Seperti apa kriteria jodoh idamanmu? Berbicara tentang jodoh, setiap orang pasti punya kriteria tentang sosok jodoh idaman. Untuk perempuan misalnya, lelaki idaman biasanya berkutat pada sosok yang baik, setia, jujur, taat beragama, tampan (relatif), dan bertanggung jawab. Nah, menyoal kriteria yang terakhir ini, bertanggung jawab seharusnya sudah bisa mencakup semua kriteria yang dibutuhkan untuk menjadi lelaki idaman. Kamu ngga percaya? Coba lihat penjabaran tentang tanggung jawab seorang lelaki jika dia sudah menjadi seorang suami.

 

1. Bertanggung Jawab Menafkahi Keluarga Lahir Dan Batin

Ketika seorang lelaki sudah menjabat tangan ayahmu dan mengucapkan ijab qabul, seketika itu juga semua tanggung jawab yang dipikul ayahmu sudah beralih kepadanya. Memberimu nafkah lahir dan batin, membahagiakanmu, menjagamu, semua menjadi tanggung jawab suami. Nah, ketika kalian sudah memiliki anak, bertambah pula tanggung jawab seorang suami. Dia wajib menafkahi, mendidik, dan memenuhi kebutuhan si anak. Kesadaran akan tanggung jawab ini membuat seorang suami menjadi pribadi yang setia, jujur dan penyayang terhadap istrinya dan anak-anaknya.

2. Bertanggung Jawab Memimpin Keluarga

Memimpin keluarga

Memimpin keluarga via http://yfsmagazine.com

Suami adalah sosok pemimpin dalam keluarga. Semua keputusan ada ditangannya, meskipun dia juga harus minta pertimbangan kepada istri. Seorang suami yang baik harus mampu memimpin kemana arah keluarga itu akan berjalan. Dia juga pembimbing bagi istri dan panutan bagi anak. Di sini, sosok kepemimpinan suami sangat diuji karena dia harus mampu mengambil keputusan, menentukan yang baik dan buruk untuk keluarganya.

3. Bertanggung Jawab Mendidik Secara Agama

Mengingat posisi suami sebagai pemimpin keluarga, hal ini juga berkaitan erat dengan kewajibannya memberikan pendidikan dan pengetahuan agama kepada istri dan anak. Ya, pendidikan agama memang tidak hanya untuk anak, tapi istri juga. Jadi, sudah selayaknya seorang calon suami mempunyai pengetahuan dan dasar agama yang baik, agar dia bisa mengajarkan pengetahuannya kepada anak dan istri. Indah bukan?

4. Bertanggung Jawab Menjaga Keluarga

Menjaga keluarga memiliki arti yang luas. Seorang suami selayaknya mampu menjaga keluarganya dari bahaya, memberikan rasa aman dan memberikan pengayoman. Lebih spesifik lagi, seorang suami dan ayah mempunyai kewajiban menjaga keluarganya dari api neraka. Nah, hal ini berkaitan dengan tanggung jawabnya memberikan pendidikan dan bekal agama yang cukup untuk keluarga. Cukup berat ya tanggung jawab yang dipikul oleh lelaki?

5. Bertanggung Jawab Atas Keharmonisan Keluarga

Keluarga harmonis

Keluarga harmonis via http://www.drphil.com

Meskipun menjaga keharmonisan keluarga menjadi tanggung jawab bersama antara suami dan istri, seorang lelaki menjadi poros penting dalam keutuhan dan keharmonisan keluarga. Sebagai contoh, sosok suami yang mudah marah akan sangat sulit menjaga keharmonisan rumah tangganya. Jadi, alangkah indahnya jika seorang suami mampu mengendalikan dirinya demi menjaga suasana nyaman di dalam keluarga. Jika suami menyadari tanggung jawab ini, sudah pasti dia akan menjadi sosok yang baik, setia dan menyenangkan.

Begitulah, bertanggung jawab seharusnya cukup menjadi kriteria dominan dalam menentukan lelaki idaman. Ketika dia mampu mengemban tanggung jawabnya sebagai seorang suami dan ayah, bisa dipastikan kriteria lain akan terpenuhi.