Bulan Agustus selalu menjadi berkah tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pasalnya, bulan ini menjadi titik tolak kelahiran bangsa Indonesia. Kini, perayaan ulang tahun Indonesia diwujudkan dalam berbagai macam cara, gebyar kemerdekaan menyentuh hampir di semua tempat strategis di Indonesia tak terkecuali di Kota Pelajar, Yogyakarta.

Nah berikut ulasan 5 tempat yang wajib dikunjungi untuk membangkitkan kembali rasa nasionalisme mu sebagai generasi muda dan memenuhi hasrat hiburanmu di antara padatnya rutinitas pekerjaan maupun perkuliahan. Don't worry, cost yang akan kalian keluarkan untuk masuk ke tempat wisata nggak lebih dari 10 ribu , murah banget kan? So, tunggu apalagi, selamat berkunjung sob, merdeka!  

1. Museum Yogya Kembali

Museum Jogja Kembali via http://rajajogjatransport.com

Museum Yogya Kembali terdiri dari tiga lantai yang dilengkapi dengan ruang perpustakaan dan gedung serbaguna. Di pintu masuk museum ini terdapat nama 422 pahlawan yang gugur dalam membela negara. Museum ini dipenuhi dengan replika, foto, dokumen dan berbagai jenis senjata yang digunakan dalam perjuangan melawan penjajah periode 1945 – 1949.

Di museum ini juga terdapat taman lampion yang merupakan obyek wisata malam yang sangat tepat untuk bersanatai denfan keluarga. Selain itu, di taman ini juga terdapat fasilitas kolam kecil untuk bermain balon gelembung bagi anak-anak dan fasilitas sepeda santai untuk berkeliling bagian luar museum.

Nah, bagi agan-agan yang sudah berkeluarga, menarik bukan mengajak anak-anak ke museum ini? Selain memperkenalkan sejarah kepada anak-anak, museum ini menyediakan wahana untuk merangsang daya motorik anak.

2. Museum Vredeburg

Advertisement

Museum Vredeburg via http://www.visitingjogja.com

Museum ini letaknya di jantung kota Yogyakarta, tepatnya di titik 0 KM Yogyakarta. Vredeburg bermakna perdamaian karena museum ini mengisyaratkan hubungan antara kraton dan Belanda pada saat itu yang berjalan baik (tidak saling menyerang).

Bangunan yang awalnya berupa benteng ini disulap menjadi museum yang dulu bangunan ini berfugsi sebagai bangunan rumah perwira, asrama prajurit, gudang logistik, gudang mesiu, hingga rumah sakit untuk prajurit. Bagi para fotografer dan orang yang suka swafoto, museum ini juga menyediakan spot – spot vintage yang tentunya instagrammable.  Namun, tak seperti kebanyakan public place yang biasa buka setiap hari, museum ini justru tutup di hari Senin.

3. Museum Perjuangan Yogyakarta

Museum Perjuangan Yogyakarta via http://cari-toko.com

Museum Perjuangan Yogyakarta dibangun untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia di Yogyakarta dan setengah abad kebangkitan nasional. Museum ini memiliki beberapa koleksi antara lain meriam VOC yang ditemukan di benteng Vredeburg, miniatur kapal armada laut belanda, meja dan kursi tamu kapten Widodo saat di Bantul, replika senjata serdadu VOC, Buku ilmu kedokteran dari Stovia, tas kulit milik Drs. Muh. Hatta, miniatur kepanduan, perlengkapan Ir. Soekarno ketika berada di Rengasdengklok dan sebagainya. Museum ini memiliki terusan yakni Museum Sandi.

 

4. Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala via http://www.aviationmuseum.eu

Jika kamu menyukai bidang transportasi udara, di sini tempatnya. Museum Dirgantara Mandala menyediakan koleksi pesawat 36 pesawat terbang, 1.000 foto, 28 diorama, lukisan-lukisan, tanda kehormatan, pakaian dinas, dan sejumlah koleksi buku yang disimpan rapi di perpustakaan.

Koleksi masterpiece dari museum ini adalah replika pesawat Dakota VT-CLA milik perusahaan penerbangan India yang ditembak jatuh di daerah Ngoto, bantul oleh Belanda ketika hendak mendarat di Maguwo.  

5. Kraton Yogyakarta

Kraton Yogyakarta via http://farm7.static.flickr.com

Kraton Yogyakarta merupakan tempat wisata yang hingga detik ini masih menjadi tempat tinggal Sultan Hamengku Buwono X. Di kraton ini, pengunjung akan disuguhkan dengan koleksi lukisan-lukisan raja dan silsilahnya, perkakas raja, pakaian adat raja, senjata hingga kehidupan para abdi dalem pengungjung dapat menikmatinya.

Di momen-momen tertentu pengunjung dapat melihat prosesi upaca adat yang dilakukan di kraton seperti nyebar udhik-udhik, caos dhahar, dan grebeg. Pada hari Selasa Wage terdapat lomba Jemparingan atau Panahan yang menggunakan gaya Mataram di Kemandhungan Kidul.  

 

Siapa sih nggak tahu Yogyakarta, kota dengan berbagai wisata ini patut ada di daftar liburanmu.