Ketika menjadi mahasiswa, tak jarang pula kita memulai langkah dengan merantau ke tempat yang jauh dari tempat asal. Memulainya dengan mengurus keperluan diri, hingga keperluan kos harian. Berganti-ganti teman kos juga menjadi pengalaman hingga memicu pertengkaran. Berikut ini tips untuk membangun suasana nyaman kosmu dengan menjadikan teman kos sebagai teman terbaikmu:

 

1. Niat yang baik untuk hidup serumah.

Ibarat memilih jodoh, memilih teman sekos juga perlu niat yang baik. Hidup se kamar kos selama masa kuliah, juga sama dengan memilih teman seperjuangan. Dengan niat yang baik untuk hidup sama-sama selama masa perkuliahan tentunya memulai awal yang fresh untuk memulai pertemanan. Tapi jika niat yang di tanamkan tidak baik, seperti hanya memanfaatkan dan sebagainya maka tak akan ada alasan baik untuk orang lain bertahan lama sekos denganmu.

2. Kenali dulu karakter teman sekosmu.

Teman sekamar kos biasanya didapat dari banyak jalan, entah itu dari kota asal yang sama, dari perkumpulan organisasi yang sama maupun teman sekampus dan sejurusan. Siapapun dia yang terpilih jadi teman sekosmu, ada baiknya kita mengenal lebih dalam karakternya dan kepribadiannya. Jangan terlalu gegabah memilih teman yang akan tinggal bersama denganmu.Hal ini untuk meminimalisir adanya permasalahan, dengan saling mengenal kepribadian tentunya akantimbul rasa untuk saling memaklumi selagi permasalahan masih bisa ditangani.

3. Bicarakan dan cari solusi setiap terjadi pertengkaran.

Dengan hidup sekamar berdua maka tak jarang timbul pertengkaran maupun perselisihan. Bicarakan setiap pertengkaran dan bersikaplah terbuka. Lupakan kesalahan yang tidak ada gunanya danperbaikilah kedepan. Jika kamu yang salah, maka jangan berat untuk meminta maaf dan memperbaiki kesalahan itu. Berilah pengertian kepada temanmu agar dia juga bisa melakukan hal yang sama.

4. Jangan jadi berat tangan

need help

need help via http://www.google.com

Untuk hidup bersama dalam sebuah kamar yang ukurannya tidak seberapa, jangan ragu untuk saling menolong. Ketika teman sekamarmu sakit, maka jadi tanggung jawabmu untuk membantunya. Ibarat pengganti keluarga, teman sekamarmu adalah keluarga barumu. Kecuali jika kalian punya ibu kos yang benar-benar peduli dengan kondisi anak kosnya. Selagi pertolongan yang diinginkan tidak merugikan, maka jangan berat tangan untuk saling membantu satu sama lain.

5. Usahakan perut sama-sama terisi

Jadi anak kos-kosan, maka hal yang lumrah untuk saling kelaparan. Kita tidak hanya memikirkan bagaimana mengatur belanja bulanan, tetapi juga mengatur menu apa makan hari ini dan apa sempat kita memasak dengan jadwal kuliah yang padat. Tak jarang banyak terjadi pertengkaran karena tidak adanya timbang rasa untuk masalah perut.Usahakan agar saling pengertian. Jika kamu sedang kelaparan, mungkin teman sekosmu juga begitu. Ajakalah untuk saling mengisi perut, dan jangan memakmurkan perut sendiri. Jika kita care terhadap orang lain, dan jika dia baik tentu dia akan melakukan hal yang sama denganmu.

 

6. Berbagi anggaran makan hingga belanja perlengkapan kosan

Sebagai anak kosan yang harus menghemat uang bulanan. maka tak ada salahnya jika kita saling berbagi dengan teman sekamar. Mulai dari membeli barang-barang yang tentunya bisa untuk dipakai bersama, seperi sabun cuci piring, detergen hingga untuk membeli beras, air mineral dan keperluan makan lainnya. Anggarkan secara bersama-sama apa saja yang menjadi kebutuhan. Jika saling berbagi, dengan hidup yang hanya berdua ataupun bertiga sekamar tentunya akan lebih menyenangkan.

7. Hargai privasi dan barang masing-masing

Menjadi anak kos, maka kita harus siap untuk berbagi. Dengan saling berbagi hal yang baik, tentunya tak ada yang rugi. Kita bisa berbagi saling menggunakan peralatan kos seperti berbagi kompor, rice cooker dan lain sebagainya yang masih bisa dipakai secara bersama-sama. Teman sekamarmu juga bisa membagikan barang lainnya yang bisa digunakan bersama agar dapat menghemat pengeluaran.Ingat untuk saling menjaga barang yang digunakan dan barangprivasi masing-masing. Asal bisa jangan saling berbagi handuk maupun barang pribadi lainnya :-D.

8. Adakan jadwal piket dengan kesepakatan bersama

Memiliki kamar yang sama,tentunya harus menjaga kebersihan bersama. Maka solusinya bisa dengan diadakan jadwal piket setiap harninya. Jadwalkan apa-apa saja yang dipiketkan dan apa saja kegiatan kebersihan yang akan dilakukan secara bersama. Jadwalkan piket harian dan kapan harus bergotong royong. Dengan saling berbagi jadwal membersihkan mulai dari cuci piring, menyapu dan sebagainya atas komitmen bersama, maka pekerjaan harian kosan akan lebih adil dan menyenangkan.

9. Bangun suasana nyaman dengan saling pengertian

Hidup serumah untuk masa per semester, tentunya perlu adaptasi baru. Bangun suasana yang nyaman dengan teman sekos maupun tetangga kamar kosmu. Luangkanlah waktu untuk saling menyapa, bercanda bahkan bercerita. Dengan begitu mungkin kau tak perlu canggung untuk saling meminjam kecap, garam dan lain sebagainya apabila butuh kan? Jadikan teman sekamarmu sahabat terbaikmu.

10. Jadikan teman kosmu teman seperjuangan

graduation

graduation via http://www.google.com

Sama-sama menuntut ilmu ditempat orang, bisa dijadikan alasan untuk terus membangun keakraban. Dengan kisah kampus yang hampir sama, meski pengalaman saling berbeda. Maka dapat dijadikan motivasi agar kita bisa sama-sama berjuang. Bangunkan teman sekamarmu jika ada jadwal kuliah, obrolkan dan saling mencari solusi ketika ada masalah perkuliahan. Selain itu, salinglah berbagi motivasi dengan berbagi bacaan satu sama lain setiap harinya agar kita juga bisa kaya pengetahuan.

 

 

Hidup sekamar selama satu semester hingga delapan atau sepuluh semester tentunya tak mudah. Tak jarang mahasiswa pindah-pindah kos hanya karena beberapa masalah sepele. Maka bangunlah suasana yang menyenangkan, seringlah saling berbicara satu sama lain dan saling terbuka. Maka tak menutup kemungkinan bahwa kau menemukan sahabat terbaik di tempat kosmu.Seperti kata Jennie Jerome Chruchil “Perlakukan teman-teman anda seperti anda memperlakukan foto anda. Tempatkan mereka di tempat terbaik”. Dan dunia ini seperti cermin.Lihat saja. Tersenyum dan teman anda akan tersenyum balik” (pepatah zen jepang).

 

Kamu punya pengalaman atau tambahan tips lainnya? silahkan kirim di komentar ..... :-)