Siapa yang tidak mengenal Pulau Bali ? Keindahannya sudah tersohor hingga ke mancanegara. Tapi, kali ini hipwee tidak akan membahasmengenai Bali. "Pulau Surga" yang hipwee maksud adalah pulau di bagian timur Pulau Bali. Yups, Pulau Lombok! Akhir-akhir ini Pulau Lombok semakin sering terdengar kabarnya akan keindahan tersembunyi pulaunya setelah beberapa kali masuk ke media elektronik dan media sosial. Sudah tidak sabar wisata apa saja yang mampu menandingi indahnya Pulau Bali ? Langsung pantengin gih 9 tempat super keren di bawah ini!

 

1. Pantai ini menghadirkan uniknya bebatuan, ganasnya ombak dengan tebing yang ekstrem tapi indahnya keterlaluan!

cliff of semeti beach

cliff of semeti beach via https://www.instagram.com

Ingin mencari keindahan pantai dengan view yang ekstrem? Datang saja ke Pantai Semeti di daerah Pujut, Kabupaten Lombok Tengah! Bawalah motormu mengikuti jalanan yang rusak dengan kontur tanah yang nantinya berubah menjadi pasir dan sulit dilewati saat musim hujan. Jangan harapkan mendapatkan sinyal handphone di pantai ini. Namun, ketika kamu sampai di pantai ini, hipwee yakin kata pertama yang akan kamu ucapkan adalah 'Keren' ! Kamu akan merasa berada di daerah antah berantah dengan view yang menakjubkan banget! Bukan pasir putih, bukan pula pemandangan ombak yang tenang yang kamu dapatkan. Susunan bebatuan di sini membentuk formasi tebing yang menakjubkan ditambah deburan ombak yang terkadang ganas, menjanjikanmu merasakan sensasi yang berbeda bila berada di pantai ini!

2. Pantai ini tidak kalah "Anehnya" dibandingkan Pantai Semeti!

Standing Alone at Telawas Beach

Standing Alone at Telawas Beach via https://www.instagram.com

Sudah cukup merinding menyaksikan fenomena tebing-tebing Pantai Semeti ? Ada satu lagi pantai yang sangat sayang bila kalian lewatkan. Pantai Telawas yang letaknya hanya terpisahkan dari Pantai Semeti ini benar-benar bikin kalian berdecak kagum! Meskipun hanya terpisahkan oleh tebing, Pantai Telawas punya susunan bebatuan yang sedikit berbeda dari Pantai Semeti. Ombak ganas pun siap menyambut kedatangan kalian ke pantai ini. Yang sedikit berbeda adalah kemunculan beberapa pulau di tengah lautan yang letaknya cukup dekat dengan pantai. Bila air sedang surut, kalian bisa menyeberang menuju pulau-pulau tersebut. Tantang adrenaline kalian melihat ganasnya ombak dan uniknya bebatuan di pantai ini!

3. Rindu akan pantai yang tenang dengan pasir putih halus dan air biru yang menyegarkan mata? Datang saja ke Pantai Mawun!

"Birunya" Pantai Mawun via https://www.instagram.com

Kabupaten Lombok Tengah memang nggak ada habisnya akan wisata pantai-pantai menakjubkan. Kekurangan Vitamin Sea ? Mengunjungi Pantai Mawun di daerah Praya akan memenuhi hasratmu akan Vitamin Sea! Pantai ini benar-benar spesial. Hamparan pasir putih yang halus, dengan gugusan bukit-bukit yang menjulang tinggi mengelilingi pantai eksotis ini. Uniknya pantai ini berbentuk teluk, dengan garis pantai yang melingkar. Birunya air di sini akan bikin kamu ngiler untuk merasakan segarnya berbasah-basahan di pantai ini! Merasa Jenuh? Duduk-duduk di atas lembutnya pasir Pantai Mawun ditemani dengan segarnya kelapa muda sembari memandang keelokan Pantai Mawun akan menjadi pengalaman bersantai yang menyegarkan pikiranmu!

4. Batu ini menjadi ikon di Pantai ini. Jangan Lewatkan Berfoto ria bersama kokohnya Batu Payung ini !

Jump as high as I can!

Jump as high as I can! via https://www.instagram.com

Belum Lengkap rasanya bila belum mengunjungi Pantai yang letaknya berdekatan dengan Pantai Tanjung Aan ini. Pantai dengan ikon Batu Besar yang menjulang tinggi ini bernama Pantai Batu Payung. Uniknya, batu payung ini berdiri sendiri di pinggir pantai dan menjadi tempat berteduh bagi wisatawan. Ingin foto-fotomu mendapat pujian dan banyak like di media sosial? Berfoto saja di Pantai Batu Payung ini!

5. Pulau ini hanya secuil di tengah lautan. Tapi jangan ragukan keindahannya saat Matahari Terbenam!

menikmati indahnya sunset di Gili Pasir

menikmati indahnya sunset di Gili Pasir via https://www.instagram.com

Ingin mendapatkan pengalaman sunset yang mengesankan? Gili Pasir adalah pilihan yang sangat tepat! Pulau yang hanya terdiri dari hamparan pasir di tengah lautan ini bisa kamu capai dengan menyeberang dari tanjung luar di kabupaten Lombok Timur. Momen terbaik di Pulau ini adalah saat sunrise dan sunset. Dan sesaat sebelum matarahari terbenam, bagian pulau ini hanya tersisa sedikit bagaikan secuil pasir di tengah lautan. Namun inilah yang menjadi keunikan dan keindahan di pulau ini. So, Jangan lewatkan berfoto dramatis di Gili Pasir ini guys!

