kenyataan yang telah ditampakan bahwa jejaring sosial media Instagram tidak lepas dari hubungan diri dengan lingkungan. Dapat dijelaskan bahwasannya tindakan yang remaja lakukan mempunyai pesan atau makna yang berbeda dengan tujuan nya, ketika seseorang menggunakan jejaring sosial maka akan timbul berbagai macam bentuk pemaknaan di terhadap indivindu satu dengan yang lainnya. Ketika seorang remaja yang sedang menggunakan jejaring sosial media Instagram mempunyai berbagai makna lebih dari apa yang terlihat di dalam setiap aktifitas yang senantiasa dilakukan.

3. Trend Instagram, dan Makna Terdalam dari Fungsi Instagram Pada Kenyataannya

Advertisement

Instagram via http://tumblr.com

Dengan adanya trend masa kini, dimana banyak remaja yang mempergunakan jejaring sosial Instagram menjadi jejaring sosial yang di dominasi oleh pengguna di masyarakat, menariknya, justru remaja yang menggunakannya atas nama “Trend masa kini”. Terutama bagi remaja yang selalu ingin terlihat “Eksis” atau selalu ada di dalam jejaring sosial Instagram. Trend jejaring sosial menjadi salah satu arahan para remaja guna mengikuti arus perkembangan zaman yang ada.

Bagi remaja pada umumnya, Instagram merupakan jejaring sosial yang dibuat sedemikian unik dengan berbagai fitur yang dimilikinya. Dari kenyamanan tersebut membuat banyak orang khususnya remaja yang ikut beramai-ramai membuat jejaring sosial Instagram. Ketertarikan remaja di dalam penggunaan jejaring sosial Instagram juga tidak terlepas dari berbagai macam bentuk alasan yang telah diutarakan.

Keberadaan lingkungan sekitar adalah sebuah arena interaksi sosial antara indivindu satu dengan indivindu yang lain, seperti yang dinyatakan oleh Alfred Schutz bahwasannya dunia intersubjektif merupakan perpaduan dari dua konsep yaitu konsep sosial dan tindakan sosial. Dimana konsep sosial merupakan sebuah kehidupan sehari-hari dimana seseorang secara alamiah akan berinteraksi dengan banyak orang. Dan tindakan sosial jika seseorang berada di dalam lingkungan kota yang begitu kental dengan aroma moderenitasnnya sebagian besar orang didalamnya secara cepat akan terpengaruh lingkungan yang ada.

Dalam hal ini keberadaan teman juga di anggap membawa pengaruh yang begitu signifikan terhadap penggunaan jejaring sosial Instagram itu sendiri, walaupun tidak secara gambling mengajak teman yang satu menggunakan Instagram, apabila senantiasa terus di perbincangkan dan digunakan disekitar mereka mau tidak mau para remaja akan terpengaruh dengan kondisi lingkungannya.

4. Instagram = Jejaring Social Media yang Merepresentasikan Kemewahan

So gorgeus via http://tumblr.com

Jejaring sosial media Instagram dianggap sebagai jejaring sosial yang bisa dikatakan termasuk dalam golongan High Class karena hanya dapat diakses dengan orang-orang yang memiliki ponsel Smartphone yang berbasis pada opeasi sistem seperti kebanyakan Android dan iOS (iPhone Operation System). Dapat dilihat bahwasannya Smartphone bukanlah hal yang biasa-biasa saja, di zaman ini smartphone merupakan suatu hal yang bisa dikatakan precious, disinilah letak High Class yang ditampakan, selain hal itu kebanyakan pengguna Instagram pada umumnya adalah orang orang High Class, dimana hal itu tampak ketika para pengguna Instagram berfoto-foto dengan barang branded nya serta tempat-tempat yang terlihat mewah tampak di dalam setiap bidikannya, sebagian besar remaja menunjukan kemewahan seperti barang-barang mewah dan makan ditempat yang begitu mewah, bahkan pakaian serta make up yang mereka kenakan.

5. Di Instagram Kita Bisa Memperlihatkan Eksistensi Diri Ke Jutaan Mata di Luar Sana

Eksis ? via http://tumblr.com

Semakin banyak dan semakin sering mengunggah aktivitas dalam jejaring sosial Instagram maka seseorang semakin mendapat pengakuan eksis. Melalui berbagai macam fitur yang ada Instagram dapat menaikan eksistensi diri setiap user nya. Seseorang yang bisa dikatakan exsist di dalam Instagram ketika banyak orang yang memberikan simbol hati merah love tentang apa yang sudah di publikasikannya. Tindakan mengupload berbagai macam rutinitas dengan jumlah bidikan hingga beratus-ratus merupakan suatu cara yang afdol untuk mencapai suatu tujuan yaitu ingin mencapai eksistensi di dalam jejaring sosial media Instagram.

6. Instagram dan Aktualisasi Diri

Self Actualization via http://tumblr.com

Penggunaan jejaring sosial media Instagram bagi para remaja pada umumnya mempunyai tujuan sebagai bentuk aktualisasi diri. Jejaring sosial media Instagram dirasa bisa memberikan ruang gerak secara bebas bagi para penggunanya untuk menampilkan jati diri mereka di dalam berbagai macam kegiatan yang ada di dalam jejaring sosial Instagram-nya tentunya bersama dengan teman pengguna lainnya. Melalui Instagram yang dimiliki setiap penggunanya, dirasa para pengguna yang lain bisa mengetahui seputar diri pemilik akun instagram, baik bakatnya, barang-barang favoritnya, tempat-tempat indah yang dikunjunginya, bahkan profesi yang sedang digelutinya.

7. Sebenernya Motif dan Tujuan Instagram itu Apa ?

Are You Ready to See The World ? via http://tumblr.com

Penggunaan jejaring sosial media Instagram menunjukan bahwasannya terdapat berbagai macam motif dan tujuan. Berdasarkan Teori Fenomenologi Alfred Schutz dimana seseorang yang ingin melakukan suatu tindakan tentunya berlandaskan pada “Because of motif dan in order to motif” menemukan berberapa alasan yang dirasa mendasari para remaja pada umumnya dalam penggunaan Instagram itu sendiri, antara lain disebabkan berberapa hal diantaranya seperti Instagram yang di sebut-sebut sebagai trend masa kini, dan penggunannya kebanyakan adalah High Class.

Melalui berbagai macam aktifitas yang di upload dalam pengguna jejaring sosial Instagram dirasa dapat memberikan kesan tersendiri pada masing-masing remaja. Dalam hal ini telah ditemukan berbagai macam makna yang begtiu banyak, diantaranya adalah pemaknaan dari eksistensi diri dari semua kegiatan yang di unggah ke dalam akun masing-masing pengguna yang mempunyai tujuan untuk menjadi seseorang yang exsist atau selalu terpampang namanya dan postingannya di dalam di dunia maya itu sendiri.