Di zaman sekarang ini, Instagram adalah salah sosial media yang tidak bisa dilepaskan dari anak muda. Apalagi jika yang memiliki followers banyak, sekali tidak membukanya rasanya tangan gatal ingin mengunggah. Nah ini ada 5 destinasi tempat bersejarah di Jakarta ini ternyata bagus untuk kamu jadikan tempat hunting foto. Di mana saja sih? Yuk simak!

 

1. Daerah Kota Tua

Sejarah Kota Tua Jakarta via http://www.izaybiografi.com

Ya tempat ini pasti sudah tidak asing lagi untuk kalian kan? Tempat bersejarah dari zaman Belanda ini ternyata sangat cocok untuk kalian para pecandu Instagram. Berdiri pada tahun 1707-1712, tempat ini dahulunya merupakan Balai Kota Batavia. Banyak tempat unik di sekitaran Kota Tua ini yang bisa dijadikan tempat foto misalnya di cafe-cafe atau museum-museum yang ada seperti Museum fatahillah, Museum Wayang, Museum Keramik, Museum Bank Indonesia dan lain-lain.

2. Pelabuhan Sunda Kelapa

Jakarta Spot Pelabuhan Sunda Kelapa via http://pandajajan.blogspot.co.id

Tidak jauh dari Kota Tua, tempat ini juga cocok banget nih untuk kalian yang ingin sekedar foto-foto atau jalan-jalan menggunakan perahu. Kalian juga bisa foto di depan peti kemas yang warna warni atau di atas perahu yang ada. Konon katanya pelabuhan yang terletak di Kelurahan Penjaringan ini merupakan pelabuhan terpenting ketika abad ke-12 loh dan merupakan cikal bakal kota Jakarta sendiri.

3. Museum Taman Prasasti

Advertisement

Museum Taman Prasasti, seram namun penuh sejarah berarti via http://bhinnekashuttle.com

Taman ini bisa dikatakan taman makam. Kenapa bisa dikatakan seperti itu? Karena tempat ini adalah tempat koleksi batu nisan dan prasasti kuno orang-orang Belanda, seperti pendiri STOVIA dan makam Soe Hok Gie yaitu aktivis mahasiswa tahun 1960-an. Untuk kalian yang menyukai foto ala Gothic, kalian bisa menjadikan tempat ini menjadi destinasi kalian. Beralamat di Jalan Tanah Abang No 1, museum ini memiliki luas sekitar 1,3 ha.

4. Toko Merah

Toko Merah Cultural Heritage Jakarta via http://www.indonesia-tourism.com

Bangunan Toko Merah ini memiliki dinding bata bewarna merah dan merupakan salah satu bangunan tertua di Jakarta. Toko Merah ini juga merupakan peninggalan Belanda yang sekarang masih kokoh berdiri dan sering dijadikan tempat untuk foto-foto bagi kaula muda. Bangunan yang dibangun pada tahun 1730 ini juga berada tidak jauh dari Kota Tua tepatnya di Jalan Kali Besar Barat Tambora.

5. Museum Bahari

Foto di Museum Bahari via http://sarah-astried.blogspot.co.id

Tidak jauh dari Sunda Kelapa juga terdapat tempat yang instagramable banget, yaitu Museum Bahari ini. Museum yang menyimpan koleksi kebaharian dan perlengkapan nelayan Indonesia dari Sabang sampai Marauke ini ternyata cocok untuk kalian yang ingin hunting. Konon katanya, ketika masa pendudukan Belanda tempat ini dijadikan gudang rempah-rempah hasil komoditi VOC dan ketika pendudukan Jepang dijadikan tempat menyimpan logistik mereka.

 

 

 

Nah itu dia 5 destinasi tempat bersejarah yang bisa kalian kunjungi, menarik bukan. Kamu bisa serasa kembali ke zaman penjajahan Belanda dan merasakan sensasi Batavia tempo dulu. Semoga hasil fotonya memuaskan ya!