6. Ingin Fotomu hits di Media Sosial? Pantai Tangsi ini siap menjadi latar fotomu!

Bosan dengan warna pasir putih dan hitam ? Pantai Tangsi ini adalah jawabannya! Pantai yang terletak di Desa Sekaroh, Kabupaten Lombok Timur ini memiliki warna pasir yang tidak biasa, yakni berwarna merah muda! Bila ingin ke pantai ini hipwee sarankan pagi-pagi sekali atau saat matahari hampir terbenam agar warna pasir terlihat lebih pink. Ohiya, akses darat menuju pantai ini sangat rusak. Hipwee sarankan kamu melalui jalur laut untuk mengunjunginya. Bila melalui jalur laut, kamu bisa sekalian melakukan aktivitas snorkling di beberapa spot dekat pantai ini. Setelah lelah menikmati pemandangan bawah laut yang keren di Lombok Timur, kamu bisa menghabiskan harimu menikmati cantiknya sunset ditemani bintang laut dan halusnya pasir pink di Pantai Tangsi. Terdengar sangat menarik ? Ayo angkat kakimu mengunjungi pantai ini !

7. Bukit ini akan membuat rasa banggamu bertambah kerena telah terlahir di Indonesia.

the wanderers

the wanderers via https://www.instagram.com

Puas berwisata Pantai di Lombok? Lanjutkan langkahmu mengunjungi perbukitan indah bak dinosaurus di Sembalun, Kabupaten Lombok Timur! Ada banyak pilihan wisata trekking yang ditawarkan di sini. Mulai dari Bukit Pergasingan, Bukit Anak Dara hingga Bukit Selong yang semuanya wajib kamu kunjungi! Namun Bila waktumu singkat, kamu bisa mengunjungi Bukit Selong yang memiliki pemandangan yang menggoda matamu! Pemandangan sawah kotak-kotak sempurna di bawah Bukit Selong serta gagahnya bukit-bukit yang mengelilinginya menjadi objek mata yang akan membuatmu bersyukur telah lahir di Indonesia. Indonesia itu Luar Biasa Indah Guys, jangan hanya habiskan waktumu di Mall !

8. Gerah karena berfoto-foto di Bukit Selong? Waktunya menyegarkan badanmu di air terjun ini !

spot sebelum menuju lokasi utama air terjun mangku kodek

spot sebelum menuju lokasi utama air terjun mangku kodek via https://www.instagram.com

Air terjun ini siap membuat tubuhmu kembali segar dan stamina kembali pulih ! Air Terjun Mangku Kodek yang merupakan kelanjutan aliran sungai dari Air Tejun Mangku Sakti merupakan spot paling pas untuk berbasahan-basahan! selain lokasinya yang unik karena diapit tebing-tebing, jika kamu mengunjungi lokasi ini saat musim kemarau kamu akan mendapat keindahan tambahan yakni warna airnya yang biru muda akibat kandungan belerang di dalamnya. Air terjun ini juga tidak dalam sehingga aman bagi kamu yang tidak pantai berenang. Siap menghilangkan rasa gerahmu di sini?

9. Sudah Kembali Segar ? Lanjutkan perjalananmu menuju Air Terjun Mangku Sakti yang terkenal akan keindahannya!

Namaste at Mangku Sakti Waterfall

Namaste at Mangku Sakti Waterfall via https://www.instagram.com

Bila sudah kembali segar, jangan lewatkan air terjun utama di lokasi ini, yaitu Air Terjun Mangku Sakti. Tidak hanya air terjun ini yang bisa kamu jadikan spot foto. Di sekitar Air terjun, tepatnya di atas tebing dari Air Terjun Mangku Kodek bisa kamu jadikan spot foto yang keren! Formasi tebing air terjun sangat indah ditambah warna air yang biru muda menjanjikanmu mendapat foto yang keren! Namun sangat disayangkan, banyak wisatawan yang masih membuang sampah di sekitar tebing ini, khususnya sampah botol plastik. Parahnya, beberapa sampah berputar-putar di sekitar aliran sungai dan sangat sulit dijangkau untuk dibersihkan. Bila kalian hendak mengunjungi air terjun ini, tolong sadarkan diri kalian untuk tidak mengotori air terjun ini. Akan sangat useless merusak wisata alam yang baru saja dibuka untuk umum ini. 

 

Inilah 9 wisata alam yang menjadikan Lombok sebagai salah satu Pulau Surga di Indonesia. Beberapa spot walaupun sudah terkenal namun masih sangat terjaga kebersihannya, namun beberapa lagi sudah mulai kotor akibat ulah tangan-tangan manusia. Jadikanlah pengalaman traveling kalian sebagai pengalaman untuk lebih mencintai alam yang telah memberikan keindahannya untuk dinikmati oleh mata kita. Bila alam-alam ini rusak, apa yang akan menjadi bukti bahwa Indonesia itu indah dan patut dibanggakan kepada anak cucu kita ?