Sukses memang ga semudah membalikkan telapak tangan. Kalau sukses bisa diraih hanya dengan waktu semalam atau beberapa bulan, jumlah pengangguran pastinya tidak akan bertambah setiap tahun. Konsep sukses setiap orang memang berbeda-beda. Halangan, tantangan dan rintangan pun dilalui demi mencapai puncak. Entah dari manapun asalmu, pendidikan sampai IPK tinggi sekalipun terkadang belum cukup menjadi jaminan kalau kamu akan sukses. 

Bila kamu masih memiliki keinginan untuk sukses, jangan biarkan impianmu hanya sebatas angan-angan belaka. Jika 8 bekal berikut ini sudah kamu miliki berarti kamu sudah berada di jalan menuju kesuksesan. 

 

1. 1. Mulailah dari menentukan tujuan. Tanpa tujuan kamu seakan berjalan tanpa arah yang jelas.

Tentukan tujuanmu

Tentukan tujuanmu via http://www.resourcefreak.com

Terkadang kamu perlu bertanya pada diri sendiri tentang semua hal yang kamu lakukan. 

 “Apa sebenarnya yang kamu inginkan?”

Tujuan akan mengiringmu untuk menentukan sebuah rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Langkah-langkah yang jelas akan membuatmu membentuk pribadi yang benar-benar kamu inginkan, melakukan sesuatu yang memang kamu inginkan dan memiliki apa yang benar-benar kamu miliki. Tanpa tujuan ibarat daun yang jatuh ke sungai mengikuti arus seiring berjalannya waktu. Padahal sungai tersebut nantinya akan berakhir di lautan yang arusnya lebih kencang. 

2. 2. Tindakan yang kamu lakukan tak hanya sekali tapi bisa berkali-kali jatuh. Sanggupkah kamu melakukan itu semua?

Melawati halangan dan rintangan

Melawati halangan dan rintangan via http://simpleeconomist.com

Ketika kamu melakukan sesuatu fokuslah terhadap apa yang akan kamu raih. Tindakan yang tepat dan dilakukan terus-menerus akan membawamu semakin dekat dengan tujuan akhir. Tapi, kamu harus siap berkorban baik waktu maupun energi karena memang ada harga yang harus dibayar untuk meraih impian. Sukses memang ga bisa datang dalam waktu singkat.  

3. 3. Hasrat yang kuat akan membuatmu maju terus tak peduli halangan dan rintangan yang ada di depan mata sekalipun.

Passion itu energi yang membuatmu tetap menikmati apa yang akan kamu lakukan saat ini. Ga bisa dipungkiri kalau terkadang dalam perjalanan kamu merasa bosan dan capek. Hasrat itulah yang akan membuat bangkit untuk terus berjalan meraih apapun yang kamu inginkan. Hasrat membuat perjalanan menuju kesuksesanmu menjadi lebih berarti. 

4. 4. Jangan merasa puas sebelum mencapai kualitas diri yang maksimal.

Jangan cepat puas

Jangan cepat puas via http://expectreferrals.com

Ga heran terkadang kamu merasa cepat puas dengan hasil kerja yang sudah diraih.

Kamu merasa terlena dan berhenti berusaha padahal hasil yang diraih baru berjalan 50%. Selama hal itu belum maksimal kamu masih punya banyak kesempatan untuk meraih kesuksesan yang kamu inginkan. Kamu ga akan pernah tahu ada berapa banyak pintu kesempatan yang bisa dilewati bila kamu cepat puas tanpa berusaha mengembangkan usahamu. 

5. 5. Percaya deh sama kemampuan yang kamu miliki. Terkadang kemampuan yang kamu miliki jauh lebih besar dari apa yang kamu bayangkan.

Percayalah pada kemampuanmu

Percayalah pada kemampuanmu via https://d2ugc72pobmxtr.cloudfront.net

Sudah mengerahkan segala kemampuan tapi belum juga mendapatkan hasil. Hal-hal kayak gini yang bikin kamu cepat putus asa. Ga heran tiba-tiba kamu menyerah dalam perjalanan. Padahal proses jatuh bangun dalam usaha itu biasa. Semua orang sukses pasti pernah merasakan hal yang sama. Jangan pernah membatasi dirimu dengan rasa pesimis. Kamu hanya perlu meyakinkan dirimu akan kemampuan yang kamu miliki untuk meraih kesuksesan.

6. 6. Ga ada orang sukses yang ga pernah gagal, salah ataupun kecewa. Tanpa mencoba kamu tak akan pernah tau hasilnya.

Cobalah untuk mengetahui hasilmu

Cobalah untuk mengetahui hasilmu via http://www.andrewkmiller.com

Setiap orang sukses pasti sudah merasakan berkali-kali gagal dan ditolak. Kalau kamu merasa takut terus menerus kamu tak akan pernah tau sampai sebatas mana usahamu. Justru dari kegagalan ini kamu bisa belajar untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Bukankah kegagalan itu adalah kesuksesan yang tertunda.

7. 7. Terkadang kamu perlu belajar untuk tidak mempedulikan hal-hal kecil yang justru menghambat usahamu meraih sukses.

Jangan pedulikan hal kecil

Jangan pedulikan hal kecil via http://images.huffingtonpost.com

Perbedaan karakter seseorang yang gagal dan sukses terletak pada kemampuannya untuk fokus terhadap apa yang mereka kerjakan. Bila sukses belum menghampiri mereka tak akan berhenti berusaha. 

8. 8. Ketika sukses menghampirimu jangan lupakan orang disekitar yang juga berperan dalam meraih impianmu.

Ga bisa dipungkiri bahwa kesuksesanmu juga berkat jasa orang lain. Banyak orang ingin sukses namun tak tahu dari mana mereka harus melangkah. Kesuksesanmu akan semakin berarti dengan berbagi pengalaman yang telah kamu dapat sebelumnya. 

Kalau saat ini banyak orang sukses di usia muda kenapa harus menunggu hingga tua. Daripada kamu banyak berpikir lebih baik bertindak. Ingat jangan pernah menyerah sebelum kamu mencapai apa yang kamu inginkan. Salam sukses...